in

35 Game Multiplayer Online Terbaik yang Bikin Kamu Ketagihan Main Lagi & Lagi!

Kami telah mengumpulkan puluhan game multiplayer online terbaik yang membuat pengalaman bermainmu bersama teman jadi tambah seru!

Mode single-player tentu ada titik akhirnya, dimana cerita karakter utama dianggap selesai ketika sudah melewati akhir cerita.

Setelah menyelesaikan cerita pada game single-player, yang tersisa dalam game hanya side activities saja yang bisa kamu mainkan.

Namun berbeda dengan mode multiplayer, dimana permainan utama tidak ada akhir dan bisa kamu mainkan lagi dan lagi.

Koneksi internet yang stabil adalah semua yang kamu butuhkan untuk menikmati apa yang ditawarkan dalam game multiplayer online.

Kalau kamu bingung mau mainkan judul game yang mana, berikut Wokeeh berikan kumpulan judul game yang harus kamu pertimbangkan untuk dimainkan!

1. Among Us

Game Multiplayer Among Us
Among Us

Genre: Party, Social Deduction
Rilis:
2018
Tersedia Untuk:
PC, Android, iOS

Among Us adalah salah satu game multiplayer online terbaik saat ini, dimana kamu bermain multiplayer mulai dari empat hingga sepuluh orang.

Permainan berlangsung disalah satu dari tiga peta, mulai dari pesawat ruang angkasa The Skeld, sebuah markas bernama MIRA HQ, hingga pangkalan planet yang disebut Polus.

Diawal permainan, Crewmates diberikan tugas disekitar peta dalam bentuk mini games, terdiri dari pekerjaan merawat sistem kapal, menyambung kabel, mengisi bahan bakar, dan lainnya.

Ada satu hingga tiga pemain yang dipilih sebagai penipu, tugasnya membunuh pemain atau menyabotase pekerjaan pemain lain.

Ketika ada yang tidak beres, maka ada pertemuan dadakan (emergency meeting), dimana para pemain bisa saling tuduh menuduh siapa pelakunya. Salah menuduh, pemain yang tak salah pun bisa dirugikan.

Momen tuduh menuduh inilah yang membuat Among Us menjadi game favorit banyak orang, dimana semua orang bisa memainkannya, Android, iOS, bahkan PC spek kentang sekalipun.

2. Fall Guys: Ultimate Knockout

Game Multiplayer Fall Guys
Fall Guys Ultimate Knockout

Genre: Battle Royale
Rilis:
2020
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Android, iOS

Masih ingat dengan acara Takeshi’s Castle atau di Indonesia disebut Benteng Takeshi? Kalau kamu suka dengan acaranya, maka kamu harus memainkan game Fall Guys satu ini.

Fall Guys: Ultimate Knockout adalah game multiplayer online bergenre Battle Royale yang mengambil konsep permainan dalam acara Takeshi’s Castle.

Bisa 60 pemain berpartisipasi dalam game ini, saling bersaing dengan gemaplay gaya battle royale yang mengasyikan.

Pemain dipresentasikan berbentuk seperti boneka jellybean yang bisa bergerak, melompat, dan memanjat.

Tujuan game ini adalah lolos ke babak berikutnya dengan cara melewati berbagai mini game yang dipilih secara acak.

Pemenang pertandingan ini adalah pemain terakhir yang bisa bertahan dari setiap mini games yang tersedia dalam setiap babak. Dari puluhan pemain, hanya satu yang boleh menang. Mirip permainan dalam acara Takeshi’s Castle.

3. Minecraft

Game Multiplayer Minecraft
Minecraft

Genre: Sandbox, Survival
Rilis:
2011
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch, Mac, Linux, Android, iOS

Minecraft sendiri adalah salah satu game open world terpopuler di dunia, dengan lebih dari jutaan video gameplay yang telah dibuat para streamer dan juga Youtuber gaming.

Di Minecraft, kamu bisa bermain dengan tampilan first-person perspective sebagai default nya, dan juga bisa memilih third-person perspective sebagai pilihan alternatifnya.

Dalam game Minecraft tidak ada tujuan spesifik yang diraih, tidak ada cerita, tidak ada level, hanya eksplorasi di dunia blok 3D dengan ditemani berbagai makhluk normal hingga menyeramkan.

Untuk memainkan mode multiplayer Minecraft, kamu bisa menggunakan LAN, atau dalam server tersendiri. Ada operator yang mengatur segala batasan pemain yang ingin masuk ke dalam salah satu server di Minecraft.

Server terbesar saat ini adalah Hypixel, dimana server tersebut telah dikunjungi lebih dari 14 juta pemain dari berbagai dunia.

Dalam mode multiplayer Minecraft, kamu bisa bermain dalam mode Player versus Player (PvP), atau hanya sekedar eksplorasi biasa bersama teman.

Banyak server Minecraft yang memiliki plugin khusus yang membuatmu bisa melakukan hal apapun yang tidak bisa dilakukan dalam mode single-player nya.

4. Counter-Strike: Global Offensive

Game Multiplayer Counter Strike Global Offensive
Counter Strike Global Offensive

Genre: First-person shooter
Rilis:
2012
Tersedia Untuk:
PC, Mac, PS3, Xbox 360, Linux

Sangat disayangkan pengguna Console generasi terbaru tidak bisa menikmati game FPS multiplayer yang pernah populer ini, sebelum dilengserkan oleh Call of Duty dan PUBG.

Counter-Strike: Global Offensive termasuk salah satu game multiplayer online terbaik yang rilis pada tahun 2012. Game ini dikembangkan oleh Valve.

Permainannya sangat sederhana, dua tim lawan yang dikenal sebagai teroris dan polisi bersaing dalam mode permainan seperti mengamankan lokasi, menjinakan bom, atau menyelamatkan sandera.

Diakhir putaran, para pemain akan diberikan hadiah berdasarkan kinerja setiap individu pemain. Hadiah tersebut berupa mata uang dalam game yang bisa dibelanjakan untuk membeli senjata atau alat bantu lainnya.

Tim pemenang diberikan hadiah lebih banyak daripada tim yang kalah. Uniknya, jika ada pemain yang membunuh rekan satu tim sendiri, maka akan diberikan hukuman.

5. PLAYERUNKNOWN’S BATTLEGROUNDS

Playerunknown's Battlegrounds
Playerunknown’s Battlegrounds

Genre: Battle Royale
Rilis:
2017
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One, Android, iOS, Stadia

PLAYERUNKNOWN’S BATLEGROUNDS atau disingkat PUBG adalah game player versus player (PvP) dimana bisa hingga seratus pemain bertarung dalam mode battle royale, mode pertandingan bertahan hidup hingga akhir babak.

Pemain dapat memilih pertandingan solo, duo, atau dengan tim kecil yang terdiri dari empat orang. Minimal satu orang yang hidup dalam salah satu tim hingga akhir, maka tim tersebut bisa dianggap sebagai pemenang.

Permainan dimulai dengan para pemain terjun payung dari pesawat ke salah satu peta. Ketika sudah mendarat, pemain harus mencari perlengkapan khusus, mulai dari senjata, armor, hingga kendaraan.

Karena awal permainan, pemain tidak diperlengkapi apapun. Hal ini juga bisa dianggap sebuah keuntungan untuk tim lawan yang sudah lebih dulu mendapatkan perlengkapan khusus.

Setiap beberapa menit, area dapat menyusut ke lokasi yang lebih kecil secara acak. Apabila ada pemain yang keluar dari zona aman, maka akan tersingkirkan.

Hampir sama seperti Counter Strike, dimana setiap pemain atau tim pemenang akan mendapatkan hadiah berupa mata uang dalam game, bisa dibelanjakan untuk senjata, atau perlengkapan lainnya.

6. DOTA 2

Game DOTA 2
DOTA 2

Genre: MOBA (multiplayer online battle arena)
Rilis:
2013
Tersedia Untuk:
PC, Mac, Linux

DOTA 2 adalah salah satu game PC terbaik yang paling banyak dimasukan ke dalam kompetisi E-Sport semenjak awal rilisnya. Game ini sendiri dikembangkan oleh Valve.

Permainannya cukup simple, dimana dua tim yang terdiri dari lima pemain saling bersaing untuk menghancurkan bangunan besar yang dipertahankan oleh tim lawan, sambil mereka juga mempertahankan bangunannya sendiri.

Setiap pemain dapat memainkan hingga ratusan karakter yang dikenal sebagai “Heroes”. Karakter tersebut memiliki desain hingga kekuatan serta kelemahan masing-masing.

Heroes dibagi menjadi dua peran utama, yang dikenal dengan tim inti dan tim pendukung.

7. Grand Theft Auto: Online

Grand Theft Auto: Online
Grand Theft Auto: Online

Genre: Action-adventure
Rilis:
2013
Tersedia Untuk:
PC, PS5, PS4, PS3, Xbox Series X/S, Xbox One, Xbox 360

Grand Theft Auto Online bisa dibilang adalah game multiplayer online dari seri Grand Theft Auto yang bisa bertahan hidup dalam tiga generasi console. Mulai dari 2013, dan masih berlangsung ke 2020 dan seterusnya.

Grand Theft Auto Online adalah mode multiplayer dari Grand Theft Auto V, dimana alur cerita dalam mode Online nya adalah sekuel maupun prekuel dari mode single-playernya.

Hingga lebih dari 30 pemain dalam satu server bebas berkeliaran di dunia GTA V ini. Para pemain bisa menyelesaikan misi dengan mode kompetitif dan kooperatif.

Dalam GTA Online, para pemain bisa memilih misi yang didasari dengan latar cerita dan juga karakter utama di mode single-pleyer nya.

Selain itu ada juga mode pembuatan konten yang memungkinkan pemain membuat sendiri trek balap, titik spawn senjata untuk pertandingan yang mirip battle royale, dan lainnya.

GTA Online memiliki sistem level, dimana beberapa senjata, pakaian, kendaraan, rumah, dan lainnya bisa diakses jika sudah mencapai beberapa level tertentu.

GTA Online juga menyediakan sistem mikrotransaksi, dimana para pemain yang sudah tidak sabaran ingin memiliki sebuah item, senjata, kendaran, atau hal lainnya di dunia GTA Online, bisa membelinya dengan uang sungguhan.

8. Call Of Duty: Warzone

Game Call Of Duty Warzone
Call Of Duty Warzone

Genre: Battle Royale, First-person shooter
Rilis:
2020
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One

Call Of Duty: Warzone adalah game multiplayer online terbaik yang datang dari seri Call Of Duty, datang dengan dua mode permainan, yaitu Battle Royale dan Plunder.

COD: Warzone sendiri mendukung hingga 150 pemain dalam satu pertandingan (200 pemain untuk mode tertentu).

Itu juga yang membuat COD: Warzone satu langkah lebih maju dalam kuantitas pemain dibandingkan game battle royale sejenis.

Untuk mode battle royale sendiri, alur permainannya hampir sama dengan PUBG, terjun ke tanah, mencari senjata, lalu mengeliminasi lawan.

Berbeda dari game battle royale sejenis yang jika karakternya mati maka pemain harus menunggu babak selesai dengan menonton pemain lain.

Di COD: Warzone, ada mekanik respawn. Dimana jika karakter yang dimainkan mati, maka akan dikirim ke “Gulag”, dimana mereka akan terlibat dalam pertempuran satu lawan satu dengan pemain yang kalah.

Siapapun pemain yang menang di Gulag, maka akan di respawn/dihidupkan kembali ke dalam game. Metode respawn lainnya bisa menggunakan mata uang dalam game (terkesan pay for win).

Mode lainnya yaitu Plunder, dimana para pemain mencari tumpukan uang yang tersebar di peta. Siapapun tim yang paling banyak mengumpulkan uang, maka merekalah yang menang.

9. Red Dead Online

Game Multiplayer Red Dead Online
Red Dead Online

Genre: Action-adventure
Rilis:
2019
Tersedia Untuk:
PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One, Stadia

Red Dead Online adalah game open world online bertemakan koboi terbaik yang pernah ada. Red Dead Online adalah mode multiplayer untuk game Red Dead Redemption 2.

Awalnya Red Dead Online dijual jadi satu dengan game Red Dead Redemption 2. Namun semenjak awal Desember 2020, Red Dead Online mulai dijual terpisah dari game utamanya (RDR 2).

Red Dead Online bisa dimainkan dari suduh pandang first-person atau third-person. Memiliki peta yang sangat luas, menggunakan peta dasar game utamanya Red Dead Redemption 2.

Bisa dibilang, Red Dead Online adalah prekuel dari Red Dead Redemption 2, dimana alur cerita dalam misi-misinya berlatar beberapa bulan sebelum alur cerita utamanya terjadi.

Ada banyak mode permainan yang bisa kamu mainkan di Red Dead Online ini, mulai dari Player versus Player, memancing, balapan kuda, hingga perlombaan memburu binatang.

Kamu juga akan diberikan beberapa pilihan pekerjaan (role) yang bisa diambil, seperti menjadi Bounty Hunter, Trader, Collector, Moonshiner, dan Naturalist.

Kamu bisa mengambil semua bagian yang tersedia, bisa memilih menjadi Bounty Hunter sekaligus Trader, Collector, dan Naturalist. Atau hanya fokus ke satu bagian saja seperti Bounty Hunter misalnya.

Selain mode misi cerita, role, dan kompetisi antar pemain, di Red Dead Online kamu juga bisa bertarung satu sama lain dengan kelompok/posses pemain lain.

Selebihnya, kamu bisa bereksplorasi di dunia Red Dead Online ini, mulai dari wilayah New Hanover hingga ke New Austin. Seluruh wilayah yang beberapanya ditutup di RDR 2, semua bisa dijelajah di Red Dead Online.

Kamu bahkan bisa memindahkan camp milikmu sendiri sesuka hati. Mulai dari pinggiran sungai wilayah New Hanover, pegunungan bersalju di wilayah Ambarino, atau daratan gersang di wilayah New Austin.

10. Phasmophobia

Game Phasmophobia
Phasmophobia

Genre: Survial Horror
Rilis:
2020 (early access)
Tersedia Untuk:
PC

Phasmophobia adalah game horror PC multiplayer kooperatif yang bisa dimainkan hinga 4 pemain, dimana anggota tim harus menyelidiki sebuah lokasi berhantu yang dipenuhi aktivitas tidak normal.

Phasmophobia memiliki sekitar 12 jenis hantu yang berbeda, mulai dari bentuk hingga perilakunya. Untuk mengetahui karakteristik hantu yang ditemui, para pemain diharuskan mengumpulkan bukti-bukti terkait hantu tersebut.

Tujuan akhir dari game horror Phasmophobia ini bukanlah untuk menghilangkan hantunya, tetapi mengumpulkan banyak bukti dan informasi tentang para hantu yang ditemui.

Untuk menyelesaikan misi, para pemain dapat menggunakan alat bantu seperti senter UV, kamera CCTV, salib, papan Ouija, dan termometer.

Para pemain dalam game bisa saling berkomunikasi melalui obrolan suara, tentunya obrolan tersebut dapat didengar oleh para hantu itu sendiri. Menyeramkan bukan?

11. Fortnite

Fortnite
Fortnite

Genre: Battle Royale, Survival, Sandbox
Rilis:
2017
Tersedia Untuk:
PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One, Nintendo Switch

Fortnite adalah game multiplayer yang dikembangkan sekaligus dipublikasikan oleh Epic Games. Game ini sangat populer di luar negeri khususnya wilayah Amerika dan Eropa, dan lumayan populer juga di Indonesia.

Fortnite memiliki tiga mode permainan yang berbeda, yaitu Fortnite: Save the World, Fortnite Battle Royale, dan Fortnite Creative.

Fortnite: Save the World adalah game multiplayer kooperatif yang diisi empat pemain saling berkolaborasi menuju tujuan yang sama di berbagai misi.

Permainan dimulai ketika badai muncul diseluruh penjuru bumi, mengakibatkan 98% populasi bumi menghilang, orang yang selamat kemudian diserang oleh makhluk yang mirip seperti zombie.

Di mode permainan ini, para pemain akan memiliki tugasnya masing-masing, seperti mengambil peran sebagai komandan, mengumpulkan suber daya, menyelamatkan orang yang selamat, dan membantu mencari informasi.

Mode lainnya adalah Fortnite Battle Royale. Game ini adalah Player versus Player (PvP), dimana bisa diisi hingga 100 pemain.

Kamu bisa bermain sendiri, berdua, atau dalam skuad yang diisi tiga hingga empat pemain.

Hampir sama seperti battle royal pada umumnya, kamu terjun dari atas awan menuju ke daratan, mencari perlengkapan senjata dan armor, lalu kemudian mulai mengeliminasi lawan.

Mode lainnya lagi ada Fortnite Creative, dimana mode ini hampir mirip seperti permainan Minecraft. Kamu memiliki kebebasan melakukan apapun di mode ini.

Mulai dari membuat arena pertempuran dengan sumber daya yang ada, arena balapan, dan masih banyak lagi.

12. Apex Legends

Apex Legends
Apex Legends

Genre: Battle Royale, First-person shooter
Rilis:
2019
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One

Apex Legends adalah game battle royale yang dikembangkan oleh Respwan Entertainment dan dipublikasikan oleh Electronic Arts.

Game ini mungkin gratis dimainkan, tapi secara keseluruhan itemnya tidak. Dalam artian ada pilihan mikrotransaksi untuk pembelian barang-barang kosmetik seperti skin karakter, dan warna senjata.

Setiap pertandingan menampilkan dua puluh tim dari regu tiga pemain. Gameplaynya hampir sama seperti PUBG, yaitu terjun ke tanah, mencari senjata, lalu mengeliminasi pemain lawan.

Poin tambah pada Apex Legends adalah kemampuan untuk memajat dinding pendek, meluncur ke bawah permukaan miring dan menggunakan zip-lines untuk melintasi suatu area dengan cepat.

13. Battlefield V

 Battlefield V
Battlefield V

Genre: Battle Royale, First-person shooter
Rilis:
2018
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One

Battlefield V memiliki mode permainan multiplayer seperti melanjutkan mode kampanye seperti “Firestrom” dan “Grand Operations”.

Dalam Grand Operations, setiap babak yang dilalui pemain akan mempengaruhi babak selanjutnya. Mode ini ibaratkan mensimulasikan situasi dalam perang.

Ada juga mode kooperatif dimana hingga empat pemain dapat melakukan misi bersama dalam misi dan tujuan yang dinamis, alias misi tidak dapat dimainkan dengan cara yang sama antar pemain setiap saat.

Satu lagi ada mode Battle Royale, dimana hingga 64 pemain yang dapat dibagi menjadi 16 regu saling berhadapan untuk saling mengeliminasi tim lawan.

14. Tom Clancy’s Rainbow Six Siege

Game Rainbow Six Siege
Rainbow Six Siege

Genre: Tactical shooter
Rilis:
2015
Tersedia Untuk:
PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One

Rainbow Six Siege termasuk salah satu game multiplayer online terbaik yang datang dari seri Rainbow Six. Dikembangkan oleh Ubisoft Montreal, dan dipublikasikan oleh Ubisoft.

Rainbow Six Siege memiliki beberapa mode permainan multiplayer, seperti mode Hostage, Bomb, Secure Area, Terrorist Hunt, Situations, Outbreak, Arcade dan Seasonal Events.

Mode Hostage: Pemain ada yang ditugaskan untuk menyelamatkan sandera, dimana pemain lawan (penyandera) harus mempertahankan sandera agar tidak diselamatkan pemain lawan.

Mode Bomb: Pemain ditugaskan untuk menjinakan bomb, dimana pemain lawan ditugaskan untuk menghentikan penyerangan dan menjaga bomb agar tidak dijinakan.

Mode Secure Area: Pemain ditugaskan menjaga wadah biohazard, dimana pemain lawan menyerang dan berjuang masuk untuk mengambilnya.

Mode Terrorist Hunt: Pemain hingga lima orang harus berjuang melawan gelombang musuh yang dikendalikan oleh kecerdasan buatan (AI) diberbagai mode seperti bomb, hostage, atau elimination.

Mode Situations: Pemain bisa melakukan 10 misi solo (sendiri) dan 1 misi kooperatif (co-op).

Mode Outbreak: Ini adalah event terbatas, dimana pemain harus berjuang melawan makhluk mutasi yang dikendalikan oleh AI.

15. Titanfall 2

Titanfall 2
Titanfall 2

Genre: First-person shooter
Rilis:
2016
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One

Mode multiplayer Titanfall 2 hampir sama dengan alur permainan pada mode single-playernya.

Di mode multiplayer, pemain akan mendapatkan meteran Titanfall yang terisi perlahan saat memainkan game, dan terisi cepat saat akan membunuh lawan.

Saat meteran Titanfall penuh, pemain dapat memanggil Titan pilihan mereka yang turun dari langit untuk menghancurkan lawan jika mendarat di tempat yang tepat.

Terdapat beberapa mode multiplayer di game Titanfall 2, yaitu: Amped Hardpoint, Bounty Hunt, Pilot vs Pilot, Capture the Flag, Attrition, Skirmish, Last Titan Standing, Free for All, Coliseum Titan Brawl, Frontier Defense.

16. Overwatch

Overwatch
Overwatch

Genre: First-person shooter
Rilis:
2016
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch

Overwatch memungkinkan pertandingan Player versus Player (PvP) dua tim dengan masing-masing enam pemain.

Pemain dapat memilih banyak karakter yang ingin dimainkan untuk bertanding dengan tim pemain lawan.

Ada beberapa mode permainan dalam Overwatch, seperti mode kasual, kompetitif, dan mode khusus kompetisi E-Sport yang digunakan dalam Blizzard’s Overwatch League.

Mode permainan utamanya cukup simple, dimana pemain menyerang tim lawan, dan pemain lawan lain bertahan.

17. The Elder Scrolls Online

The Elder Scrolls Online
The Elder Scrolls Online

Genre: Massively multiplayer online role-playing
Rilis:
2014
Tersedia Untuk:
PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One, Mac, Stadia

The Elder Scrolls Online adalah game multiplayer dengan peta open world yang bisa kamu jelajahi sendiri atau bersama pemain lain.

Pemain bisa bermain dengan karakter seperti manusia, levish, elf, ras binatang, orc, dan ras yang lain.

18. Sea Of Thieves

Game Multiplayer Sea of Thieves
Sea of Thieves

Genre: Action-adventure
Rilis:
2018
Tersedia Untuk:
PC, Xbox Series X/S, Xbox One

Sea Of Thieves adalah game multiplayer petualangan dengan sudut pandang first-person. Game ini dikembangkan oleh Rare dan dipublikasikan oleh Xbox Game Studios milik Microsoft.

Ini adalah game bajak laut multiplayer dimana pemain manapun akan bertemu satu sama lain dalam lautan. Entah bertemu dengan keadaan baik atau bertemu dengan keadaan buruk, seperti saling serang misalnya.

Uniknya, jika ada kebocoran dibawah dek kapal, maka air akan masuk dan menyebabkan kapal tenggelam secara bertahap.

Untungnya, pemain bisa menambal lubang dek dengan papan kayu dan membuang air yang sudah masuk dengan ember. Semua item tersebut tersedia dalam kapal, bisa digunakan kapan saja.

Sedikit tips, membentuk aliansi antar pemain mencegah pemain lawan saling menyerang satu sama lain.

Jika ada pemain yang mati, maka pemain tersebut akan dikirim ke kapal hantu yang dikenal dengan Ferry of the Damned, dimana mereka menunggu sampai mereka bisa respawn.

19. No Man’s Sky

No Man's Sky
No Man’s Sky

Genre: Action-adventure, survival
Rilis:
2016
Tersedia Untuk:
PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One

No Man’s Sky adalah game petualangan antariksa dimana pemain bisa memainkan beragam aktivitas yang terdiri dari: eksplorasi, bertahan hidup, pertempuran, dan perdagangan.

Pemain ditugaskan menjadi penjelajah planet yang dikenal dalam game sebagai “Traveler”.

Dalam game, pemain bisa memindai lingkungan, menambang, mengumpulkan sumber daya, serta menyerang atau mempertahankan diri dari makhluk dari planet yang dikunjungi (alien).

Pemain juga bisa mengumpulkan, memperbaiki dan mengisi bahan bakar untuk pesawat. Itu semua memungkinkan pemain bisa melakukan perjalanan antar planet atau ke stasiun luar angkasa di sistem planet lokal.

Terkadang pemain bisa terlibat dalam pertempuran ruang angkasa dengan alien lain, atau membuat lompatan cahaya ke sistem tata surya yang lain.

20. Dead by Daylight

Game Dead by Daylight
Dead by Daylight

Genre: Survival Horror
Rilis:
2016
Tersedia Untuk:
PC, PS5, PS4, Xbox Series X, Xbox One, Stadia, Nintendo Switch

Dead by Daylight termasuk salah satu game multiplayer online bertemakan horror terbaik. Dikembangkan oleh Behaviour Interactive dan dirilis pada tahun 2016.

Permainan dimulai ketika empat orang yang selamat harus menghindari satu pembunuh. Sudut pandang empat orang selamat adalah third-person, sedangkan pembunuhnya first-person.

Pemain bisa memilih menjadi empat orang yang selamat atau salah satunya menjadi pembunuh.

Permainannya cukup simple, empat pemain harus berusaha kabur atau menggunakan berbagai sumber daya yang ada untuk mencegah kedatangan si pembunuh.

Untuk bisa melarikan diri dari pembunuh dan lingkungan yang menyeramkan, empat orang harus memperbaiki lima generator yang tersebar di seluruh peta untuk menyalakan gerbang keluarnya.

21. Stardew Valley

Game Stardew Valley
Stardew Valley

Genre: Simulation, Role-playing
Rilis:
2016
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch, Mac, Linux, Android, iOS

Stardew Valley adalah game simulasi berkebun yang mirip seperti Harvest Moon. Game ini dikembangkan oleh ConcernedApe, dan dirilis pada tahun 2016.

Saat awal permainan, pemain akan menerima sebidang tanah dan rumah kecil yang dimiliki oleh kakeknya di sebuah kota bernama Pelican.

Tugas para pemain adalah menjaga dan mengelola tanah tersebut agar bisa menghasilkan, seperti dijadikan kebun, membangun peternakan, dan lainnya.

Untuk mode multiplayernya sendiri adalah opsional, dimana hingga empat pemain bisa bermain bersama melalui LAN atau koneksi internet.

Untuk memainkan game ini bersama, setiap pemain diharuskan memiliki gamenya sendiri, tidak bisa menebeng game pemain lain.

Pemain yang menjadi tuan rumah di dunia Stardew Valley bisa mengakses mode multiplayer, dan bisa melanjutkan bermain single-player tanpa kehilangan file save nya.

Jika tuan rumah (host) tidak online, maka pemain lain tidak bisa masuk ke dunia Stardew Valley yang dimiliki oleh si tuan rumah (host).

22. League Of Legends

Game Multiplayer League Of Legends
League Of Legends

Genre: MOBA
Rilis:
2009
Tersedia Untuk:
PC, Mac

League Of Legends termasuk salah satu game multiplayer online terbaik berdampingan dengan Dota 2, bahkan game ini memiliki spin-offs nya sendiri bernama League Of Legends: Wild Rift yang rilis di Android dan iOS.

Setiap pemain mengendalikan karakter “Champion” dengan serangkaian kemampuannya masing-masing yang unik.

Pertandingan melibatkan dua tim dengan jumlah lima pemain, dengan setiap pemain menggunakan “Champion” yang berbeda-beda. Kedua tim saling berjuang menghancurkan bangunan menara di markas lawan.

23. Monster Hunter: World

Monster Hunter: World
Monster Hunter: World

Genre: Action role-playing
Rilis:
2018
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One

Monster Hunter: World adalah game petualangan yang diisi dengan beragam quest memburu monster. Dimulai ketika pemain terdampar di dunia baru dimana lingkungannya banyak dipenuhi oleh monster-monster.

Dalam game, pemain dapat mengkostumisasi tampilan, senjata, dan juga perlengkapan lainnya.

Monster Hunter: World mendukung tidak hanya mode single-player saja, tetapi juga mendukung mode multiplayer, dimana kamu bisa menyelesaikan misi memburu monster bersama dengan teman.

Mode multiplayer bisa diisi hingga empat pemain yang sedang online. Mulanya pemain berkumpul di server sama yang mendukung hingga enam belas pemain, dimana mereka bisa memposting misinya sendiri-sendiri.

Pemain yang memposting misi bisa mengundang pemain lain untuk bergabung dan menyelesaikan misi bersama, selama mereka berada di alur cerita game utama secara sepadan.

24. Rocket League

Rocket League
Rocket League

Genre: Sport
Rilis:
2015
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch, Mac, Linux

Dalam game Rocket League, pemain mengendalikan mobil bertenaga roket yang digunakan untuk menendang bola yang jauh lebih besar dari ukuran mobilnya.

Pemain harus berusaha menendang bola tersebut ke gawang lawan, konsepnya mirip seperti bermain bola pada umumnya, hanya saja menggunakan mobil berukuran kecil.

Ketika kamu bermain game ini, kamu bisa menendang bola hingga menabrak mobil lawan hingga hancur. Ketika mobil lawan hancur, mobil tersebut akan muncul kembali di sisi lapangan.

25. ARMA 3

ARMA 3
ARMA 3

Genre: Tactical shooter
Rilis:
2013
Tersedia Untuk:
PC, Mac, Linux

ARMA 3 bisa dibilang adalah game multiplayer lawas yang populer saat itu. Dimana game ini terkesan nyata, seperti ketika kamu tertembak maka karaktermu benar-benar mati.

Untuk multiplayernya sendiri memiliki beberapa mode, seperti co-op, compete, end game, dan arma 3 zeus.

Coop dimana kamu bisa menyelesaikan tantangan bersama dengan pemain lain. Compete dimana kamu bisa melawan atau berperang dengan pemain lain.

End game dimana dua pihak saling bertarung melawan musuh bersama. Arma 3 zeus dimana kamu menjadi seorang editor dalam game Arma 3, membuatmu bisa mempengaruhi pengalaman bermain multiplayer pemain lain.

26. Hyper Scape

Hyperscape
Hyperscape

Genre: Battle Royale, First-person shooter
Rilis:
2020
Tersedia Untuk:
PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One

Hyper Scape adalah salah satu game multiplayer online terbaik yang datang dari Ubisoft, selain seri Rainbow Six, The Division dan Ghost Recon.

Hyper Scape adalah game battle royale yang bisa dimainkan hingga 100 pemain dalam waktu yang sama.

Berbeda dari game battle royale yang lain, di game ini jika lingkaran menyusut saat permainan, sektor acak dari peta menghilang. Ketika sektor menghilang, maka sebuah mahkota muncul dimana pemain bisa memakainya selama 60 detik.

Selama pertandingan, pemain dapat menemukan berbagai senjata dan kemampuan khusus yang dikenal sebagai “Hacks”.

Kemampuan tersebut mampu membuat para pemain berubah bentuk, seperti menjadi bola raksasa atau menjadi orang yang tidak terlihat. Tentu itu adalah sebuah keuntungan dan bisa memaksimalkan pertandingan para pemain.

Saat musuh terbunuh, mereka menjatuhkan sebuah poin kebangkitan yang bisa pemain ambil untuk menghidupkan rekan satu tim yang sebelumnya juga terbunuh.

27. Fallout 76

Game Multiplayer Fallout 76
Fallout 76

Genre: Action role-playing
Rilis:
2018
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One

Fallout 76 adalah game multiplayer yang dikembangkan oleh Bethesda Game Studios. Dalam game ini, para pemain bisa bermain secara solo atau berkelompok hingga tiga orang pemain.

Untuk bermain multiplayer, pemain akan dimasukan ke server publik, dimana para pemain lain secara otomatis langsung dimasukan ke server tersebut saat bermain game ini.

Rencananya Fallout 76 akan menyediakan server pribadi, dimana pemain bisa mengundang teman untuk bermain bersama, tanpa ada campur tangan pemain lain yang terkadang merusak suasana dengan mencoba menyerang secara random.

Fallout 76 menampilan peta empat kali lebih besar daripada Fallout 4. Game ini menampilkan banyak sekali monster dan mutasi baru, sebuah karakter monster baru yang berbeda dari Fallout 4.

28. Left 4 Dead 2

Left 4 Dead
Left 4 Dead

Genre: Survival Horror, First-person shooter
Rilis:
2009
Tersedia Untuk:
PC, Xbox 360, Mac

Left 4 Dead 2 adalah game multiplayer paling jadul yang masih populer hingga saat ini. Bahkan di akhir tahun 2020, game ini mendapatkan update besar-besaran.

Left 4 Dead 2 adalah game kooperatif, dimana kamu bisa bermain bersama teman hingga empat orang untuk membasmi zombie dan makhluk aneh lainnya.

Game ini memiliki beberapa mode permainan, seperti Campaign, Singleplayer, Versus, Survival, dan Scavenge.

Mode Campaign dimana kamu bermain melawan para zombie dengan ditemani beberapa karakter (survivor) yang dikendalikan oleh pemain dan komputer.

Mode Singleplayer dimana kamu bermain sendiri melawan zombie, dan karakter lainnya dikendalikan oleh komputer.

Mode Versus memungkinkan pemain bermain mengendalikan berbagai macam makhluk yang terinfeksi, mencoba dan mencegah korban menyelesaikan misi di tahapan dalam gamenya.

Mode Survival dimana kamu harus berusaha bertahan hidup dalam gelombang serangan makhluk yang terinfeksi.

Mode Scavenge dimana pemain (survivor) harus mengumpulkan bahan bakar yang tersebar di peta untuk mengisi generator listrik, sementara pemain lain mencoba menghentikannya.

29. Garry’s Mod

Garry Mod
Garry Mod

Genre: Sandbox
Rilis:
2006
Tersedia Untuk:
PC, Mac, Linux

Garry’s Mod bisa dibilang game paling lawas diantara beberapa daftar game multiplayer dalam artikel ini. Game ini dirilis pada tahun 2006, sudah lebih dari sepuluh tahun yang lalu.

Garry’s Mod memiliki mode permainan dimana pemain dapat menciptakan NPC, ragdolls, dan props, lalu berinteraksi dengan NPC melalui berbagai cara.

Intinya game ini tidak ada tujuan akhir, hanya suka-suka pemain memainkannya saja. Menciptakan NPC, melakukan hal aneh, dan lainnya bersama pemain lain.

30. Star Wars Battlefront II

Star Wars Battlefront II
Star Wars Battlefront II

Genre: First-person shooter, Third-person shooter
Rilis:
2017
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One

Star Wars Battlefront II adalah game multiplayer yang datang dari francise Star Wars. Di game ini kamu bisa bermain single-player maupun multiplayer.

Untuk multiplayernya memiliki beberapa mode, seperti Calactic Assault, Supremacy, Starfighter Assault, Heroes vs. Villains, Hero Showdown, Hero Starfighters, Co-op Missions, Strike, Blast, Extraction, Ewok Hunt, Jetpack Cargo.

Untuk mode seperti battle royale (tapi bukan) adalah mode Supremacy, dimana mendukung hingga 40 pemain saling berhadapan satu sama lain, dimana 24 tambahannya dikendalikan oleh komputer.

Semua karakter yang bisa kamu mainkan adalah karakter dari franchise Star Wars, mulai dari Rey, Han Solo, Kylo Ren, Luke Skywalker, hingga Dart Vader.

31. Animal Crossing: New Horizons

Animal Crossing New Horizons
Animal Crossing: New Horizons

Genre: Social simulations
Rilis:
2020
Tersedia Untuk:
Nintendo Switch

Animal Crossing: New Horizon adalah game multiplayer online eksklusif untuk Nintendo Switch.

Permainannya cukup sederhana, pemain berperan sebagai karakter yang dapat dikostumisasi, lalu ia pindah ke pulau terpencil setelah membeli paket pulau dari Tom Nook, karakter tanuki dalam game.

Setelah sampai di pulau, pemain dapat bereksplorasi sekaligus menjalankan misi sendiri, mulai dari mengumpulkan item berbeda hingga mendekorasi rumah.

Animal Crossing juga memiliki mode multiplayer seperti, Couch Co-op (Party Play), Online Co-op, dan Local Wireless Co-op.

Mode Couch Co-op memungkinkan hingga delapan pemain berbagi pengalaman bersama dalam pulau New Horizons. Namun hanya empat pemain yang bisa bermain di pulau yang sama.

Mode Online Co-op memungkinkan pemain berkunjung ke pulau pemain lain. Hingga delapan pemain bisa bermain bersama di satu pulau dalam mode ini.

Mode Local Wireless Co-op memungkinkan delapan pemain bisa berada dalam satu pulau yang sama, tentu pemain harus berdekatan untuk bermain dalam mode ini.

32. Destiny 2

Destiny 2
Destiny 2

Genre: First-person shooter
Rilis:
2017
Tersedia Untuk:
PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One, Stadia

Base game Destiny 2 gratis dimainkan, namun untuk melanjutkan progress dalam game tentu harus membeli versi konten tambahannya. Destiny 2 memiliki mode multiplayer seperti co-op, dan kompetitif multiplayer.

Mode Co-op memungkinkanmu menyelami alur cerita dalam Destiny 2 bersama dengan pemain lain. Dimana kamu dan pemain lain bisa saling bekerja sama. Mode kompetitif, dimana kamu akan berhadapan dengan pemain lain.

33. Tom Clancy’s Ghost Recon Breakpoint

Ghost Recon Breakpoint
Ghost Recon Breakpoint

Genre: Tactical Shooter
Rilis:
2019
Tersedia Untuk:
PC, PS4, Xbox One, Stadia

Ghost Recon Breakpoint hampir sama seperti seri pendahulunya, Wildlands. Game ini berlatar di lingkungan open world, dimainkan dalam sudut pandang third-person.

Dalam game ini, berbagai item dan sumber daya yang ada bisa pemain maksimalkan, seperti menggunakan lumpur untuk menyamarkan diri saat di medan pertempuran.

Alur cerita game menampilkan pilihan dialog, dimana pilihan yang dipilih memungkinkan pemain mendapatkan poin kecerdasan yang dapat membantu dalam misi yang dijalankan.

Game ini juga memiliki mode eksplorasi, dimana pemain bisa mengeksplorasi dunia Ghost Recon Breakpoint tanpa khawatir musuh menyerang.

34. Valorant

Game Multiplayer Valorant
Valorant

Genre: First-person shooter
Rilis:
2020
Tersedia Untuk:
PC

Valorant adalah game tactical shooter, dimana mode permainan utamanya ditugaskan menyerang tim lawan, sementara tim lawan berusaha bertahan.

Karakter yang dimainkan memiliki kemampuan unik, masing-masing membutuhkan energi yang didapat melalui menembak tim lawan, kematian, atau sebuah lonjakan.

Valorant memiliki berbagai macam senjata, termasuk pistol, senapan mesin, sniper, dan senjata modern dengan peluru yang memiliki kemampuan unik.

35. Genshin Impact

Genshin Impact
Genshin Impact

Genre: Action role-playing game
Rilis:
2020
Tersedia Untuk:
PC, PS5, PS4, Nintendo Switch, Android, iOS

Genshin Impact adalah game gratis dimainkan dengan skema mikrotransaksi di dalamnya. Pemain dapat berpetualang bersama pemain lain di dunia Genshin Impact ini.

Pemain dapat beralih antar karakter selama pertempuran, dengan kombinasi serangan dan skill yang berbeda pula.

Peningkatan kemampuan dalam game ini masih dikendalikan oleh sistem level, dimana jika pemain ingin karakternya memiliki kemampuan lebih, maka pemain harus berusaha meningkatkan level dalam permainannya (grinding).

Jika pemain tidak sabaran ingin memiliki senjata yang bagus, maka bisa membelinya dengan uang sungguhan (mikrotransaksi).

Harus diperhatikan adalah kamu perlu hati-hati pada sistem gacha di Genshin Impact (seperti judi/untung-untungan) untuk mendapatkan senjata, dan kosmetik. Ketagihan bisa membuatmu menjadi boros.

Kesimpulan

Jadi itulah tadi kumpulan game multiplayer online terbaik yang bisa kamu mainkan bersama dengan teman, maupun pemain lain di berbagai belahan dunia.

Semua game baik itu single-player atau multiplayer sama-sama menyenangkan dimainkan. Namun harus juga diperhatikan, jangan sampai kebablasan memainkannya.

Ingat waktu, dan juga ingat uang. Apalagi kamu harus menghindari sistem mikrotransaksi dengan skema gacha.

Jadi dari beberapa kumpulan game diatas, kamu mau memainkan judul game yang mana?

70 Makanan Jepang Terenak dan Terpopuler di Dunia!

15 Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Android dan iPhone, Paling Update!