in

50 Franchise Game Terlaris dan Terpopuler Sepanjang Masa!

Kami telah mengumpulkan puluhan daftar franchise game terlaris sepanjang masa, mulai dari game jaman dulu hingga game yang sedang tren sekarang!

Tahukah kamu kalau semenjak lahirnya industri game puluhan tahun yang lalu, dari tahun ke tahun pemainnya terus bertumbuh dan semakin membesar.

Sehingga menghasilkan penaikan yang sangat banyak dari segi pendapatan bagi para developer, publisher maupun pemilik franchise.

Bahkan pendapatan pada industri game dalam beberapa tahun terakhir saja sudah mencapai lebih dari 37 billion USD, atau sekitar 500-an trilliun Rupiah.

Dari penghasilan sebesar itu, lebih dari 50% nya dihasilkan oleh beberapa franchise game ternama.

Berikut Wokeeh sajikan daftar franchise game terlaris sepanjang masa, siapa tahu daftar franchise dibawah ini termasuk yang paling kamu suka!

Catatan: Daftar dibawah ini adalah total jumlah penjualan game di seluruh dunia, tidak termasuk total pendapatan dari mikrotransaksi.

1. Mario (Total Penjualan: 9,4 Triliun Rupiah)

Franchsie Game Terlaris, Mario Bros
Mario Bros | Photo: hothardware.com

Kenal dengan karakter Mario kan? Pria berbaju merah dengan kumis tebal yang sering bertugas menyelamatkan seorang putri berambut kuning?

Sebelum Mario punya gamenya sendiri yang berjudul Mario Bros, ia adalah karakter sampingan dalam game original Donkey Kong.

Mario di desain oleh Shigeru Miyamoto, dan sejak itu menjadi maskot resmi Nintendo. Nintendo sendiri adalah pemilik merk dagang seluruh franchise Mario Bros.

Bermula dari satu game, game Mario Bros terus berkembang ke genre yang lain, mulai dari puzzle, rpg, game balap, olahraga, hingga genre-genre yang lain.

Selain game, Mario juga masuk ke dalam media lain, seperti komik, animasi, manga, film, hingga aksesoris dan mainannya.

Selain sebagai franchise game terlaris sepanjang masa yang memiliki pendapatan besar, Mario juga termasuk sebagai franchise tertua dalam dunia game.

2. Tetris (Total Penjualan: 6,9 Triliun Rupiah)

Game Terlaris Tetris
Tetris | Photo: tetris.com

Tetris adalah salah satu franchise game terlaris yang diciptakan pada tahun 1984 oleh Alexey Pajitnov.

Ketika permainan Tetris terlihat semakin menarik, Tetris kemudian dikomersialkan ke berbagai platform, mulai dari konsol, komputer, hingga mobile.

Pendapatan terbesar Tetris di dapat dari mobile, dimana gamenya sudah di download lebih dari 425 juta lebih.

3. Pokemon (Total Penjualan: 5,1 Triliun Rupiah)

Franchise Game Terlaris, Pokemon
Pokemon | Photo: pokemongolive.com

Pokemon diciptakan oleh Satoshi Tajiri, pendiri sekaligus presiden Game Freak, perusahaan selaku pengembang pertama game Pokemon pada tahun 1996.

Setelah gamenya dirilis untuk Game Boy, Pokemon berkembang dari tahun ke tahun menjadi sebuah franchise yang sangat besar. Lebih dari hanya sekedar video game.

Franchisenya sendiri secara keseluruhan mencakup serial anime, manga, permainan kartu, mainan, buku, film, dan aksesoris.

Semua itu diproduksi oleh The Pokemon Company, perusahaan joint venture antara Nintendo, Game Freak, dan Creatures. Sementara merk dagangnya dipegang oleh Nintendo.

4. FIFA (Total Penjualan: 4,5 Triliun Rupiah)

FIFA 21
FIFA | Photo: fifa.com

FIFA adalah sebuah franchise video game yang bergenre olahraga sepak bola. FIFA sendiri termasuk franchise game terlaris dari genre dunia olahraga.

FIFA dirilis setiap tahun oleh Electronic Arts dibawah merk EA Sports. Franchise FIFA termasuk game sepak bola yang mendapat lisensi resmi dari FIFA sendiri (Federation Internationale de Football Association/FIFA).

5. Call Of Duty (Total Penjualan: 4,2 Triliun Rupiah)

Call of Duty Warzone
Call of Duty | Photo: callofduty.com

Call of Duty termasuk franchise game terlaris sepanjang masa dari segi game bergenre FPS (first-person shooter).

Franchise ini diterbitkan oleh Activision dan Aspyr Media, lalu dikembangkan oleh Infinity Ward, Grey Matter Interactive, Treyarch, Sledgehammer Gamers, Raven Software, Neversoft, dan High Moon Studios.

Banyak pengembannya? Memang. Itu juga alasan kenapa game Call of Duty disetiap serinya tak semua menggunakan engine yang sama.

Selain pendapatan utama, Call of Duty juga mendapatkan pendapatan dari mobile dengan judul game Call of Duty: Mobile yang saat ini sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna.

6. Grand Theft Auto (Total Penjualan: 3,7 Triliun Rupiah)

Game Grand Theft Auto Online Diamond Casion & Resort
Grand Theft Auto | Photo: rockstargames.com

Grand Theft Auto adalah salah satu franchise game terlaris dengan genre open world yang diciptakan pada tahun 1997 oleh David Jones dan Mike Dailly.

Lalu seri berikutnya hingga seri Grand Theft Auto saat ini diciptakan oleh dua saudara Dan Houser dan Sam Houser, Leslie Benzies, dan Aaron Garbut.

Grand Theft Auto adalah game open world yang paling sukses dibandingkan game dengan genre sejenis.

Terlebih total pendapatan beberapa tahun terakhir selain dari penjualan gamenya juga didapat dari mode online/multiplayernya.

7. Lego (Total Penjualan: 2,8 Triliun Rupiah)

Franchise Game Terlaris Lego Star Wars
Lego | Photo: starwars.com

Lego pada dasarnya adalah franchise mainan, karena besarnya nama Lego, akhirnya juga merambah kedalam industri game dengan berkolaborasi dengan berbagai franchise yang lain.

Beberapa kolaborasi game Lego yang sukses diantaranya, kolaborasi dengan Batman, Harry Potter, Indiana Jones, dan yang paling sukses yaitu kolaborasi dengan Star Wars.

8. The Sims (Total Penjualan: 2,8 Triliun Rupiah)

Franchise Game The Sims
The Sims | Photo: ea.com

The Sims adalah game simulasi kehidupan, dimana kamu bisa bermain menjadi siapapun tokoh di dunia game, bisa itu karakter sendiri atau karakter lain.

The Sims adalah game simulasi kehidupan paling terlaris yang pernah ada. Besar total pendapatannya di dapat dari DLC (downloadable content) dari setiap seri gamenya. Satu gamenya saja bisa tersedia puluhan DLC.

9. Minecraft (Total Penjualan: 2,8 Triliun Rupiah)

Game Terlaris Minecraft
Minecraft | Photo: polygon.com

Minecraft adalah game dengan genre sandbox dan survival yang dikembangkan oleh Mojang. Lalu dibeli oleh Microsoft Studios pada November 2014.

Minecraft sendiri tak hanya sukses dalam segi penjualan, tapi juga sukses dari segi kepopuleran pada masanya. Bahkan ketika masih era kejayaanya (sekarang juga masih populer), banyak streamer memainkan game ini.

10. Final Fantasy (Total Penjualan: 2,2 Triliun Rupiah)

Game Final Fantasy XVI
Final Fantasy | Photo: finalfantasyxvi.com

Final Fantasy adalah game fantasy Jepang yang dimiliki oleh Square Enix. Final Fantasy sendiri didesain oleh Hironobu Sakaguchi.

Final Fantasy sendiri saat ini sudah memiliki belasan seri gamenya sendiri, dengan beberapa spin-off serta filmnya.

36 Produk Gagal dari Perusahaan Ternama yang Gak Pernah Kamu Duga Sebelumnya!

20 Rekomendasi Merk VGA Terbaik Untuk Gaming di 2021!