in

30 Game Horror Terbaik Untuk PC yang Bisa Membuatmu Merinding Ketakutan Saat Memainkannya!

Game horror adalah salah satu genre yang populer di industri game, berdampingan dengan game open world, game bertarung, dan game balapan.

Tentu saat memainkan gamenya terkadang sering membuatmu terkejut, bukan membuatmu nyaman malah membuatmu jadi ketakutan, bahkan menjadi was-was.

Sampai detik ini sudah banyak game horror yang beredar, dan dari banyaknya judul game yang beredar, justru developer indie lah yang banyak mengeluarkan genre horror dibandingkan developer ternama.

Terlepas dari siapa yang membuat gamenya, tetap saja game horror selalu bisa dinikmati oleh para pencinta genrenya.

Apabila kamu salah satu penikmat genre horror, maka beberapa judul game horror berikut patut kamu coba mainkan. Siapa tahu kamu merinding ketakutan setelah memainkan gamenya.

1. Outlast 2

Game Horror Outlast 2
Outlast 2

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch
Rilis: April 2017

Outlast 2 mungkin tidak cocok untuk semua orang, tetapi secara bentuk dan alur permainannya tentu bisa dibilang Outlast 2 termasuk salah satu game horror terbaik.

Disini kamu akan bermain sebagai jurnalis yang mencari wanita yang hilang di Arizona. Kamu akan berpetualang di lingkungan gelap dengan bermodal mode night vision pada kamera.

Terbatasnya pengelihatan dalam game ditambah lingkungan sekitar yang gelap dan hanya dibantu oleh mode night vision, tentu akan membuat siapapun yang memainkan game ini bisa merinding ketakutan.

Terlebih di beberapa lokasi kamu akan dihadapkan dengan kejutan-kejutan liar dari sosok-sosok aneh pada lokasi tersebut. Sangat menyeramkan!

2. Man of Medan

Game Man of Medan
Man of Medan

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: Agustus 2019

Man of Medan merupakan game yang mirip seperti film horror kebanyakan, dimulai dari acara kumpul-kumpul bersama teman lalu berakhir menjadi tragedi.

Dalam game ini kamu akan mengendalikan pilihan keputusan dari karakter pada game, tentu dari semua pilihan yang dipilih akan ada dampaknya sendiri-sendiri.

Latar lokasi ada pada kapal berhantu yang dimana lingkungannya sangat menyeramkan dan gelap, hanya sedikit cahaya yang tersedia.

3. Resident Evil 7

Game Horror Resident Evil 7
Resident Evil 7

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch
Rilis: Januari 2017

Resident Evil 7 adalah seri berbeda dari Resident Evil pada umumnya, disini kamu akan bermain dengan tampilan first-person shooter.

Game ini akan membuatmu sulit mendapatkan amunisi, bahkan AI musuh sangat sempurna sehingga bisa menyulitkanmu saat ingin mengalahkannya.

Suasana horror dicampur dengan elemen survival pada game, membuatnya pantas disebut sebagai salah satu seri Resident Evil terbaik.

Oh ya, jika kamu ingin merasakan suasana yang lebih horror saat bermain Resident Evil 7, maka kamu harus mencoba memainkannya dengan perangkat VR.

4. Alien: Isolation

Alien Isolation
Alien Isolation

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch
Rilis: Oktober 2014

Sudah banyak game genre horror yang diadaptasi dari seri film Alien, salah satunya yaitu Alien: Isolation ini.

Namun game yang satu ini berbeda dari yang lain, justru Alien: Isolation membawa angin segar pada seri game Alien. Lebih sempurna dengan tampilan grafisnya, dan juga lebih menakutkan.

Disini kamu harus bertahan hidup dari kejaran alien Xenomorph. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjauh dari alien tersebut.

Atmosfir pada game juga sangat mengesankan, dimana setiap area yang kamu lewati akan sunyi dan tiba-tiba bisa memberikanmu sebuah kejutan (bisa alien muncul atau bisa suara benda jatuh).

5. Lone Survivor

Lone Survivor
Lone Survivor

Tersedia untuk: PC, PS4, MacOs
Rilis: Maret 2012

Dalam game ini kamu akan bermain sebagai orang yang menggunakan topeng, berusaha bertahan hidup dengan mengais-ngais persediaan yang tersebar di setiap lokasi.

Bagaimana caranya kamu bertahan hidup, itu tergantung padamu. Kamu bisa menembak setiap musuh yang menghalangi, atau secara diam-diam bersembunyi untuk menghindari para musuh.

Game Lone Survivor adalah pergabungan antara survival horror, petualangan, dan stealth, semua menjadi satu.

Walau grafik 2D, tetap saja akan memberikanmu rasa merinding saat memainkannya. Terutama saat bertemu musuh seperti Zombie.

6. Alan Wake

Game Horror Alan Wake
Alan Wake

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: Mei 2010

Alan Wake mungkin tidak seperti kebanyakan game bergenre horror yang lain, karena tidak memperlihatkan efek banyak darah atau efek kejut yang biasanya ada pada game bergenre horror kebanyakan.

Walaupun tidak begitu horror saat dimainkan, Alan Wake tetap pantas disebut sebagai game horror terbaik, karena menampilkan efek horror pada cerita gamenya.

Ketika kamu memainkan Alan Wake, kamu seperti sedang di dongengkan, dongeng yang seram tentunya.

Kontrol gamenya pun sangat sederhana, mudah untuk kamu kuasai. Jadi kamu bisa langsung sigap ketika momen-momen menakutkan datang. Entah itu kabur atau menembak musuh.

7. Prey

Game Horror Prey
Prey

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: Mei 2017

Prey adalah game horror yang musuh utamanya adalah alien. Kamu akan ditempatkan pada Talos I, sebuah stasiun luar angkasa yang mengorbit di bulan pada tahun 2032.

Stasiun luar angkasa yang kamu tempati diserbu oleh para alien, dan tugasmu dalam game adalah membasmi alien-alien tersebut dengan persediaan yang ada, termasuk senjata dan amunisi.

8. Little Nightmares

Game Horror Little Nightmares
Little Nightmares

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch, Stadia
Rilis: April 2017

Ada nuansa dongeng dalam game Little Nightmares, namun tentunya bukan dongeng biasa melainkan dongeng super seram, dan tentunya tidak cocok untuk anak kecil.

Dalam game, kamu harus keluar dari The Maw, sebuah lokasi yang tak dijelaskan dalam game yang berisi para makhluk-makhluk aneh.

Walau memiliki cerita yang bagus, sayangnya kontrol game Little Nightmares sering membuat frustasi para pemain, sering terjadi ketika momen-momen genting.

9. Until Dawn

Until Dawn
Until Dawn

Tersedia untuk: PS4
Rilis: Agustus 2015

Until Dawn merupakan game horror terbaik eksklusif untuk PlayStation dengan cerita yang memuaskan dan bisa membuat merinding para pemain.

Bercerita tentang sekelompok remaja yang mencoba pergi berlibur ke wilayah pegunungan yang terisolasi, namun malah menemukan sesuatu yang membuat mereka bisa terbunuh satu-persatu dengan cara yang mengerikan.

Tentu nasib semua karakter ditentukan dari pilihan apa yang pemain pilih. Salah-salah pilih bisa memberikan kematian yang sangat mengerikan pada karakternya.

10. Bloodborne

Game Bloodborne
Bloodborne

Tersedia untuk: PS4
Rilis: Maret 2015

Bloodborne adalah game horror terbaik dengan elemen RPG penuh aksi. Dibilang horror karena setiap lokasi akan memberikanmu efek kejut, ketakutan, sekaligus stres saat berhadapan dengan musuh.

Dari segi gameplay tidak jauh beda dengan seri Dark Soul, memberikan banyak kesulitan untuk para pemain, bahkan karaktermu saja bisa mati berkali-kali hanya karena melawan satu musuh.

11. Inside

Game Horror Inside
Inside

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch, MacOS
Rilis: Juni 2016

Inside datang dengan cerita yang membingungkan namun menyeramkan. Walau game indie, Inside tetap laku keras dipasaran dan menarik banyak pemain untuk mencoba memainkan gamenya.

Dalam game kamu akan memainkan seorang anak kecil berbaju merah, disana kamu akan terus berlari melewati rintangan untuk mencari sesuatu.

Ada banyak rintangan yang akan kamu temui selama dalam game, mulai dari cuaca yang buruk, robot keamanan, putri duyung yang menyeramkan, hingga monster-monster aneh.

Kamu mungkin akan merasa kaget dengan musuh-musuh yang ada dalam game Inside ini, selebihnya kamu akan merasa bingung dengan jalan ceritanya.

Para pemain yang sudah selesai memainkannya saja sampai banyak yang membuat teori-teori terkait game ini. Karena memang jalan cerita gamenya tak berdasar.

12. Metro Exodus

Metro Exodus
Metro Exodus

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One, Stadia
Rilis: Februari 2019

Metro Exodus adalah judul terbaru dalam seri Metro, berlokasi di dunia pasca-kiamat yang dipenuhi berbagai macam monster-monster aneh yang ganas.

Poin utama yang membuat game ini terkesan horror adalah karena banyaknya efek kejut dari setiap monster yang muncul dalam game.

Apalagi didukung dengan musik yang membuat pendengar bisa merinding ketakutan sekaligus was-was.

Masih dengan karakter yang sama, kamu akan bermain sebagai Artyom.

Dalam game bercerita tentang Artyom yang berusaha membantu rekan-rekannya untuk mencari tempat tinggal yang layak, jauh dari para monster.

13. Silent Hill 2

Game Horror Silent Hills 2
Silent Hills 2

Tersedia untuk: PC, PS3, PS2, Xbox 360
Rilis: September 2001

Silent Hill 2 adalah salah satu game horror terbaik lawas yang hadir pada konsol PlayStation 2.

Momen menakutkan yang akan kamu rasakan dalam game adalah ketika bertemu dengan makhluk aneh berkepala piramida yang akan membahayakanmu kemanapun kamu berada.

Setiap sudut kota mati yang kamu datangi dalam game selalu membawa suasana menakutkan, apalagi ditambah dengan bunyi-bunyi aneh dan efek kejut yang bisa membuatmu merinding sekaligus merasa was-was.

Silent Hill 2 tidak hanya berfokus pada elemen horrornya saja, cerita dalam gamenya pun juga sangat menarik untuk kamu ikuti.

14. Outlast

Outlast
Outlast

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch
Rilis: September 2013

Walau ini adalah game pertama dari seri Outlast, kengeriannya saat bermain game ini pun tidak kalah dengan Outlast 2.

Kamu akan bermain menggunakan mode ninght vision pada kamera video, berpetualang dari satu tempat ke tempat lain dengan suasana gelap gulita.

15. SOMA

Game PC SOMA
SOMA

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One, MacOS
Rilis: September 2015

Di game SOMA, kamu akan menjelajahi dasar laut yang penuh rerongsokan mesin-mesin. Selain itu ada juga banyak makhluk aneh yang berkembang biak di tubuh manusia.

Unsur bawah laut dengan rerongsokan mesin-mesin mungkin akan mengingatkan kita pada game Bioshock. Namun dari segi kengeriannya, SOMA lebih mendominasi.

16. Dead Space

Dead Space
Dead Space

Tersedia untuk: PC, PS3, Xbox 360
Rilis: Oktober 2008

Kamu akan bermain sebagai Isaac Clarke, seorang engineer yang terjebak di pesawat ruang angkasa yang terlantar.

Tentu kengerian dimulai saat Isaac tahu kalau ada banyak zombie alien ganas yang haus akan daging manusia berada di pesawat tersebut.

Dead Space lumayan terasa elemen survival nya, karena dalam game kamu akan sering kehabisan amunisi. Apalagi itu terjadi ketika sedang berhadapan dengan para alien.

17. Amnesia: The Dark Descent

Game Horror Amnesia The Dark Descent
Amnesia The Dark Descent

Tersedia untuk: PC, MacOS
Rilis: September 2010

Terasa menakutkan ketika tiba-tiba berada dalam benteng yang dipenuhi monster aneh tanpa mengetahui apapun, dan itu terjadi di game Amnesia: The Dark Descent.

Jika ingin selamat dalam game, kamu harus menjauhi kegelapan, lari dari para monster hingga berusaha mempertahankan kewarasan si karakter utama.

Kamu disini tidak memiliki senjata, tidak bisa juga melawan para monster. Hampir sama seperti game Outlast.

18. Resident Evil 4

Resident Evil 4
Resident Evil 4

Tersedia untuk: PC, PS4, PS3, PS2, Xbox One, Xbox 360, Nintendo Switch
Rilis: Januari 2005

Resident Evil 4 termasuk salah satu game horror dalam seri Resident Evil. Kamu akan kembali memainkan Leon Kennedy, terakhir kali Leon beraksi adalah di seri Resident Evil 2.

Datang sendiri ke suatu desa yang penduduknya dirasuki oleh parasit, lalu hanya bermodalkan satu senjata diawal game tentu itu adalah momen yang mengerikan.

Apalagi ditambah munculnya Chainsawman yang bisa tiba-tiba mengejarmu dari depan maupun belakang.

19. The Evil Within 2

Game Horror Evil Within 2
Evil Within 2

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: Oktober 2017

The Evil Within 2 adalah game survival horror yang mirip seperti seri Resident Evil, dengan visual dan momen-momen yang menakutkan sekaligus membuat was-was.

Memang awal cerita terkesan lambat, namun seiring bermain, kamu akan menemukan inti dari cerita game tersebut.

20. Fatal Frame 2: Crimson Butterfly

Fatal Frame 2
Fatal Frame 2

Tersedia untuk: PS3, PS2, Xbox
Rilis: November 2003

Fatal Frame 2 Crimson Butterfly mengambil kisah horror dalam cerita rakyat Jepang yang terkenal seperti The Ring (Sadako) dan Ju-on.

Tentu hantu-hantu tersebut sangat meresahkan dan menakutkan, satu-satunya cara melawan hantu tersebut adalah dengan kamera kuno.

Terlepas dari elemen menakutkan dalam gamenya, Fatal Frame 2 memiliki alur cerita yang menarik untuk kamu ikuti.

21. World of Horror

World of Horror
World of Horror

Tersedia untuk: PC, PS4, Nintendo Switch, MacOS
Rilis: Februari 2019

World of Horror mungkin tidak begitu menyeramkan seperti game yang lain karena memiliki cerita yang kompleks dengan tampilan grafis 16 bit.

Kamu akan melawan beberapa penampakan menyeramkan dalam sebuah sketsa, dan setiap cerita akan dijelaskan dengan detail namun rumit.

Keseraman dari game ini mirip seperti manga dari Junji Ito, yang selalu memberikan cerita detail dan menyeramkan namun membingungkan.

22. Pathologic 2

Game Horror Pathologic 2
Pathologic 2

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One, MacOS
Rilis: Mei 2019

Kamu akan merasakan mengerikannya memainkan game ini ketika kamu menyusuri lorong-lorong yang berulang.

Pahthologic 2 berlokasi di sebuah kota yang hancur dengan diisi makhluk-makhluk aneh yang bisa saja tiba-tiba menikam dan mengejarmu dari depan maupun belakang.

23. DreadOut 2

DreadOut 2
DreadOut 2

Tersedia untuk:  PC
Rilis: Februari 2020

DreadOut 2 adalah game horror Indonesia, sebuah sekuel dari DreadOut pertama yang berlokasi di sekolahan SMA di daerah Bandung.

Game ini hampir sama seperti Fatal Frame namun dengan hantu-hantu lokal Indonesia tentunya.

Disini kamu akan bermain sebagai Linda, seorang siswi SMA di Bandung. Uniknya Linda berpakaian tak seperti siswi SMA pada umumnya, terlalu menonjolkan banyak hal.

Berbeda dengan DreadOut pertama yang hanya dipersenjatai kamera smartphone, DreadOut 2 memungkinkanmu membunuh hantu dengan bantuan senjata seperti kapak.

24. Blair Witch

Blair Witch
Blair Witch

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch
Rilis: Agustus 2019

Cerita Blair Witch dimulai pada tahun 1996, seorang polisi yang berusaha mencari anak kecil yang hilang di hutan, namun perncarian tersebut malah berujung menjadi tragedi menyeramkan.

Kamu disini hanya bisa lari sana lari sini dengan ditemani sesuatu yang siap mengejutkanmu mulai dari efek bunyi-bunyi aneh, hingga benda yang jatuh secara tiba-tiba.

25. Resident Evil 2 Remake

Resident Evil 2 Remake
Resident Evil 2 Remake

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: Januari 2019

Resident Evil 2 remake termasuk salah satu game horror terbaik dari seri Resident Evil, sebuah remake sempurna dengan cerita yang tetap pada jalur cerita original game klasiknya.

Jika kamu pernah memainkan game klasiknya, maka di game remake ini kamu harus siap-siap kembali berhadapan dengan Mr X, karena di game remake ini Mr X lebih mengerikan dibandingkan game klasiknya.

Kamu akan memainkan Leon dan juga Claire, berdua bersama harus meninggalkan Racoon City untuk bertahan hidup sekaligus menjauh dari serangan para zombie.

Tapi sebelum itu kamu akan dihadapkan dengan zombie ganas yang berwujud aneh-aneh. Tak ketinggalan juga kamu akan dipertemukan kembali dengan Ada Wong. Tentu dengan tampilan yang lebih menarik dibandingkan game klasiknya.

26. Resident Evil 3: Nemesis Remake

Game Resident Evil 3 Nemesis Remake
Resident Evil 3 Nemesis Remake

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: April 2020

Resident Evil 3 Nemesis Remake tentu juga termasuk salah satu seri terbaik dari franchise Resident Evil.

Dengan alur cerita yang tidak merusak cerita original dari game klasiknya. Poin tambahnya, sosok Jill dan Carlos lebih enak dipandang dibandingkan versi lawasnya.

Disini kamu akan dihadapkan kembali dengan ganas dan menyeramkannya sosok Nemesis. Berbeda dengan versi klasik, di versi remake Nemesis lebih cerdas dan memiliki senjata dalam tubuhnya yang sangat kuat.

27. The Forest

The Forest
The Forest

Tersedia untuk: PC, PS4
Rilis: Mei 2014

Dalam game kamu adalah salah satu orang yang selamat dari kecelakaan pesawat, dan terdampar di sebuah hutan yang menyeramkan.

The Forest termasuk game horror PC terbaik yang akan menantang kecerdasanmu dalam bertahan hidup di sebuah hutan yang ditinggali oleh para mutan kanibal yang siap mengerjarmu dimanapun dan kapanpun.

Seperti game survival kebanyakan, kamu bisa membuat sebuah benda hingga senjata dari sumber seadanya, hingga menjelajah ke setiap sudut hutan.

28.  Darkwood

Darkwood
Darkwood

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch
Rilis: Juli 2014

Darkwood adalah game survival dengan elemen horror yang sangat menyeramkan. Kamu harus menjaga karaktermu bertahan hidup dari serangan hantu aneh yang kuat-kuat.

Berlokasi di hutan yang gelap dengan banyaknya efek kejut dan bunyi-bunyi aneh tentu akan membuatmu merasakan ketakutan sekaligus was-was saat memainkan gamenya.

Yang membedakan game ini dengan game yang lain adalah sudut pandang pemainnya, di Darkwood kamu akan memainan karaktermu dari atas (Top-down), bukan FPS (first-person shooter), bukan juga TPS (third-person shooter).

29. Layers of Fear

Layers of Fear
Layers of Fear

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch, MacOS
Rilis: Februari 2016

Sebagian game bergenre horror akan membuatmu terkejut karena musuh atau bunyi yang datang secara tiba-tiba.

Layers of Fear tidak seperti itu. Disini kamu akan menjelajahi rumah yang menyeramkan dan juga kosong. Dipenuhi dengan lukisan gotik yang membingungkan.


Kamu bermain sebagai pelukis yang sedikit terganggu pikirannya dan baru tersadar ketika pulang ke rumah dan mendapati banyak lukisan gotik ciptaannya yang sangat-sangat menyeramkan.

30. Call of Cthulhu

Call of Cthulhu
Call of Cthulhu

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch
Rilis: Oktober 2018

Call of Cthulhu adalah game bergenre horror yang mengharuskanmu menginvestigasi setiap lokasi dalam gamenya.

Disini kamu akan bermain sebagai investigator bernama Pierce yang dikirim untuk mencari tahu tragedi kematian yang dialami oleh keluarga Hawkins di pulau terisolasi bernama Darkwater.

Seiring cerita berjalan, Pierce akan menemukan banyaknya keanehan, konspirasi, hingga mahkluk serta bunyi-bunyi aneh yang bisa tiba-tiba mengagetkanmu saat bermain.

Bonus: P.T.

P.T
P.T

Tersedia untuk: PS4 (Hanya Demo)
Rilis: Agustus 2014 (Hanya Demo)

P.T. adalah demo game yang berhubungan dengan seri Silent Hill terbaru, namun sayangnya game tersebut sampai saat ini tidak pernah rilis.

Dalam game P.T. kamu akan ditempatkan pada ruangan yang berputar tanpa batas dengan ditemani sosok hantu menyeramkan sekaligus mengerikan.

Di P.T. juga banyak tersedia misteri-misteri yang bisa kamu pecahkan, seperti misteri kematian seorang gadis yang hantunya selalu muncul di dalam game P.T.

Jadi itulah beberapa judul game yang menyeramkan dan bisa membuatmu ketakutan sampai merasakan was-was saat memainkannya.

Apapun judul game yang kamu pilih, pastikan kamu sudah siap mental sebelum memainkannya ya.

Karena jika belum siap, bisa-bisa kamu akan pingsan saat hantunya muncul secara tiba-tiba di depan monitor.

Akhir kata dari kami, selamat bermain!

30 Game Balap Mobil Terbaik Untuk Android yang Penuh Tantangan Namun Mengasyikan!

game FPS terbaik Call of Duty Mobile

11 Game FPS Terbaik Android yang Harus Kamu Mainkan Segera!