in

35 Game Multiplayer Online Terbaik yang Bikin Kamu Ketagihan Main Lagi & Lagi!

Kami telah mengumpulkan puluhan game multiplayer online terbaik yang membuat pengalaman bermainmu bersama teman jadi tambah seru!

Mode single-player tentu ada titik akhirnya, dimana cerita karakter utama dianggap selesai ketika sudah melewati akhir cerita.

Setelah menyelesaikan cerita pada game single-player, yang tersisa dalam game hanya side activities saja yang bisa kamu mainkan.

Namun berbeda dengan mode multiplayer, dimana permainan utama tidak ada akhir dan bisa kamu mainkan lagi dan lagi.

Koneksi internet yang stabil adalah semua yang kamu butuhkan untuk menikmati apa yang ditawarkan dalam game multiplayer online.

Kalau kamu bingung mau mainkan judul game yang mana, berikut Wokeeh berikan kumpulan game multiplayer online terbaik yang harus kamu pertimbangkan untuk dimainkan!

1. Among Us

Game Multiplayer Online Among Us
Among Us

Genre: Party, Social Deduction
Rilis:
2018
Tersedia Untuk:
PC, Android, iOS

Among Us adalah salah satu game multiplayer online terbaik saat ini, dimana kamu bermain multiplayer mulai dari empat hingga sepuluh orang.

Permainan berlangsung disalah satu dari tiga peta, mulai dari pesawat ruang angkasa The Skeld, sebuah markas bernama MIRA HQ, hingga pangkalan planet yang disebut Polus.

Diawal permainan, Crewmates diberikan tugas disekitar peta dalam bentuk mini games, terdiri dari pekerjaan merawat sistem kapal, menyambung kabel, mengisi bahan bakar, dan lainnya.

Ada satu hingga tiga pemain yang dipilih sebagai penipu, tugasnya membunuh pemain atau menyabotase pekerjaan pemain lain.

Ketika ada yang tidak beres, maka ada pertemuan dadakan (emergency meeting), dimana para pemain bisa saling tuduh menuduh siapa pelakunya. Salah menuduh, pemain yang tak salah pun bisa dirugikan.

Momen tuduh menuduh inilah yang membuat Among Us menjadi game favorit banyak orang, dimana semua orang bisa memainkannya, Android, iOS, bahkan PC spek kentang sekalipun.

2. Fall Guys: Ultimate Knockout

Game Multiplayer Fall Guys Ultimate Knockout
Fall Guys: Ultimate Knockout

Genre: Battle Royale
Rilis:
2020
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Android, iOS

Masih ingat dengan acara Takeshi’s Castle atau di Indonesia disebut Benteng Takeshi? Kalau kamu suka dengan acaranya, maka kamu harus memainkan game Fall Guys satu ini.

Fall Guys: Ultimate Knockout adalah game multiplayer online bergenre Battle Royale yang mengambil konsep permainan dalam acara Takeshi’s Castle.

Bisa 60 pemain berpartisipasi dalam game ini, saling bersaing dengan gemaplay gaya battle royale yang mengasyikan.

Pemain dipresentasikan berbentuk seperti boneka jellybean yang bisa bergerak, melompat, dan memanjat.

Tujuan game ini adalah lolos ke babak berikutnya dengan cara melewati berbagai mini game yang dipilih secara acak.

Pemenang pertandingan ini adalah pemain terakhir yang bisa bertahan dari setiap mini games yang tersedia dalam setiap babak. Dari puluhan pemain, hanya satu yang boleh menang. Mirip permainan dalam acara Takeshi’s Castle.

3. Minecraft

Minecraft Multiplayer
Minecraft

Genre: Sandbox, Survival
Rilis:
2011
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch, Mac, Linux, Android, iOS

Minecraft sendiri adalah salah satu game open world terpopuler di dunia, dengan lebih dari jutaan video gameplay yang telah dibuat para streamer dan juga Youtuber gaming.

Di Minecraft, kamu bisa bermain dengan tampilan first-person perspective sebagai default nya, dan juga bisa memilih third-person perspective sebagai pilihan alternatifnya.

Dalam game Minecraft tidak ada tujuan spesifik yang diraih, tidak ada cerita, tidak ada level, hanya eksplorasi di dunia blok 3D dengan ditemani berbagai makhluk normal hingga menyeramkan.

Untuk memainkan mode multiplayer Minecraft, kamu bisa menggunakan LAN, atau dalam server tersendiri. Ada operator yang mengatur segala batasan pemain yang ingin masuk ke dalam salah satu server di Minecraft.

Server terbesar saat ini adalah Hypixel, dimana server tersebut telah dikunjungi lebih dari 14 juta pemain dari berbagai dunia.

Dalam mode multiplayer Minecraft, kamu bisa bermain dalam mode Player versus Player (PvP), atau hanya sekedar eksplorasi biasa bersama teman.

Banyak server Minecraft yang memiliki plugin khusus yang membuatmu bisa melakukan hal apapun yang tidak bisa dilakukan dalam mode single-player nya.

4. Counter-Strike: Global Offensive

Game Multiplayer Counter=strike Global Offensive
Counter-strike: Global Offensive

Genre: First-person shooter
Rilis:
2012
Tersedia Untuk:
PC, Mac, PS3, Xbox 360, Linux

Sangat disayangkan pengguna Console generasi terbaru tidak bisa menikmati game FPS multiplayer yang pernah populer ini, sebelum dilengserkan oleh Call of Duty dan PUBG.

Counter-Strike: Global Offensive termasuk salah satu game multiplayer online terbaik yang rilis pada tahun 2012. Game ini dikembangkan oleh Valve.

Permainannya sangat sederhana, dua tim lawan yang dikenal sebagai teroris dan polisi bersaing dalam mode permainan seperti mengamankan lokasi, menjinakan bom, atau menyelamatkan sandera.

Diakhir putaran, para pemain akan diberikan hadiah berdasarkan kinerja setiap individu pemain. Hadiah tersebut berupa mata uang dalam game yang bisa dibelanjakan untuk membeli senjata atau alat bantu lainnya.

Tim pemenang diberikan hadiah lebih banyak daripada tim yang kalah. Uniknya, jika ada pemain yang membunuh rekan satu tim sendiri, maka akan diberikan hukuman.

5. PLAYERUNKNOWN’S BATTLEGROUNDS

PUBG Mutliplayer
Playerunknown’s Battlegrounds

Genre: Battle Royale
Rilis:
2017
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One, Android, iOS, Stadia

PLAYERUNKNOWN’S BATLEGROUNDS atau disingkat PUBG adalah game player versus player (PvP) dimana bisa hingga seratus pemain bertarung dalam mode battle royale, mode pertandingan bertahan hidup hingga akhir babak.

Pemain dapat memilih pertandingan solo, duo, atau dengan tim kecil yang terdiri dari empat orang. Minimal satu orang yang hidup dalam salah satu tim hingga akhir, maka tim tersebut bisa dianggap sebagai pemenang.

Permainan dimulai dengan para pemain terjun payung dari pesawat ke salah satu peta. Ketika sudah mendarat, pemain harus mencari perlengkapan khusus, mulai dari senjata, armor, hingga kendaraan.

Karena awal permainan, pemain tidak diperlengkapi apapun. Hal ini juga bisa dianggap sebuah keuntungan untuk tim lawan yang sudah lebih dulu mendapatkan perlengkapan khusus.

Setiap beberapa menit, area dapat menyusut ke lokasi yang lebih kecil secara acak. Apabila ada pemain yang keluar dari zona aman, maka akan tersingkirkan.

Hampir sama seperti Counter Strike, dimana setiap pemain atau tim pemenang akan mendapatkan hadiah berupa mata uang dalam game, bisa dibelanjakan untuk senjata, atau perlengkapan lainnya.

6. DOTA 2

DOTA 2 Gameplay
DOTA 2

Genre: MOBA (multiplayer online battle arena)
Rilis:
2013
Tersedia Untuk:
PC, Mac, Linux

DOTA 2 juga termasuk salah satu game multiplayer online PC terbaik yang paling banyak dimasukan ke dalam kompetisi E-Sport semenjak awal rilisnya. Game ini sendiri dikembangkan oleh Valve.

Permainannya cukup simple, dimana dua tim yang terdiri dari lima pemain saling bersaing untuk menghancurkan bangunan besar yang dipertahankan oleh tim lawan, sambil mereka juga mempertahankan bangunannya sendiri.

Setiap pemain dapat memainkan hingga ratusan karakter yang dikenal sebagai “Heroes”. Karakter tersebut memiliki desain hingga kekuatan serta kelemahan masing-masing.

Heroes dibagi menjadi dua peran utama, yang dikenal dengan tim inti dan tim pendukung.

7. Grand Theft Auto: Online

Grand Theft Auto Online
Grand Theft Auto: Online

Genre: Action-adventure
Rilis:
2013
Tersedia Untuk:
PC, PS5, PS4, PS3, Xbox Series X/S, Xbox One, Xbox 360

Grand Theft Auto Online bisa dibilang adalah game multiplayer online dari seri Grand Theft Auto yang bisa bertahan hidup dalam tiga generasi console. Mulai dari 2013, dan masih berlangsung ke 2020 dan seterusnya.

Grand Theft Auto Online adalah mode multiplayer dari Grand Theft Auto V, dimana alur cerita dalam mode Online nya adalah sekuel maupun prekuel dari mode single-playernya.

Hingga lebih dari 30 pemain dalam satu server bebas berkeliaran di dunia GTA V ini. Para pemain bisa menyelesaikan misi dengan mode kompetitif dan kooperatif.

Dalam GTA Online, para pemain bisa memilih misi yang didasari dengan latar cerita dan juga karakter utama di mode single-pleyer nya.

Selain itu ada juga mode pembuatan konten yang memungkinkan pemain membuat sendiri trek balap, titik spawn senjata untuk pertandingan yang mirip battle royale, dan lainnya.

GTA Online memiliki sistem level, dimana beberapa senjata, pakaian, kendaraan, rumah, dan lainnya bisa diakses jika sudah mencapai beberapa level tertentu.

GTA Online juga menyediakan sistem mikrotransaksi, dimana para pemain yang sudah tidak sabaran ingin memiliki sebuah item, senjata, kendaran, atau hal lainnya di dunia GTA Online, bisa membelinya dengan uang sungguhan.

8. Call Of Duty: Warzone

Game Multiplayer Battle Royale Call Of Duty Warzone
Call Of Duty Warzone

Genre: Battle Royale, First-person shooter
Rilis:
2020
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One

Call Of Duty: Warzone adalah game multiplayer online terbaik yang datang dari seri Call Of Duty, datang dengan dua mode permainan, yaitu Battle Royale dan Plunder.

COD: Warzone sendiri mendukung hingga 150 pemain dalam satu pertandingan (200 pemain untuk mode tertentu).

Itu juga yang membuat COD: Warzone satu langkah lebih maju dalam kuantitas pemain dibandingkan game battle royale sejenis.

Untuk mode battle royale sendiri, alur permainannya hampir sama dengan PUBG, terjun ke tanah, mencari senjata, lalu mengeliminasi lawan.

Berbeda dari game battle royale sejenis yang jika karakternya mati maka pemain harus menunggu babak selesai dengan menonton pemain lain.

Di COD: Warzone, ada mekanik respawn. Dimana jika karakter yang dimainkan mati, maka akan dikirim ke “Gulag”, dimana mereka akan terlibat dalam pertempuran satu lawan satu dengan pemain yang kalah.

Siapapun pemain yang menang di Gulag, maka akan di respawn/dihidupkan kembali ke dalam game. Metode respawn lainnya bisa menggunakan mata uang dalam game (terkesan pay for win).

Mode lainnya yaitu Plunder, dimana para pemain mencari tumpukan uang yang tersebar di peta. Siapapun tim yang paling banyak mengumpulkan uang, maka merekalah yang menang.

9. Red Dead Online

Red Dead Redemption 2
Red Dead Online

Genre: Action-adventure
Rilis:
2019
Tersedia Untuk:
PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One, Stadia

Red Dead Online termasuk salah satu game multiplayer online open world bertemakan koboi terbaik yang pernah ada. Red Dead Online adalah mode multiplayer untuk game Red Dead Redemption 2.

Awalnya Red Dead Online dijual jadi satu dengan game Red Dead Redemption 2. Namun semenjak awal Desember 2020, Red Dead Online mulai dijual terpisah dari game utamanya (RDR 2).

Red Dead Online bisa dimainkan dari suduh pandang first-person atau third-person. Memiliki peta yang sangat luas, menggunakan peta dasar game utamanya Red Dead Redemption 2.

Bisa dibilang, Red Dead Online adalah prekuel dari Red Dead Redemption 2, dimana alur cerita dalam misi-misinya berlatar beberapa bulan sebelum alur cerita utamanya terjadi.

Ada banyak mode permainan yang bisa kamu mainkan di Red Dead Online ini, mulai dari Player versus Player, memancing, balapan kuda, hingga perlombaan memburu binatang.

Kamu juga akan diberikan beberapa pilihan pekerjaan (role) yang bisa diambil, seperti menjadi Bounty Hunter, Trader, Collector, Moonshiner, dan Naturalist.

Kamu bisa mengambil semua bagian yang tersedia, bisa memilih menjadi Bounty Hunter sekaligus Trader, Collector, dan Naturalist. Atau hanya fokus ke satu bagian saja seperti Bounty Hunter misalnya.

Selain mode misi cerita, role, dan kompetisi antar pemain, di Red Dead Online kamu juga bisa bertarung satu sama lain dengan kelompok/posses pemain lain.

Selebihnya, kamu bisa bereksplorasi di dunia Red Dead Online ini, mulai dari wilayah New Hanover hingga ke New Austin. Seluruh wilayah yang beberapanya ditutup di RDR 2, semua bisa dijelajah di Red Dead Online.

Kamu bahkan bisa memindahkan camp milikmu sendiri sesuka hati. Mulai dari pinggiran sungai wilayah New Hanover, pegunungan bersalju di wilayah Ambarino, atau daratan gersang di wilayah New Austin.

10. Phasmophobia

Game Multiplayer Horror Phasmophobia
Phasmophobia

Genre: Survial Horror
Rilis:
2020 (early access)
Tersedia Untuk:
PC

Phasmophobia adalah game horror PC multiplayer kooperatif yang bisa dimainkan hinga 4 pemain, dimana anggota tim harus menyelidiki sebuah lokasi berhantu yang dipenuhi aktivitas tidak normal.

Phasmophobia memiliki sekitar 12 jenis hantu yang berbeda, mulai dari bentuk hingga perilakunya. Untuk mengetahui karakteristik hantu yang ditemui, para pemain diharuskan mengumpulkan bukti-bukti terkait hantu tersebut.

Tujuan akhir dari game horror Phasmophobia ini bukanlah untuk menghilangkan hantunya, tetapi mengumpulkan banyak bukti dan informasi tentang para hantu yang ditemui.

Untuk menyelesaikan misi, para pemain dapat menggunakan alat bantu seperti senter UV, kamera CCTV, salib, papan Ouija, dan termometer.

Para pemain dalam game bisa saling berkomunikasi melalui obrolan suara, tentunya obrolan tersebut dapat didengar oleh para hantu itu sendiri. Menyeramkan bukan?

70 Makanan Jepang Paling Populer di Dunia yang Harus Kamu Coba Saat Berkunjung Kesana!

15 Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Android dan iPhone yang Bisa Bikin Videomu Jadi Tambah Keren!