in

50 Franchise Game Terlaris dan Terpopuler Sepanjang Masa!

Kami telah mengumpulkan puluhan daftar franchise game terlaris sepanjang masa, mulai dari game jaman dulu hingga game yang sedang tren sekarang!

Tahukah kamu kalau semenjak lahirnya industri game puluhan tahun yang lalu, dari tahun ke tahun pemainnya terus bertumbuh dan semakin membesar.

Sehingga menghasilkan penaikan yang sangat banyak dari segi pendapatan bagi para developer, publisher maupun pemilik franchise.

Bahkan pendapatan pada industri game dalam beberapa tahun terakhir saja sudah mencapai lebih dari 37 billion USD, atau sekitar 500-an trilliun Rupiah.

Dari penghasilan sebesar itu, lebih dari 50% nya dihasilkan oleh beberapa franchise game ternama.

Berikut Wokeeh sajikan daftar franchise game terlaris sepanjang masa, siapa tahu daftar franchise dibawah ini termasuk yang paling kamu suka!

Catatan: Daftar ini adalah total jumlah pendapatan dari penjualan seluruh judul dalam franchise game yang disebutkan dibawah ini, tidak termasuk total pendapatan dari mikrotransaksi atau pembelian dalam game.

Catatan: Data total pendapatan franchise game yang didapat bersumber dari Wikipedia.com. Update mengikuti tahun.

1. Mario (Total Pendapatan: 11 Triliun Rupiah)

Franchise Game Terlaris Mario Bros
Mario Bros | Photo: hothardware.com

Kenal dengan karakter Mario kan? Pria berbaju merah dengan kumis tebal yang sering bertugas menyelamatkan seorang putri berambut kuning?

Sebelum Mario punya gamenya sendiri yang berjudul Mario Bros, ia adalah karakter sampingan dalam game original Donkey Kong.

Mario di desain oleh Shigeru Miyamoto, dan sejak itu menjadi maskot resmi Nintendo. Nintendo sendiri adalah pemilik merk dagang seluruh franchise Mario Bros.

Bermula dari satu game, game Mario Bros terus berkembang ke genre yang lain, mulai dari puzzle, rpg, game balap, olahraga, hingga genre-genre yang lain.

Selain game, Mario juga masuk ke dalam media lain, seperti komik, animasi, manga, film, hingga aksesoris dan mainannya.

Selain sebagai franchise game terlaris sepanjang masa yang memiliki pendapatan besar, Mario juga termasuk sebagai franchise tertua dalam dunia game.

2. Tetris (Total Pendapatan: 7,2 Triliun Rupiah)

Franchise Game Tersukses Tetris
Tetris | Photo: tetris.com

Tetris adalah salah satu franchise game terlaris yang diciptakan pada tahun 1984 oleh Alexey Pajitnov.

Ketika permainan Tetris terlihat semakin menarik, Tetris kemudian dikomersialkan ke berbagai platform, mulai dari konsol, komputer, hingga mobile.

Pendapatan terbesar Tetris di dapat dari mobile, dimana gamenya sudah di download lebih dari 425 juta lebih.

3. Pokemon (Total Pendapatan: 5,1 Triliun Rupiah)

Franchise Terlaris Pokemon
Pokemon | Photo: pokemongolive.com

Pokemon diciptakan oleh Satoshi Tajiri, pendiri sekaligus presiden Game Freak, perusahaan selaku pengembang pertama game Pokemon pada tahun 1996.

Setelah gamenya dirilis untuk Game Boy, Pokemon berkembang dari tahun ke tahun menjadi sebuah franchise yang sangat besar. Lebih dari hanya sekedar video game.

Franchisenya sendiri secara keseluruhan mencakup serial anime, manga, permainan kartu, mainan, buku, film, dan aksesoris.

Semua itu diproduksi oleh The Pokemon Company, perusahaan joint venture antara Nintendo, Game Freak, dan Creatures. Sementara merk dagangnya dipegang oleh Nintendo.

4. FIFA (Total Pendapatan: 4,7 Triliun Rupiah)

Franchise FIFA
FIFA | Photo: fifa.com

FIFA adalah sebuah franchise video game yang bergenre olahraga sepak bola. FIFA sendiri termasuk franchise game terlaris dari genre dunia olahraga.

FIFA dirilis setiap tahun oleh Electronic Arts dibawah merk EA Sports. Franchise FIFA termasuk game sepak bola yang mendapat lisensi resmi dari FIFA sendiri (Federation Internationale de Football Association/FIFA).

5. Call Of Duty (Total Pendapatan: 5,8 Triliun Rupiah)

Franchise Game Terlaris Call of Duty
Call of Duty | Photo: callofduty.com

Call of Duty termasuk franchise game terlaris sepanjang masa dari segi game bergenre FPS (first-person shooter).

Franchise ini diterbitkan oleh Activision dan Aspyr Media, lalu dikembangkan oleh Infinity Ward, Grey Matter Interactive, Treyarch, Sledgehammer Gamers, Raven Software, Neversoft, dan High Moon Studios.

Banyak pengembannya? Memang. Itu juga alasan kenapa game Call of Duty disetiap serinya tak semua menggunakan engine yang sama.

Selain pendapatan utama, Call of Duty juga mendapatkan pendapatan dari mobile dengan judul game Call of Duty: Mobile yang saat ini sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna.

6. Grand Theft Auto (Total Pendapatan: 5,4 Triliun Rupiah)

Franchise Game Terlaris Grand Theft Auto
Grand Theft Auto | Photo: rockstargames.com

Grand Theft Auto adalah salah satu franchise game terlaris dengan genre open world yang diciptakan pada tahun 1997 oleh David Jones dan Mike Dailly.

Lalu seri berikutnya hingga seri Grand Theft Auto saat ini diciptakan oleh dua saudara Dan Houser dan Sam Houser, Leslie Benzies, dan Aaron Garbut.

Grand Theft Auto adalah game open world yang paling sukses dibandingkan game dengan genre sejenis.

Terlebih total pendapatan beberapa tahun terakhir selain dari penjualan gamenya juga didapat dari mode online/multiplayernya.

7. Lego (Total Pendapatan: 2,9 Triliun Rupiah)

LEGO Skywalker Saga
Lego | Photo: starwars.com

Lego pada dasarnya adalah franchise mainan, karena besarnya nama Lego, akhirnya juga merambah kedalam industri game dengan berkolaborasi dengan berbagai franchise yang lain.

Beberapa kolaborasi game Lego yang sukses diantaranya, kolaborasi dengan Batman, Harry Potter, Indiana Jones, dan yang paling sukses yaitu kolaborasi dengan Star Wars.

8. The Sims (Total Pendapatan: 2,8 Triliun Rupiah)

Franchise Game The Sims 4
The Sims | Photo: ea.com

The Sims adalah game simulasi kehidupan, dimana kamu bisa bermain menjadi siapapun tokoh di dunia game, bisa itu karakter sendiri atau karakter lain.

The Sims adalah game simulasi kehidupan paling terlaris yang pernah ada. Besar total pendapatannya di dapat dari DLC (downloadable content) dari setiap seri gamenya. Satu gamenya saja bisa tersedia puluhan DLC.

9. Minecraft (Total Pendapatan: 3,4 Triliun Rupiah)

Minecraft
Minecraft | Photo: polygon.com

Minecraft adalah game dengan genre sandbox dan survival yang dikembangkan oleh Mojang. Lalu dibeli oleh Microsoft Studios pada November 2014.

Minecraft sendiri tak hanya sukses dalam segi penjualan, tapi juga sukses dari segi kepopuleran pada masanya. Bahkan ketika masih era kejayaanya (sekarang juga masih populer), banyak streamer memainkan game ini.

10. Final Fantasy (Total Pendapatan: 2,4 Triliun Rupiah)

Franchise Game Terlaris Final Fantasy
Final Fantasy | Photo: finalfantasyxvi.com

Final Fantasy adalah game fantasy Jepang yang dimiliki oleh Square Enix. Final Fantasy sendiri didesain oleh Hironobu Sakaguchi.

Final Fantasy sendiri saat ini sudah memiliki belasan seri gamenya sendiri, dengan beberapa spin-off serta filmnya.

11. Assassin’s Creed (Total Pendapatan: 2,2 Triliun Rupiah)

Franchise Game Assassins Creed
Assassin’s Creed | Photo: xbox.com

Assassin’s Creed termasuk salah satu game open world terlaris setelah Grand Theft Auto. Game ini dimiliki oleh Ubisoft.

Mulai dari awal 2007 dengan judul Assassin’s Creed, game ini pun berkembang hingga menciptakan puluhan seri game untuk berbagai platform.

Perjalanan seorang Assassin di game Assassin’s Creed sendiri juga ikut berkembang, mengeksplor lebih jauh cerita sejarah dengan ditambahi bumbu konflik templar dan para assassin.

12. Need for Speed (Total Pendapatan: 2,1 Triliun Rupiah)

Franchise Game Need for Speed
Need for Speed | Photo: ea.com

Need for Speed adalah game balapan yang dimiliki oleh Electronic Arts, dan dikembangkan oleh berbagai developer seperti EA Black Box dan Criterion Games.

13. Sonic the Hedgehog (Total Pendapatan: 2,1 Triliun Rupiah)

Sonic The Hedgehog
Sonic the Hedgehog | Photo: syfy.com

Sonic the Hedgehog termasuk franchise game terlaris yang dimiliki oleh Sega. Diciptakan pada tahun 1991, dimana konsol Sega pada tahun tersebut sangat laris manis di pasaran.

Berawal dari game, franchise Sonic the Hedgehog pun merambah ke berbagai media, mulai dari serial animasi, manga, komik, hingga ke film live-action.

14. Madden NFL (Total Pendapatan: 1,9 Triliun Rupiah)

Madden NFL
Madden NFL | Photo: moneyinc.com

Madden NFL adalah seri game sepak bola Amerika yang dikembangkan oleh Electronic Arts Tiburon untuk EA Sports.

Total penjualan terbesar game ini diraih di dalam Amerika sendiri, dimana disana penggemar American Football lebih besar dibandikan olahraga sepak bola pada umumnya.

15. Star Wars (Total Pendapatan: 1,7 Triliun Rupiah)

Star Wars Jedi Fallen Order
Star Wars | Photo: store.steampowered.com

Total pendapatan seri game Star Wars mungkin tidak sebanyak total pendapatan pada film-filmnya.

Tapi tetap saja dengan pendapatan triliunan rupiah seperti ini, menjadikan Star Wars termasuk salah satu franchise game terlaris.

Seri game Star Wars sendiri banyak dikembangkan oleh Electronic Arts, beberapa judul populernya seperti Star Wars: Battlefront, Rogue Squadron, dan Star Wars Jedi: Fallen Order.

Dengan kepopuleran nama Star Wars sendiri, game Star Wars kedepannya tidak hanya dikembangkan oleh EA saja, melainkan juga Ubisoft, dan perusahaan game lainnya, bekerja sama dengan Lucas Film Games.

16. Pro Evolution Soccer (Total Pendapatan: 1,6 Triliun Rupiah)

Franchise Game Pro Evolution Soccer
eFootball PES | Photo: store.steampowered.com

Pro Evolution Soccer atau eFootball PES adalah game sepak bola yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Konami.

Masalah kekurangan lisensi bisa menjadi alasan eFootball PES berada jauh dibelakang FIFA dari segi penjualan.

Karena masalah tersebut, kini PES lebih fokus mendapatkan lisensi dari tim-tim kecil di berbagai kompetisi sepak bola di dunia.

17. Resident Evil (Total Pendapatan: 1,8 Triliun Rupiah)

Franchise Game Terlaris Resident Evil
Resident Evil | Photo: residentevil.com

Resident Evil adalah franchise game terlaris yang diciptakan pada tahun 1996. Franchise ini pun terus berkembang dan merambah ke berbagai media, seperti film, serial televisi, animasi, komik, dan mainan.

18. The Legend of Zelda (Total Pendapatan: 1,8 Triliun Rupiah)

The Legend of Zelda
The Legend of Zelda | Photo: nintendo.com

The Legend of Zelda adalah game yang didesain oleh Takashi Tezuka dan Shigeru Miyamoto, salah satu desainer game Mario.

Game ini diterbitkan oleh Nintendo, beberapa serinya dirilis ulang dan dialihkan ke Capcom, Vanpool, dan Grezzo.

19. NBA 2K (Total Pendapatan: 1,7 Triliun Rupiah)

NBA 2K
NBA 2K | Photo: sportingnews.com

NBA 2K adalah game olahraga basket yang awalnya diterbitkan oleh Sega dibawah label Sega Sport. Sekarang game NBA 2K diterbitkan oleh 2K Sports.

20. Tom Clancy’s (Total Pendapatan: 1,1 Triliun Rupiah)

Franchise Game Tom Clancys
Tom Clancy’s | Photo: Ubisoft.com

Tom Clancy’s adalah franchise game yang dikembangkan oleh Ubisoft. Seri populernya antara lain adalah Ghost Recon, Rainbow Six, Splinter Cell, dan The Division.

21. Dragon Quest (Total Pendapatan: 1,2 Triliun Rupiah)

Dragon Quest
Dragon Quest | Photo: store.steampowered.com

Dragon Quest termasuk salah satu franchise game rpg terlaris yang diciptakan oleh Yuji Horii. Uniknya, desain karakter game ini didesain oleh Akira Toriyama (pencipta manga Dragon Ball).

Franchise Dragon Quest sendiri saat ini sudah merambah ke berbagai media, mulai dari komik, mainan hingga serial animasi.

22. Gran Turismo (Total Pendapatan: 1,2 Triliun Rupiah)

Game Gran Turismo
Gran Turismo | Photo: gran-turismo.com

Gran Turismo adalah game balapan terpopuler yang diciptakan oleh Kazunori Yamauchi khusus untuk konsol PlayStation.

Game ini dikembangkan oleh Polyphony Digital. Gran Turismo memiliki lisensi dari berbagai model mobil sport di dunia, sehingga pilihan mobil dalam game sesuai dengan tampilan mobil di dunia nyata.

Gran Turismo termasuk salah satu franchise game terlaris eksklusif PlayStation.

23. Tomb Raider (Total Pendapatan: 1,2 Triliun Rupiah)

Tomb Raider
Tomb Raider | Photo: store.steampowered.com

Tomb Raider pada awalnya dikembangkan oleh Core Design dan dipublish oleh Eidos Interactive sebelum diambil alih pengembangannya oleh Crystal Dynamics dan Square Enix Eropa.

Game ini berpusat pada cerita petualangan Lara Croft di berbagai tempat sejarah dengan berbagai dunia yang diliputi misteri di dalamnya.

Franchise Tomb Raider sudah merambah ke berbagai media, mulai dari game, mainan, hingga ke film layar lebarnya.

24. HALO (Total Pendapatan: 1,1 Triliun Rupiah)

Franchise Game Terlaris Halo
HALO | Photo: xbox.com

HALO adalah salah satu franchise game terlaris yang dipublish oleh Xbox Game Studios. Game ini pun juga eksklusif untuk Xbox dan Windows.

Game HALO sendiri sudah merambah ke berbagai media, seperti novel, komik, mainan, dan bahkan serial animasinya.

25. Just Dance (Total Pendapatan: 1 Triliun Rupiah)

Just Dance
Just Dance | Photo: nintendo.com

Just Dance adalah salah satu game terpopuler dan terlaris yang dimiliki Ubisoft selain Assassin’s Creed. Just Dance adalah video game tari dan musik.

26. Monster Hunter (Total Pendapatan: 928 Miliar Rupiah)

Franchise Game Monster Hunter
Monster Hunter | Photo: store.steampowered.com

Monster Hunter adalah game rpg yang dikembangkan oleh Capcom. Dalam game, pemain mendapatkan dan menyelesaikan misi dengan mencari monster untuk diburu atau ditangkap.

27. Animal Crossing (Total Pendapatan: 1 Triliun Rupiah)

Animal Crossing
Animal Crossing | Photo: nintendo.com

Animal Crossing adalah game populer bergenre simulasi yang dikembangkan dan dipublish oleh Nintendo.

Dalam game, pemain akan tinggal di desa yang dihuni oleh para hewan yang bisa berbicara dan berperilaku layaknya manusia.

Disana pemain dapat melakukan berbagai misi (memancing, bertanam, dan lainnya) untuk mencari sumber daya atau hal lainnya untuk meningkatkan kualitas bermain. Saat ini Animal Crossing eksklusif untuk Nintendo Switch.

28. WWE 2K (Total Pendapatan: 922 Miliar Rupiah)

Game WWE 2K
WWE 2K | Photo: wwe.2k.com

WWE 2K (sebelumnya Smackdown! vs Raw) adalah game gulat yang dirilis oleh 2K Sport (sebelumnya dirilis oleh THQ).

29. The Elder Scrolls (Total Pendapatan: 848 Miliar Rupiah)

Franchise Game The Elder Scroll
The Elder Scrolls | Photo: elderscrollsonline.com

The Elder Scrolls termasuk salah satu franchise game rpg terlaris dan terpopuler yang dikembangkan oleh Bethesda Game Studios dan dipublish oleh Bethesda Softworks.

Game ini pun sampai saat ini masih banyak penggemarnya, bahkan beberapa komunitas onlinenya pun masih ramai dengan berbagai macam diskusi.

30. Battlefield (Total Pendapatan: 834 Miliar Rupiah)

Battlefield V
Battlefield | Photo: ea.com

Battlefield adalah franchise game first-person shooter andalan Electronics Arts untuk bersaing dengan franchise Call of Duty.

31. Metal Gear (Total Pendapatan: 848 Miliar Rupiah)

Franchise Game Metal Gear
Metal Gear Solid | Photo: store.steampowered.com

Metal Gear adalah game yang berfokus pada elemen stealth yang diciptakan oleh Hideo Kojima dan dikembangkan oleh Konami.

Game pertamanya rilis pada tahun 1987 untuk MSX. Metal Gear Solid sendiri sudah merambah ke berbagai media seperti komik, mainan, dan bahkan film layar lebar.

32. Mortal Kombat (Total Pendapatan: 951 Miliar Rupiah)

Mortal Kombat
Mortal Kombat | Photo: mortalkombat.com

Mortal Kombat adalah franchise game terlaris dan terpopuler yang sudah merambah ke berbagai media, dimulai dari game, komik, serial animasi, hingga film layar lebar.

Mortal Kombat juga disebut sebagai game fighting paling laris dan populer sepanjang masa. Bahkan setiap perilisan gamenya selalu menciptakan hype tersendiri.

33. Dragon Ball (Total Pendapatan: 965 Miliar Rupiah)

Dragon Ball Z Game
Dragon Ball | Photo: store.steampowered.com

Dragon Ball tidak hanya populer dalam video game, namun juga serial animasinya. Bahkan beberapa merk fashion ternama banyak yang berkolaborasi dengan Dragon Ball untuk produk-produk tertentu mereka.

Selain anime, franchise game Dragon Ball juga meraih kesuksesan besar, bahkan genre permainannya dari tahun ke tahun selalu berinovasi, tidak hanya sekedar game fighting saja.

34. Borderlands (Total Pendapatan: 745 Miliar Rupiah)

Borderlands 3
Borderlands | Photo: store.steampowered.com

Borderlands adalah game first-person shooter dengan tampilan dunia mirip seperti komik. Game ini diciptakan oleh Gearbox Software.

35. God of War (Total Pendapatan: 760 Miliar Rupiah)

God of War
God of War | Photo: godofwar.playstation.com

God of War adalah franchise game petualangan yang dikembangkan oleh Santa Monica Studio. God of War sendiri mengambil latar mitologi Yunani dan Norse.

Saat ini God of War sudah merambah ke dunia komik, dan mainan. Bisa jadi kedepannya kita akan melihat film layar lebarnya.

36. Tekken (Total Pendapatan: 760 Miliar Rupiah)

Tekken 7 Game
Tekken | Photo: store.steampowered.com

Tekken merupakan game bergenre fighting yang populer, dikembangkan oleh Bandai Namco Entertainment.

Awalnya Tekken hanya eksklusif untuk arcade, namun Tekken kini telah merambah ke berbagai platform seperti konsol, PC, hingga mobile.

37. Crash Bandicoot (Total Pendapatan: 731 Miliar Rupiah)

Franchise Game Crash Bandicoot
Crash Bandicoot | Photo: playstation.com

Crash Bandicoot awalnya eksklusif untuk PlayStation, namun kini game satu ini bisa dijumpai di PC, hingga mobile.

38. Far Cry (Total Pendapatan: 730 Miliar Rupiah)

Franchise Game Far Cry
Far Cry | Photo: Ubisoft.com

Far Cry termasuk salah satu franchise game terlaris dari Ubisoft yang rilis dalam beberapa tahun sekali.

Awalnya Far Cry dikembangkan oleh Crytek dan kemudian oleh Ubisoft Montreal dan dipublish oleh Ubisoft.

39. Diablo (Total Pendapatan: 730 Miliar Rupiah)

Diablo 4
Diablo | Photo: blizzard.com

Diablo adalah game yang berlatar petualangan di dungeon yang berisi monster-monster. Game ini dikembangkan oleh Blizzard North dan kemudian oleh Blizzar Entertainment.

40. The Witcher (Total Pendapatan: 730 Miliar Rupiah)

The Witcher 3
The Witcher | Photo: thewitcher.com

The Witcher adalah game yang diadaptasi dari novel dengan nama yang sama karya novelis Polandia bernama Andrzej Sapkowski.

The Witcher sendiri berpusat pada petualangan Geralt of Rivia pada abad pertengahan dimana ia ditugaskan untuk memburu para monster-monster yang berkeliaran di sekitar.

The Witcher 3: Wild Hunt masih menjadi yang paling populer dan terlaris diantara seri game The Witcher lainnya.

41. Red Dead (Total Pendapatan: 980 Miliar Rupiah)

Red Dead Redemption 2
Red Dead | Photo: rockstargames.com

Red Dead termasuk salah satu franchise game terlaris dari Rockstar Games yang mengambil genre open world tema Barat.

Awalnya game Red Dead dikembangkan oleh Angle Studio dengan pendanaan dari Capcom, namun setelah itu dikembangkan oleh Rockstar setelah mendapatkan hak ciptanya.

Seri pertama Red Dead adalah Red Dead Revolver yang rilis untuk Xbox dan PlayStation 2.

42. Street Fighter (Total Pendapatan: 687 Miliar Rupiah)

Street Fighter V
Street Fighter | Photo: streetfighter.com

Street Fighter merupakan salah satu franchise game terpopuler dan terlaris setelah Mortal Kombat dan Tekken. Game ini dikembangkan oleh Capcom.

Street Fighter sendiri sudah merambah ke berbagai media, seperti komik, serial anime, dan film layar lebar.

43. Pac-Man (Total Pendapatan: 643 Miliar Rupiah)

Franchise Pac-Man
Pac-Man | Photo: pacman.com

Siapa yang tak kenal dengan Pac-Man? Game klasik ini sangat populer pada masanya. Bahkan sekarang saja sudah tersedia di berbagai platform, mulai konsol, PC, hingga mobile.

Pac-Man sendiri dari tahun ke tahun banyak berevolusi, bukan lagi sekedar game kejar-kejaran, bahkan merambah ke genre balap hingga olahraga.

44. Uncharted (Total Pendapatan: 643 Miliar Rupiah)

Uncharted 4 A Thiefs End
Uncharted | Photo: playstation.com

Uncharted adalah game eksklusif PlayStation dimana cerita berpusat pada petualangan Nathan Drake yang seorang pemburu harta karun.

Game ini dikembangkan oleh Naughty Dog dan dipublikasikan oleh Sony Computer Entertainment.

45. Harry Potter (Total Pendapatan: 585 Miliar Rupiah)

Harry Potter Game
Harry Potter | Photo: hogwartslegacy.net

Harry Potter adalah game yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya J. K. Rowling. Game ini diterbitkan oleh Electronic Arts dan Warner Bros Interactive Entertainment.

46. Civilization (Total Pendapatan: 833 Miliar Rupiah)

 Civilization VI
Civilization | Photo: civilization.com

Civilization adalah game bergenre turn-based strategy yang diciptakan oleh Sid Meier. Permainannya cukup mudah, yaitu membimbing peradaban berskala makro dari prasejarah hingga peradaban saat ini.

47. Medal of Honor (Total Pendapatan: 570 Miliar Rupiah)

Medal of Honor
Medal of Honor | Photo: ea.com

Medal of Honor adalah game bergenre first-person shooter yang sebagian besarnya berlatar pada Perang Dunia II. Game ini dipublish oleh Electronic Arts.

48. Fallout (Total Pendapatan: 554 Miliar Rupiah)

Fallout 4
Fallout | Photo: bethesda.net

Fallout adalah seri game yang bergenre post-apocalyptic. Game ini dikembangkan oleh Bethesda Game Studios dan Obsidian Entertainment.

49. Counter-Strike (Total Pendapatan: 522 Miliar Rupiah)

Counter Strike
Counter Strike | Photo: blog.counter-strike.net

Counter-Strike pada awalnya adalah mod untuk game Half-Life. Lalu Valve mengambil alih hak ciptanya dan mulai mengembangkan game ini. Sekarang Counter-Strike dikembangkan dan dipublish oleh Valve.

50. BioShock (Total Pendapatan: 541 Miliar Rupiah)

Bioshock Infinite
Bioshock | Photo: 2k.com

Bioshock adalah seri game berlatar retrofuturistik yang dikembangakan oleh berbagai studio dan diterbitkan oleh 2K Games.

Kesimpulan

Pasti kamu bertanya-tanya “kok nama-nama game terkenal dan populer tidak masuk daftar?”

Yup, game ternama seperti Spider-Man, The Walking Dead, Devil May Cry, Batman, Prince of Persia, Spyro, hingga Watch Dogs adalah franchise ternama dan populer.

Sayangnya beberapa franchise game ternama diatas tidak mendapatkan penjualan sebesar yang masuk dalam 50 daftar di artikel ini.

Sayang sekali kan? Padahal film, komik, hingga serial animasinya mungkin mendapatkan pendapatan lebih besar dibandingkan gamenya.

Lagi-lagi, kesuksesan franchise besar bukan jaminan juga akan mengalami sukses di media lain seperti game misalnya. Walau di media lain sukses besar, gamenya belum tentu.

Satu hal lagi, kesuksesan judul game juga bisa mempengaruhi sekuel atau seri berikutnya. Jika tidak sukses atau mengalami kerugian, sekuel atau seri berikutnya sudah dipastikan tidak akan hadir.

Sebelum kita tutup, ada satu pertanyaan nih. Franchise game apa yang seluruh serinya sudah kamu mainkan semua?

36 Produk Gagal dari Perusahaan Ternama yang Gak Pernah Kamu Duga Sebelumnya!

20 Rekomendasi Merk VGA Terbaik Untuk Gaming di 2023!