in

30 Game Fighting Terbaik dan Terpopuler Saat Ini!

Kami telah mengumpulkan puluhan game fighting terbaik dan terpopuler yang bisa kamu mainkan sekarang bersama teman ataupun sendirian, dan pastinya gak bikin bosan!

Tahukah kamu, game fighting awalnya sangat populer di permainan arcade. Lalu sejak saat itu, genre ini berkembang dari tahun ke tahun hingga bisa dimainkan di konsol, pc, maupun mobile.

Walau kelihatannya sederhana, nyatanya game fighting sangat seru dimainkan, baik itu bersama teman ataupun sendirian.

Kenapa genre fighting jadi salah satu genre game yang populer? Karena genre satu ini sering disertakan dalam banyak kompetisi e-sport.

Kalau kamu termasuk orang yang menikmati genre fighting, maka beberapa judul game berikut ini wajib kamu mainkan juga.

Berikut kami sajikan puluhan rekomendasi game fighting terbaik dan terpopuler, yang memiliki alur permainan menarik dan gak bikin kamu cepat bosan!

1. Super Smash Bros. Ultimate

Game Fighting Super Smash Bros. Ultimate

Genre: Fighting
Rilis:
2018
Tersedia Untuk:
Nintendo Switch

Super sekali!, itu mungkin kalimat yang menggambarkan game Super Smash Bros Ultimate ini.

Dengan banyaknya karakter yang hadir dalam game (baik dari franchise yang sama atau pihak ketiga), membuat para penggemar dari karakter tersebut seakan merasa terpuaskan.

Jarang-jarang kan kamu bisa bermain menjadi Pikachu, Link atau Pac-Man lalu bertanding melawan Sonic, Kirby, ataupun Mario sendiri.

Game ini bisa dimainkan hingga delapan pemain dimana karakter masing-masing pemain harus mencoba menjatuhkan satu sama lain dari sebuah arena.

Selain itu ada banyak macam mode permainan, mulai dari Smash, Squad Strike, Tourney, Special Smash, Classic Mode, Training, Mob Smash, Adventur Mode, dan Spirit Board.

Karakter yang hadir juga banyak mulai dari karakter game anak-anak, Kirby hingga karakter game dewasa, Solid Snake dari game Metal Gear Solid.

2. Tekken 7

Game Fighting Tekken 7

Genre: Fighting
Rilis:
2017
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One

Tekken adalah salah satu game fighting terbaik yang pernah ada. Awal mulanya populer dalam arcade, lalu mulai merambah kedalam konsol dan juga PC, disana Tekken meraih kepopuler yang tak kalah besar dari arcade.

Saat artikel ini ditulis, seri Tekken terbaru adalah Tekken 7, dirilis awal 2015 untuk arcade, dan tahun 2017 untuk PC, PS4, dan Xbox One.

Fokus utama game Tekken adalah pertarungan 1v1, dengan tiga macam fitur gameplay; Rage Art, Power Crush, dan Screw hits.

3. Dragon Ball FighterZ

Game Fighting Dragon Ball FighterZ

Genre: Fighting
Rilis:
2018
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch

Dragon Ball FighterZ menghadirkan berbagai macam karakter dari semesta Dragon Ball, namun sayangnya tak selengkap seri Dragon Ball: Budokai Tenkaichi yang pernah hadir pada konsol PlayStation dan Xbox generasi dua maupun tiga.

Pemain dapat memilih tim yang terdiri dari 3 karakter untuk dimainkan bertarung dengan pemain lawan ataupun komputer.

4. Mortal Kombat 11

Game Fighting Mortal Kombat 11

Genre: Fighting
Rilis:
2019
Tersedia Untuk:
PC, PS5, Xbox Series X/S, PS4, Xbox One, Nintendo Switch, Stadia

Mortal Kombat termasuk salah satu franchise game fighting terbaik yang pernah ada. Secara tidak langsung dari segi cerita, Mortal Kombat 11 adalah sekel dari Mortal Kombat X.

Fitur terkenal dari game Mortal Kombat juga hadir dalam game ini, seperti: Fatalities, Brutalities, Stage Fatalities, Friendships dan Qualities.

Uniknya, Mortal Kombat hadir dengan banyak karakter tamu dari franchise lain, seperti Joker, Robocop, hingga Terminator.

5. Street Fighter V

Game Fighting Street Fighter V

Genre: Fighting
Rilis:
2016
Tersedia Untuk:
PC, PS4

Street Fighter V mengusung gameplay pertarungan 2.5D seperti seri game sebelumnya, dimana pemain memakai berbagai kombinasi serangan dan kemampuan khusus untuk melumpuhkan lawan bermain.

Fitur terkenal dalam game ini adalah Stun Meter, dimana akan meningkat ketika menerima serangan berturut-turut, dan ketika stun meter penuh maka pemain bisa bermain secara ofensif.

Street Fighter juga termasuk salah satu franchise game pertarungan terbaik yang sering hadir dalam kompetisi e-sport, berdampingan dengan Tekken dan Dear or Alive.

6. Mortal Kombat X

Mortal Kombat X

Genre: Fighting
Rilis:
2015
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One

Mortal Kombat X menjadi alternatif terbaik untuk gamers Indonesia yang tak bisa memainkan Mortal Kombat 11. Kenapa? Karena Mortal Kombat 11 tidak hadir di Indonesia. Rumornya sih banyak adegan yang tak layak untuk gamer Indonesia.

Dari segi gameplaynya tak jauh beda dengan Mortal Kombat 11. Tersedia mode cerita yang dimana mengambil latar 25 tahun setelah cerita dalam game Mortal Kombat 9.

Lalu ada juga mode Tower mode, dan Krypt yang dimainkan dalam perspektif orang pertama dimana pemain menjelajahi arena untuk membuka berbagai item dalam game.

7. Ultimate Marvel vs Capcom 3

Ultimate Marvel vs Capcom 3

Genre: Fighting
Rilis:
2011
Tersedia Untuk:
PC, PS4, PS3, Xbox One, Xbox 360

Ultimate Marvel vs Capcom 3 menampilkan karakter dari kedua franchise, dari video game Capcom dan seri komik Marvel.

Pemain bisa memilih tim yang terdiri dari tiga karakter untuk bertarung dengan pemain lawan atau komputer. Bahkan pengalaman bermain pun diperluas dengan mode multiplayer onlinenya.

8. Soulcalibur VI

Soulcalibur VI

Genre: Fighting
Rilis:
2018
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One

Secara garis besar gameplay Soulcalibur VI tidak ada perbedaan dari seri sebelumnya dimana pemain saling bertarung dengan senjatanya masing-masing.

Soulcalibur VI masih menggunakan tampilan 3D. Beberapa elemen yang masih ada dalam game ini antara lain: 8-Way Run, Guard Impact, dan pembuatan karakter.

9. Injustice 2

Game Injustice 2

Genre: Fighting
Rilis:
2017
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One, Android, iOS

Injustice 2 adalah game pertarungan dimana pemain satu sama lain bertarung menggunakan karakter dari semesta DC Comics dan franchise pihak ketiga lainnya.

Injustice 2 banyak mempertahankan mekanisme gameplay dari Injustice: Gods Among Us, seperti interaksi lingkungan, transisi panggung dan bentrokan dari para karakter.

10. Samurai Shodown

Game Samurai Shodown

Genre: Fighthing
Rilis:
2019
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One, Nintendo Switch, Stadia

Samurai Shodown yang rilis tahun 2019 adalah versi reboot dari versi game pertamanya yang rilis pada tahun 1993.

Game Samurai Shodown adalah seri game pertarungan terbaik yang hampir seluruh gamenya hadir dalam versi arcade. Walau sempat terhenti di 2009, untungnya ia lahir kembali dalam versi reboot di tahun 2019.

11. BlazBlue: Cross Tag Battle

BlazBlue Cross Tag Battle

Genre: Fighting
Rilis:
2018
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Nintendo Switch

BlazBlue adalah salah satu game pertarungan terbaik yang menampilkan karakter berbeda dari setiap seri, termasuk BlazBlue, Persona 4, Under Night In-Birth dan RWBY.

Lalu ada DLC yang juga menambahkan karakter seperti Arcana Heart, Senran Kagura dan Akatsuki Blitzkampf.

12. Skullgirls

Skullgirls

Genre: Fighting
Rilis:
2012
Tersedia Untuk:
PC, PS4, PS3, Xbox 360, Nintendo Switch, Android, iOS

Skullgirls memiliki beberapa mekanisme permainan seperti tag-tim, bantuan karakter, snapback, dan kombo. Game ini memiliki mode cerita, mode arcade, mode versus, tutorial, dan online.

13. Brawlhalla

Brawlhalla

Game: Fighting
Rilis:
2017
Tersedia Untuk:
PC, PS5, PS4, Xbox One, Nintendo Switch, Android, iOS

Brawhalla adalah game pertarungan online yang bisa kamu mainkan secara gratis. Game ini dikembangkan oleh Ubisoft.

Mode permainan utamanya adalah menjatuhkan lawan dari panggung yang hampir mirip dengan gameplay Super Smash Bros.

Pemain yang memiliki setidaknya minimal satu nyawa atau pemain dengan poin terbanyak yang tersisa terakhir di panggung adalah pemenangnya.

Brawhalla juga mendukung mode online lokal dimana hingga 8 pemain bisa berpartisipasi dalam pertandingan. Para pemain juga bisa bergabung dengan pemain lain dan membuat klan.

14. The King Of Fighters XIV

Game The King Of Fighters XIV

Genre: Fighting
Rilis:
2016
Tersedia Untuk:
PC, PS4

The King of Fighters XIV adalah seri pertama dari franchise The King of Fighters yang sepenuhnya menggunakan tampilan 3D pada karakter yang dimainkan, dengan ditemani background 2D.

Pemain dapat memilih tiga karakter untuk dimainkan. Dalam mode cerita, karakter yang dipilih sering berinteraksi tergantung pada hubungan mereka. Setelah delapan putaran, pemain baru akan melawan dua bos.

15. Dead or Alive 6

Game Fighting Dead or Alive 6

Genre: Fighting
Rilis:
2019
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One

Menarik, adalah salah satu kata yang menggambarkan game Dead or Alive 6 ini. Terdapat fitur baru yang digunakan dalam game, yaitu gerak lambat (slowmotion) ketika serangan mengenai musuh, mirip fitur dalam game Mortal Kombat.

Dead or Alive 6 juga datang dengan mode kostumisasi kostum. Bahkan menambahkan efek darah dan efek fisik baru yang tampil seperti keadaan nyatanya.

Di cap sebagai salah satu game pertarungan terbaik membuat Dead or Alive sering menghadiri berbagai macam kompetisi e-sport untuk kategori game fighting.

16. Marvel vs Capcom: Infinite

Marvel vs Capcom Infinite

Genre: Fighting
Rilis:
2017
Tersedia Untuk:
PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One

Marvel vs Capcom Infinite menghadirkan pertarungan dua lawan dua, mirip seperti Marvel v Capcom Clash of Super Heroes di seri sebelumnya dalam franchise ini.

Untuk seri terbaru ini, dari sisi Marvel banyak menyuntikan pahlawan baru seperti Captain Marvel, Thanos, hingga Dr Strange. Untuk sisi Capcom sendiri masih dengan karakter yang sama dari sebelumnya.

17.  Jump Force

Jump Force

Genre: Fighting
Rilis:
2019
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch

Jump Force adalah game fighting terbaik yang menampilkan berbagai karakter dari seri manga yang terbit di Weekly Shonen Jump Shueisha. Game ini hadir untuk memperingati ulang tahun ke-50 mereka.

Jump Force menggunakan mode pertarungan 1v1 dimana pemain dapat mengontrol tim yang terdiri dari tiga karakter dari berbagai seri manga pilihan di Weekly Shonen Jump.

Satu karakter dimainkan, dua karakter lainnya menjadi karakter bantuan yang bisa digunakan sewaktu-waktu karakter pilihan pertama habis staminanya.

18. My Hero One’s Justice 2

My Hero One’s Justice 2

Genre: Fighting
Rilis:
2020
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch

My Hero One’s Justice 2 adalah sekuel dari game pertamanya yang berjudul sama. Ini adalah game pertarungan 3D dengan karakter dari seluruh hero dan villain dalam seri manga My Hero Academia.

19. Power Rangers: Battle for the Grid

Power Rangers Battle for the Grid

Genre: Fighting
Rilis:
2019
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch, Stadia

Power Rangers Battle for the Grid mungkin menjadi salah satu pilihan game pertarungan terbaik bagi para gamers yang ingin bernostalgia dengan berbagai macam karakter dari semesta Power Rangers ini.

Pemain dapat berkompetisi dalam pertarungan yang terdiri dari tiga karakter dimana terlibat dalam pertarungan satu lawan satu antar pemain atau dengan komputer. Pemain dapat beralih karakter kapan saja.

Ada berbagai mode yang tersedia, seperti: Mode Ranked Online, Arcade, Versus, Casual Online, Training, dan Story Mode.

20. Naruto to Boruto: Shinobi Striker

Naruto to Boruto Shinobi Striker

Genre: Fighting
Rilis:
2018
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One

Naruto to Boruto Shinobi Striker memungkinkanmu bertanding dalam pertarungan 4v4 dengan kedelapan pemain bertarung secara bersamaan.

Game ini juga hadir dengan mode pembuatan karakter sendiri, hadir untuk pertama kalinya.

Karakter dalam game tidak sekomplit karakter dalam game Naruto Ultimate Ninja Storm 4, namun dari segi gameplay bisa dibilang lumayan baik.

21. Dragon Ball Z: Kakarot

Game Dragon Ball Z Kakarot

Genre: Fighting, Action role-playing
Rilis:
2020
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One

Dragon Ball Z Kakarot mungkin berbeda dari seri game Dragon Ball sebelumnya, dimana pada game ini kamu tidak hanya difokuskan pada pertarungan saja melainkan juga pada petualangan, latihan, hingga pengumpulan bahan makanan untuk penambah stamina.

Pemain dapat bertempur melawan musuh tergantung kondisi staminanya, dimana jika staminamu kurang maka kamu tidak layak untuk melawan musuh yang kekuatannya berada diatas kamu. Pertarungan mengikuti cerita utama dari seri Dragon Ball Z.

Saat ini tersedia tujuh karakter yang dapat dimainkan, seperti Goku, Vegeta, Gohan, Piccolo, Future Trunks, Gotenks, dan Vegito. Semua karakter dapat dimainkan mengikuti alur cerita dalam game.

Dragon Ball Z Kakarot adalah game pertarungan petualangan terbaik dari semesta Dragon Ball, wajib kamu mainkan jika kamu memang menyukai alur cerita dari anime Dragon Ball.

22. Kimetsu no Yaiba: Hinokami Kepputan

Kimetsu no Yaiba Hinokami Kepputan

Genre: Fighting
Rilis:
2021
Tersedia Untuk:
PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One

Kimetsu no Yaiba Hinokami Kepputan adalah game fighting terbaik yang datang dari salah satu manga populer di Jepang berjudul Kimetsu no Yaiba.

Dalam game ini ada dua mode yang paling menarik, yaitu mode Solo Play Mode, dan Versus Mode.

Solo Mode, pemain dapat memainkan game dengan mengikuti alur cerita di anime Kimetsu no Yaiba, dengan bermain sebagai Tanjiro Kamado.

Versus Mode, pemain dapat bermain sebagai dua karakter dari anime, termasuk Tanjiro Kamado atau Nezuko Kamado dalam pertandingan 2v2 dengan maksimal dua pemain. Mode offline ataupun online.

Karakter dari game ini juga lumayan banyak, menampilkan beberapa karakter penting yang pernah hadir di anime Kimetsu no Yaiba.

23. Dragon Ball Xenoverse 2

Dragon Ball Xenoverse 2

Genre: Fighting, Role-playing
Rilis:
2016
Tersedia Untuk:
PC, PS5, PS4, Xbox One, Nintendo Switch, Stadia

Dragon Ball Xenoverse 2 adalah game pertarungan petualangan di dunia Dragon Ball. Gameplay Dragon Ball Xenoverse 2 sangatlah sama seperti seri sebelumnya, dimana kamu menciptakan sebuah karakter lalu berpetualang di dunia Dragon Ball.

Seri Dragon Ball Xenoverse sebenarnya memiliki potensi besar menjadi game fighting Dragon Ball terbaik yang pernah ada, seperti Budokai Tenkaichi, namun sayangnya ketersediaan karakter di game ini terbatas.

Ketika megikuti alur cerita, kamu akan bertemu banyak karakter penting dalam dunia Dragon Ball. Setelah kamu mengalahkan musuh, karakter tersebut akan tersedia dalam mode Fighting 1v1.

24. Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4

Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 4

Genre: Fighting, Action
Rilis:
2016
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch

Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 4 adalah game Naruto paling terbaik yang pernah ada, dimana dari segi cerita sangat memuaskan dan hampir sama seperti cerita originalnya.

Hal yang membuat game ini sempurna adalah pilihan karakternya sangat banyak, mengikuti karakter penting yang muncul di serial manga dari Naruto hingga Shippuden.

Untuk gameplay masih sama seperti seri Ultimate Ninja Storm sebelumnya, dimana pemain saling bertarung di arena dalam tampilan 3D.

Tersedia juga DLC Road to Boruto dimana game berfokus pada dunia desa ninja Konoha yang sama setelah era Shippuden. Karakter tambahannya pun ada Sarada, Mitsuki dan Boruto.

25. One Piece Burning Blood

One Piece Burning Blood

Genre: Fighting
Rilis:
2016
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One

One Piece terkenal dengan banyak karakternya yang unik, jika saja One Piece membuat game seperti Naruto Ultimate Ninja Storm, maka bisa dikatakan hasilnya akan sangat luar biasa. Dimana karakter penting One Piece sepanjang seri manga dihadirkan dalam game.

Dari segi gameplay hampir sama seperti Naruto Ultimate Ninja Storm, bertarung dalam tampilan 3D. Pemain bertarung 1v1 hingga 9v9.

26. Guilty Gear Strive

Guilty Gear -Strive-

Genre: Fighting
Rilis:
2021
Tersedia Untuk:
PC, PS5, PS4

Seri terbaru dari Guilty Gear masih mempertahankan tata letak tombol yang sama seperti seri sebelumnya.

Dari segi cerita sendiri, Guilty Gear -Strive- mengambil alur cerita kejadian setelah protagonis mengalahkan ancaman yang dikenal sebagai Universal Will.

27. BlazBlue: Central Fiction

BlazBlue Centralfiction

Genre: Fighting
Rilis:
2016
Tersedia Untuk:
PC, PS4, PS3, Nintendo Switch

BlazBlue Central Fiction adalah game terakhir dimana Ragna sebagai protagonis utama (bukan game terakhir seri BlazBlue).

BlazBlue Central Fiction memiliki mode cerita yang lebih dari 40 jam, dimana cerita dibagi menjadi tiga bagian.

Semua 28 karakter di BlazBlue: Chrono Phantasma Extend hadir dalam seri game Centrafiction ini. Menjadikan karakter yang bisa dimainkan bertotal 36 karakter.

28. One Punch Man: A Hero Nobody Knows

One Punch Man A Hero Nobody Knows

Genre: Fighting, RPG
Rilis:
2020
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One

One Punch Man A Hero Nobody Knows adalah game fighting terbaik yang memiliki gameplay unik. Tahu kan kalau Saitama itu overpower? Yup, demikian juga dalam game ini.

Kamu bisa bermain dengan berbagai karakter yang terdiri dari tiga karakter pilihan. Lalu jika kamu memilih Saitama sebagai karakter pilihan, maka ia akan datang terlambat, diakhir menit atau setelah karaktermu memiliki sedikit stamina.

Versi alternatif Saitama yang disebut versi mimpi juga bisa dimainkan, tentunya tidak sekuat versi Saitama yang asli.

29. Saint Seiya: Soldiers’ Soul

Saint Seiya Soldiers’ Soul

Genre: Fighting
Rilis:
2015
Tersedia Untuk:
PC, PS4, PS3

Saint Seiya Soldiers’ Soul termasuk game pertarungan terbaik yang membuat pemain kelahiran 90-an bisa bernostalgia dengan karakter-karakternya yang hadir dalam game.

Game Soldiers’ Soul ini menjadi game pertama Saint Seiya yang menyertakan alur Asgard dimana para karakternya menggunakan baju dewa mereka.

30. Black Clover: Quartet Knights

Black Clover Quartet Knights

Genre: Fighting
Rilis:
2018
Tersedia Untuk:
PC, PS4

Black Clover Quartet Knights adalah game pertarungan yang diadaptasi dari seri manga Black Clover. Alur cerita dalam game dijadikan sebagai spin-off manga Black Clover oleh author nya.

Pemain dapat bermain dalam tim yang beranggotakan empat karakter, bersaing untuk menyelesaikan satu tujuan. Setiap karakter memiliki kemampuan sihirnya masing-masing.

Masing-masing karakter yang dimainkan memiliki tipe: The Fighter, The Shooter, The Support, dan The Healer.

Fighter berperang bertarung agresif di depan, Shotter menggunakan sihir sebagai petarung lapis kedua, Support bertugas untuk meningkatkan kemampuan petarung di depan, dan Healer bertugas menyembuhkan.

Kesimpulan

Nah jadi itu tadi beberapa rekomendasi game pertarungan terbaik offline maupun online yang bisa kamu mainkan sendiri atau bersama teman.

Semakin bertambahnya tahun, akan selalu hadir game pertarungan yang lebih seru, bisa itu dari adaptasi anime, manga, komik, film, atau datang dengan cerita original.

Apalagi dengan canggihnya teknologi seperti sekarang ini, bisa jadi kedepannya akan ada game fighting berbasi virtual reality. Dimana kamu akan berperan sebagai karakter yang sedang dimainkan. Keren kan?

50 Anime Comedy Terbaik Sepanjang Masa yang Buatmu Terus Tertawa Saat Menontonnya!

50 Anime Slice of Life Terbaik dan Terpopuler, Cerita Kehidupan Biasa Tapi Tetap Seru!