20 Game Batman Terbaik dan Paling Seru Sepanjang Masa, Wajib Main!

Apakah kamu salah satu penyuka franchise game Batman? Jika ya, maka beberapa pilihan judul dibawah ini wajib deh kamu mainkan!

Batman adalah salah satu pahlawan populer yang tak memiliki kekuatan super, namun memiliki sumber daya yang sangat banyak dari kekayaannya.

Walaupun tanpa kekuatan super, kisah cerita Batman di film, komik, maupun gamenya yang ditampilkan layaknya cerita detektif membuat franchise Batman sangat cepat populer dan digemari banyak orang.

Dengan latar kota Gotham yang paling berbahaya, penuh penjahat yang tak ada habisnya, membuat eksistensi Batman tetap dan terus ada.

Tak sendirian, dalam mengatasi masalah di kota Gotham, Batman terkadang ditemani partner kerjanya, seperti Robin, Nightwing, Batgirl, hingga Catwoman.

Seri game Batman pun juga tak ada habisnya, bahkan di setiap rilis selalu ada penjahat baru yang harus Batman hadapi di dalam game. Seperti Joker, Scarecrow, The Riddler, Two-Face, hingga Bane.

Dibawah ini Wokeeh memberikan rekomendasi game Batman terbaik mulai dari yang memiliki cerita sangat bagus hingga lumayan bagus (menurut kami), yang diurut berdasarkan daftar nomornya.

1. Batman: Arkham Knight

Game Batman Arkham Knight
Batman: Arkham Knight
Developer:Rockstready Studios
Genre:Action Adventure
Rilis:2015
Platform:Windows, PS4, Xbox One

Batman Arkham Knight adalah salah satu game aksi terbaik sekaligus penutup cerita dari trilogi Arkham, yang dimana cerita awalnya dimulai dari Arkham Asylum, Arkham City, lalu Arkham Knight.

Dunia dalam game Batman Arkham Knight sangat detail, bahkan memiliki banyak misi sampingan yang bisa membuatmu puas mengeksplorasi kota Gotham.

Kamu tak akan merasa bosan di Arkham Knight, selain Batman bisa terbang melintasi gedung dengan cukup lama, Batman di game ini juga bisa memanggil Batmobile-nya.

Kamu bisa menggunakan Batmobile untuk berjalan-jalan, menghadapi musuh dalam bentuk tank, hingga mengadu kecepatan.

Dari segi gameplay pertarungan, Arkham Knight menyediakan banyak sekali variasi serangan yang lebih bagus dari seri sebelumnya. Terlebih ada beberapa fitur Batman terbaru yang bisa kamu gunakan.

Ancaman yang ada di game ini datang dari penjahat berbahaya bernama Scarecrow dan juga beberapa penjahat lainnya seperti Arkham Knight, Harley Quinn, Two-Face hingga Poison Ivy.

Bahkan menurut kami sendiri cerita di Batman Arkham Knight ini sangatlah menarik untuk diikuti, karena menyempurnakan penutupan trilogi dari seri-seri game Arkham sebelumnya.

Dan kami sarankan juga, sebelum memainkan game ini, wajib juga memainkan game prekuelnya yang sudah kami sebutkan diatas tadi. Untuk tahu cerita menyeluruhnya.

2. Batman: Arkham City

Game Batman Arkham City
Batman: Arkham City
Developer:Rockstready Studios
Genre:Action Adventure
Rilis:2011
Platform:Windows, PS4, PS3, Xbox One, Xbox 360, Wii U

Game Batman Arkham City merupakan prekuel dari Arkham Knight, dan sekuel dari Arkham Asylum. Untuk ceritanya sendiri masih melanjutkan cerita dari seri sebelumnya.

Terobosan yang dibuat di Arkham City adalah mode open world nya. Dimana Batman bisa mengeksplorasi kota Gotham sambil menjalankan aktivitas memberantas keanekaragaman penjahatnya.

Variasi gerakan serangan di Arkham City lebih banyak dibandingkan Arkham Asylum. Bahkan variasi serangan di Arkham City masih tetap digunakan di Arkham Knight.

Dalam game Batman Arkham City, kamu akan melawan berbagai penjahat mulai dari Bane, Deadshot, Talia al Ghul, hingga Joker.

3. Batman: Arkham Asylum

Game Batman Arkham Asylum
Batman: Arkham Asylum
Developer:Rockstready Studios
Genre:Action Adventure
Rilis:2009
Platform:Windows, PS4, PS3, Xbox One, Xbox 360

Arkham Asylum adalah pembuka trilogi cerita utama Batman Arkham dalam usahanya mengalahkan para musuh-musuh bebuyutannya.

Pembuka cerita awal karir Batman adalah Arkham Origins, untuk Arkham Asylum sendiri ceritanya berlatar beberapa tahun setelah Arkham Origins.

Jika berbicara dari segi cerita, Arkham Asylum ini terbilang lebih ke arah tema horor dibandingkan tema detektif seperti Arkham City dan Arkham Knight.

Walaupun tidak open world seperti Arkham City dan Arkham Knight, namun kepadatan cerita hingga misi-misinya sangat sempurna.

Karena musuh utama dalam game ini adalah Joker dan Scarecrow, maka kamu akan banyak menemukan efek-efek kejut khas horor di dalam gamenya.

Selain itu, ada penjahat-penjahat lainnya juga yang akan kamu hadapi, seperti Harley Quinn, Killer Croc, hingga Bane.

Dari segi gameplaynya sendiri, variasi serangan tak sebanyak sekuel gamenya, namun masih memberikan animasi finishing serangan yang sangat keren untuk dilihat.

4. Batman: The Enemy Within

Game Batman The Enemy Within
Batman: The Enemy Within
Developer:Telltale Games
Genre:Graphic Adventure
Rilis:2017
Platform:Windows, PS4, Xbox One, Nintendo Switch, Android, iOS

Bosan dengan genre petualangan aksi dan ingin bermain game Batman sambil duduk manis dan menikmati ceritanya saja? Maka game Batman The Enemy Within adalah pilihannya.

Batman The Enemy Within adalah sekuel dari Batman The Telltale Series. Dan untuk memainkan game ini, pastikan terlebih dahulu kamu memainkan prekuelnya yang berjudul The Telltale Series.

Cerita utama dalam game ini tersambung dari cerita seri game sebelumnya. Untuk alur ceritanya sendiri sangat-sangat bergantung pada pilihan pemain. Tak ada yang pasti.

Semua takdir Batman dan teman maupun musuhnya sendiri ada ditanganmu. Kamu cukup pilih pilihan-pilihan yang tersedia di layar ketika Batman harus mengambil keputusan.

5. Batman: Arkham Origins

Game Batman Arkham Origins
Batman: Arkham Origins
Developer:WB Games Montreal
Genre:Action Adventure
Rilis:2013
Platform:Windows, PS4, PS3, Xbox One, Xbox 360

Ingin mengeksplorasi cerita Batman lebih jauh lagi di dunia Arkham? Maka wajib sekali memainkan game Batman Arkham Origins ini.

Arkham Origins adalah seri pembuka cerita mula karir Batman di dunia Arkham. Berlatar beberapa bulan saat dimulainya karir Bruce Wayne sebagai Batman.

Tantangannya sendiri sangat besar dan banyak, membuat Bruce Wayne yang saat itu masih pemula menjadi pahlawan malam merasa mudah kewalahan ketika menangani berbagai musuh yang muncul.

Penjahat yang hadir di game ini ada Black Mask, Deathstroke, The Penguin, Bane, Anarky, Copperhead, hingga yang paling sulit dikalahkan yaitu Joker sendiri.

Karena game Arkham Origins ini beda developer, ketika kamu memainkan gamenya setelah memainkan game Arkham lainnya, akan terasa berbeda sensasi dan kontrolnya.

Sekedar informasi tambahan, (Arkham Asylum, Arkham City, Arkham Knight) dikembangkan oleh Rocksteady. Untuk Arkham Origins adalah WB Montreal.

Terlepas dari perbedaan kontrol game, cerita Batman-nya tetaplah sama. Alurnya masih menyambung dan wajib untuk kamu ikuti jika memang ingin mendalami cerita Batman di dunia Arkham.

6. Lego Batman 3: Beyond Gotham

Lego Batman 3 Beyond Gotham
Lego Batman 3: Beyond Gotham
Developer:Traveller’s Tales
Genre:Action Adventure
Rilis:2014
Platform:Windows, PS4, PS3, Xbox One, Xbox 360, Android, iOS

Lego Batman 3 Beyond Gotham adalah game Batman lego terbaik yang melengkapi cerita triloginya.

Tak hanya bermain di markas rahasia bawah tanah saja seperti seri-seri sebelumnya, di game ini kamu akan dibawa ke kota Gotham dan bahkan ke suatu tempat yang lebih jauh dari kota tersebut.

Bersama dengan pahlawan lainnya, Superman, Flash, hingga WonderWoman, kamu bisa mengeksplorasi kemampuan-kemampuan mereka untuk memecahkan teka-teki dan melawan musuh.

Dari segi ceritanya sendiri, game Batman Lego sangatlah ringan dan sangat menghibur. Pastikan kamu memainkan game pertama dan keduanya sebelum main game ini, agar kamu mengerti alur ceritanya.

7. Lego Batman 2: DC Super Heroes

Lego Batman 2 DC Super Heroes
Lego Batman 2 DC Super Heroes
Developer:Traveller’s Tales
Genre:Action Adventure
Rilis:2012
Platform:Windows, PS3, Xbox 360, Android, iOS

Lego Batman 2 mememiliki terobosan baru dari prekuelnya, karena menghadirkan permainan gaya open-world. Memberikan kesempatan untuk para pemain mengeksplorasi dunia Batman dalam bentuk Lego.

Disini kamu akan bermain dengan ditemani sejumlah karakter pahlawan lainnya. Mulai Superman, Aquaman, Flash, hingga Wonder Woman.

Lego Batman 2 memberikan pengalaman menarik bagi para pemain, karena selain kamu berusaha mengalahkan penjahat, kamu juga dituntut untuk memecahkan teka-teki maupun puzzle dalam gamenya.

8. Lego Batman: The Videogame

Lego Batman The Videogame
Lego Batman The Videogame
Developer:Traveller’s Tales
Genre:Action Adventure
Rilis:2008
Platform:Windows, PS3, PS2, Xbox 360

Lego Batman The Videogame adalah prekuel dari judul game Lego Batman 2. Walaupun hadir tanpa suara, kepribadian dari superhero yang tampil di game tetap terasa.

Untuk para pemain yang ingin menikmati cerita Batman di dunia Lego, maka wajib memainkan judul yang satu ini, karena secara langsung Lego Batman adalah pembuka cerita di triloginya.

Permainannya sendiri berbasis level, sehingga alur cerita dan alur permainan akan disajikan bertahap mengikuti level yang ada.

9. Batman: Arkham VR

Batman Arkham VR
Batman Arkham VR
Developer:Rocksteady Studios
Genre:Action Adventure, Virtual Reality
Rilis:2016
Platform:Windows, PS4

Mau tahu bagaimana rasanya menjadi seorang Batman? Maka kamu harus bermain game Batman Arkham VR ini.

Setelah sukses mengembangkan Batman Arkham Asylum, Arkham City, dan Arkham Knight, developer Rocksteady kembali hadir dengan judul spektakulernya, yaitu Arkham VR.

Disini memungkinkan kamu berperan, bergerak dan bekerja di malam hari sebagai seorang Batman.

Selain itu, kamu juga akan merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang Bruce Wayne.

Menyelidiki misteri pembunuhan, hingga teka-teki lainnya. Tak ketinggalan juga dihadiri oleh beberapa tokoh DC terkenal lainnya.

Meskipun tidak diisi dengan fitur bertempur khas Batman, namun cerita dalam gamenya sangat padat dan menarik diikuti. Walau sayangnya sangat sebentar.

10. Batman: The Telltale Series

Batman The Telltale Series
Batman The Telltale Series
Developer:Telltale Games
Genre:Graphic Adventure
Rilis:2016
Platform:Windows, PS4, PS3, Xbox One, Xbox 360, Android, iOS

Bicara soal cerita menghibur maupun ringan seperti di Batman Lego, itu semua tak hadir di game Batman The Telltale Series ini.

Karena game ini memiliki cerita yang sangat berat dan begitu kompleks. Semua alur cerita tak bisa ditebak, karena pemainlah yang menentukan alur ceritanya.

The Telltale Series adalah prekuel dari The Enemy Within, sehingga apa yang terjadi di The Enemy Within dimulai dari The Telltale Series.

Di The Telltale Series, mayoritas cerita kamu tidak bermain sebagai Batman, melainkan game ini mengeksplor lebih jauh kehidupan Bruce Wayne.

Banyak drama layaknya sinetron di Indonesia. Namun plot twist yang diberikan bisa membuatmu deg-degan.

Kamu akan banyak diperlihatkan momen dimana Bruce Wayne mencoba menyelesaikan masalah yang ada. Termasuk masalah percintaannya dengan seseorang di game ini.

Bagi kamu penyuka game bergenre graphic adventure, maka The Telltale Series wajib kamu mainkan.

Pastikan main The Taletell Series terlebih dahulu sebelum memainkan The Enemy Within.

11. Gotham Knights

Gotham Knights
Gotham Knights
Developer:WB Games Montreal
Genre:Action role-playing
Rilis:2022
Platform:Windows, PS5, Xbox Series X/S

Gotham Knight sebenarnya bukanlah game utama Batman, karena kamu sebagai pemain tidak memainkan Batman, melainkan anak didiknya seperti Batgirl, Nightwing, Robin, dan Red Hood.

Namun dari segi cerita, bayang-bayang sosok Batman sangat terasa diseluruh misi yang kamu lakukan.

Di game ini kamu akan dihadapkan dengan ancaman dari kelompok The Court of Owls, hingga Mr. Freeze dan Harley Quinn.

Dari segi gameplay sendiri, kamu bisa memainkan empat karakter antara Batgirl, Nightwing, Robin, dan Red Hood.

Sepanjang permainan, para pemain diperbolehkan mengganti-ganti karakter yang disukai.

Sehingga kamu sebagai pemain bisa mencicipi variasi serangan dari setiap masing-masing karakter yang tersedia.

Keindahan kota Gotham di game Gotham Knights ditampilkan sangat memukau dan memanjakan mata.

Sehingga kamu bisa mencoba mengeksplor keindahan sudut-sudut kota Gotham jika merasa bosan mengalahkan penjahat-penjahat di jalanan.

12. Batman Begins

Batman Begins Game
Batman Begins Game
Developer:Eurocom
Genre:Action Adventure
Rilis:2005
Platform:PS2, Xbox, GBA, GameCube

Batman Begins adalah game action Batman yang diadaptasi dari filmnya. Niatnya akan dibuat game trilogi mengikuti filmnya, namun kedua game sekuelnya dibatalkan.

Misi cerita Batman Begins hampir seluruhnya sama dengan cerita filmnya. Sayangnya kesuksesannya berbeda, dimana versi film sangat sukses, versi gamenya tak begitu sukses.

Untuk segi gameplaynya, Batman Begins memadukan tema aksi petualangan dicampur dengan tema stealth, membuat gamenya menjadi semakin menarik untuk dimainkan.

13. Batman: Vengeance

Batman Vengeance
Batman Vengeance
Developer:Ubisoft Montreal
Genre:Action, Beat ‘em up
Rilis:2001
Platform:Windows, PS2, Xbox, GBA, GameCube

Salahsatu game action lawas terbaik dari dunia Batman adalah Batman Vengeance yang dikembangkan oleh Ubisoft (sebelum fokus mengembangkan Assassin’s Creed).

Developer Ubisoft terkenal dengan game Assassin’s Creed nya. Namun siapa sangka kalau dulu mereka pernah mengembangkan game seperti Batman, dan lain-lain.

Untuk gameplay Batman Vengeance sendiri tak begitu kompleks, permainanya tinggal klik serang saat ada musuh muncul di depan.

14. Batman: Rise Of Sin Tzu

Batman Rise of Sin Tzu
Batman Rise of Sin Tzu
Developer:Ubisoft Montreal
Genre:Action, Beat ‘em up
Rilis:2003
Platform:PS2, Xbox, GBA, GameCube

Masih dikembangkan oleh Ubisoft Montreal, Batman Rise of Sin Tzu tak banyak memberikan perbedaan dibandingkan seri sebelumnya, yang berjudul Batman Vengeance.

Musuh di game ini adalah Sin Tzu, yang senang sekali mencari lawan terberat untuk dikalahkan.

Gameplaynya hampir sama dengan Batman Vengeance, kamu cukup tekan tombol untuk mengeluarkan serangan. Untuk variasi kombo serangan dapat diraih ketika levelmu naik.

Poin tambah dari game ini adalah, kamu bisa bermain bersama teman dengan menggunakan pilihan hero yang ada, seperti Batman, Robin, Nightwing, atau Batgirl.

15. Batman: Arkham Origins Blackgate

Batman Arkham Origins Blackgate
Batman Arkham Origins Blackgate
Developer:Armature Studio
Genre:Action Adventure
Rilis:2013
Platform:Windows, PS3, PS2, Xbox 360

Batman Arkham Origins Blackgate adalah game 2.5D dimana efek 3D 50:50 efek 2D. Gaya permainannya adalah metroidvania side-scrolling. Dimana mayoritas permainan berjalan mengarah kesamping kanan maupun kiri.

Batman dalam seri Arkham Origins Blackgate dihadapkan dengan masalah besar, dimana para penjahat mengambil alih penjara Gotham.

16. Batman: Arkham Origins (Mobile)

Batman Arkham Origins Mobile
Developer:NetherRealm Studios
Genre:Beat ‘em Up
Rilis:2013
Platform:Android, iOS

Batman Arkham Origins Mobile memiliki gameplay yang berbeda dengan versi PC maupun consolenya.

Ia datang dengan genre Beat ‘em Up alias klik tap untuk meluncurkan serangan. Tak perlu sulit untuk dimainkan, karena kamu hanya perlu menunggu momentum serangannya saja.

Dari segi cerita tak jauh beda dengan cerita versi PC maupun consolenya. Bahkan daftar penjahatnya pun sama, mulai dari Deathstroke, Two-Face, hingga Bane.

Alur cerita dalam game disajikan mengikuti level game kamu. Poin-poin yang diterima dalam pertempuran dapat digunakan untuk mengupgrade skill, menambahkan alat canggih Batman, hingga ketahanan armor.

17. Batman: Arkham City Lockdown

Batman Arkham City Lockdown
Developer:NetherRealm Studios
Genre:Beat ‘em Up
Rilis:2011
Platform:Android, iOS

Arkham City Lockdown memiliki gameplay yang sama seperti Arham Origins Mobile. Gameplaynya sendiri sangat mudah, klik atau geser untuk melancarkan serangan.

Informasi tambahan, NetherRealm Studios selaku developer game Arkham City Lockdown dan Arkham Origins Mobile ini juga mengembakan game Mortal Kombat dan Injustrice lho.

Jadi jika kamu pernah bermain game Mortal Kombat maupun Injustice versi PC, console, maupun mobile, maka gameplaynya ya tak jauh-jauh berbeda dengan game-game tersebut.

Di Arkham City Lockdown kamu akan berhadapan dengan Two-Face, Deathstroke, Solomon Grundy, hingga Joker.

18. Batman: Dark Tomorrow

Batman Dark Tomorrow
Developer:Kemco
Genre:Action Adventure
Rilis:2003
Platform:Xbox, GameCube

Batman Dark Tomorrow adalah game action Batman lawas yang hanya hadir di platform Xbox maupun GameCube.

Dari segi tampilannya tak jauh beda dengan Batman Vengeance. Dalam game ini dibumbui tema stealth yang menuntutmu untuk beraksi dalam senyap.

Uniknya, Batman Dark Tomorrow menyediakan pilihan ending yang berbeda. Baik atau buruknya ending dapat dinilai dari bagaimana pemain bertindak selama dalam misi terakhir.

Memiliki ending bervariasi untuk game tahun 2003 adalah sesuatu yang sangat langka, apalagi poin tambahnya ini adalah game dengan tokoh Batman di dalamnya.

19. Batman: Gotham City Racer

Batman Gotham City Racer
Developer:Sinister Games
Genre:Racing
Rilis:2001
Platform:PlayStation

Sebelum judul permainan Batman didominasi oleh genre Action Adventure, dahulu judul-judul permainan Batman ada beberapa yang datang dari genre berbeda.

Sebut saja genre Racing. Yup, benar, genre Racing dimana kamu bisa balapan dengan menggunakan Batmobile.

Game ini diadaptasi dari seri kartunnya yang berjudul The New Batman Adventures, dimana dalam gamenya ada banyak menampilkan cuplikan dalam seri animasinya.

20. Batman & Robin

Batman & Robin Game
Developer:Probe Entertainment
Genre:Action Adventure
Rilis:1998
Platform:PlayStation

Walau keuntungan game dan filmnya tak terlalu bagus, namun dari segi gameplaynya bisa dikatakan cukup menghibur. Apalagi untuk sekelas tampilan game PlayStation 1.

Permainan Batman & Robin ini mengadaptasi cerita dari filmnya yang berjudul sama. Bahkan penjahat-penjahat hingga lingkungan yang dihadirkan pun sama, hadir juga di filmnya.

Kalau kamu sudah terbiasa bermain game masa kini, dan bermain game keluaran dulu, mungkin akan terasa berbeda, terlebih dalam gerakannya pun terasa lambat.

Tapi jika kamu tipe pemain yang tak memperdulikan tampilan maupun kecepatan game, maka Batman & Robin ini akan cukup menghiburmu ketika kamu memainkan gamenya.

Kesimpulan

Nah jadi itu tadi beberapa kumpulan judul game Batman terbaik sepanjang masa yang dinilai dari segi cerita dan gameplaynya.

Beberapa judul diatas memang hanya tersedia untuk console keluaran lama, bahkan perangkatnya sendiri saat ini sudah tak produksi lagi.

Jika kamu ingin memainkan judul Batman di perangkat lawas, maka jalan terbaiknya adalah menggunakan emulator.

Asumsinya jika kamu tidak memiliki console lawas tersebut (seperti PS1, GameCube, Xbox Gen1, dan lain-lain).

Akhir kata dari kami, selamat bermain dan selamat berjuang memberantas kejahatan sebagai Batman!

Silahkan Bagikan:

Artikel Terbaru

30 Game Dragon Ball Terbaik Sepanjang Masa yang Seru Abis!

Kamehameha! Yup, itulah yang akan disebutkan oleh Goku ketika...

15 Game Spiderman Terbaik dan Paling Seru Sepanjang Masa

Semua orang tentunya suka dengan game SpiderMan bukan? Tokoh...

Cheat GTA Vice City PC dan PlayStation Terlengkap di Dunia!

Apakah kamu mencari kumpulan daftar cheat GTA Vice City...

Cheat GTA 3 PC, PlayStation, dan Xbox Terlengkap di Dunia!

Apakah kamu mencari kumpulan daftar cheat GTA 3 untuk...

Cheat The Sims 4 PC, PlayStation, dan Xbox Terlengkap di Dunia!

Seluruh cheat The Sims 4 PC, PlayStation, dan Xbox...