in

60 Game Open World Terbaik yang Wajib Kamu Mainkan Sekarang!

Game Open World terbaik tentu memiliki daya tarik yang lebih besar dibandingkan game bergenre lain.

Karena genre open world menyajikan berbagai macam pilihan, mulai dari menyelesaikan misi, interaksi dengan NPC, sampai keliling-keliling hanya untuk melihat pemandangan dalam gamenya.

Dalam game open world juga menyajikan berbagai macam latar, mulai dari zaman kuno, era mediterania, abad pertengahan, tahun keemasan 80-an, sampai era futuristik.

Interaksi NPC (non-player character) dengan berbagai macam dialog yang tersedia juga menjadi daya tarik terbesar dalam game open world saat ini.

Sampai hari ini pun sudah ada banyak game open world terbaik dengan berbagai macam cerita di dalamnya. Sebut saja franchise GTA, Assassin’s Creed, The Witcher, dan masih banyak lagi.

Nah untukmu yang bingung mau mainkan judul game mana untuk mengisi waktu luangmu, berikut Wokeeh sajikan beberapa judul game open world terbaik dari yang terbaik.

60. Terraria

Terraria gameplay
Terraria

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch, Android, iOS
Rilis: Mei 2011
Mode: Single-player, multiplayer

Dalam game Terraria, kamu perlu membangun sebuah rumah dan mempertahankan rumahmu dari serangan binatang buas.

Opsi lain, kamu bisa mengabaikan binatang buas itu dan menjelajah jauh ke dalam bumi untuk menemukan sumber daya yang digunakan untuk bertahan hidup di dunia Terraria.

Dari segi gameplay, Terraria memberikan pengalaman bermain yang mengasyikan dengan waktu main hingga puluhan jam.

59. Dragon Age: Inquisition

Dragon Age: Inquisition gameplay
Dragon Age: Inquisition

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: November 2014
Mode: Single-player, multiplayer

Dragon Age: Inquistion menyediakan mode multiplayer untukmu bisa bersenang-senang bersama teman dalam dunia game nya.

Kamu dan temanmu bisa berbagi misi sampingan (side quest) dan menyelesaikan misi tersebut bersama-sama.

Dragon Age: Inquistion sendiri memiliki dunia fantasi yang bagus untuk dijelajah, sayang kalau hanya dilewatkan saja dan tidak berpetualang.

58. Mad Max

Mad Max gameplay
Mad Max

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: September 2015
Mode: Single-player

Kalau kamu pernah atau suka menonton seri film Mad Max, maka kamu wajib memainkan gamenya yang satu ini.

Di game Mad Max, kamu akan berpetualang di dunia yang penuh pasir sambil berkendara bersama rekan dalam gamenya.

Karena besarnya Map dalam game Mad Max, kamu akan lebih sering memainkan kendaraannya dibandingkan karakter yang mengemudi kendaraannya.

Kamu pun dituntut untuk memodifikasi mobilmu segahar mungkin, karena sebagian besar cerita dalam gamenya adalah tentang peperangan kendaraan.

57. Just Cause 4

Game open world Just Cause 4
Just Cause 4

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: Desember 2018
Mode: Single-player

Game open world Just Cause 4 adalah judul yang paling terbaru dalam seri gamenya. Sequel dari Just Cause 3.

Just Cause 4 sendiri mengambil latar beberapa waktu setelah kejadian di Just Cause 3. Bertempat di negara fiksi bernama Solis, Amerika Selatan.

Dalam game, kamu akan diberikan berbagai macam pilihan senjata dengan macam-macam tipenya, seperti Riffle hingga Bazooka untuk menghancurkan musuh-musuh di negara tersebut.

56. Cars (video game)

Cars (video game) gameplay
Cars (video game)

Tersedia untuk: PC, PS2, Xbox 360
Rilis: Juni 2006
Mode: Single-player, multiplayer

Walau game klasik, Cars tetap menjadi salah satu game open world terbaik yang datang dari dunia animasi Disney & Pixar.

Dalam gamenya, kamu akan berpetualang di kota Radiator Springs. Bertemu dengan berbagai macam karakter mobil dari film kartun Cars, seperti Sally, Docs, Mater, dan lainnya.

55. Grand Theft Auto: San Andreas

game open world Grand Theft Auto: San Andreas
Grand Theft Auto: San Andreas

Tersedia untuk: PC, PS3, Xbox 360, Android, iOS
Rilis: Oktober 2004
Mode: Single-player, multiplayer

Grand Theft Auto: San Andreas, game open world klasik dari seri GTA ini masih tetap seru dimainkan hingga sekarang.

GTA San Andreas sendiri saat ini sudah tersedia untuk Android dan iOS, sehingga bisa kamu mainkan gamenya menggunakan smartphone yang kamu punya dimanapun dan kapanpun.

Dalam game, kamu bisa memodifikasi mobil, membeli senjata, mendapatkan banyak pacar, hingga memperluas wilayah kekuasaan geng kamu sendiri yang bernama Grove Street Families.

Tak lupa juga kamu pun bisa mengaktifkan cheat kalau kamu ingin suka-suka saat memainkan gamenya. Mulai dari cheat mengganti cuaca, jetpack hingga mobil terbang, semuanya bisa kamu aktifkan sesuka hati.

Oh ya, GTA San Andreas juga memiliki mode multiplayer, kamu dan teman-temanmu bisa menjelajah Los Santos secara bersama-sama.

54. Saint Row 4

Game open world Saint Row 4
Saint Row 4

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch
Rilis: Agustus 2013
Mode: Single-player, multiplayer

Kalau kamu menginginkan game open world dengan gameplay yang jauh lebih gila dari seri Grand Theft Auto, maka game Saint Row 4 ini wajib kamu pilih.

Dalam Saint Row 4, kamu tidak hanya menghadapi musuh manusia seperti polisi atau para geng. Dalam gamenya kamu juga akan menghadapi zombie, sampai para alien dengan serangannya yang aneh-aneh.

Ada banyak senjata aneh-aneh yang bisa kamu pilih, kamu pun bisa gila-gilaan tembak sana-tembak sini sambil juga berpetualang di dunia Saint Row 4.

53. ARMA 3

ARMA 3 gameplay
ARMA 3

Tersedia untuk: PC
Rilis: September 2013
Mode: Single-player, multiplayer

ARMA III adalah game open world dengan tema militer. Bisa dimainkan dengan mode single-player ataupun multiplayer dengan maksimum pemain hingga lebih dari 50 orang.

Dalam game ARMA III kamu bisa memilih setting-an hanya punya satu nyawa saja dalam game. Artinya ketika kamu mati dalam game, maka game selesai. Mulai dari ulang lagi.

52. Assassin’s Creed

game open world Assassin's Creed
Assassin’s Creed

Tersedia untuk: PC, PS3, Xbox 360
Rilis: November 2007
Mode: Single-player

Walaupun klasik, game Assassin’s Creed masih salah satu game open world terbaik pembuka franchise game Assassin’s Creed yang sudah sukses besar seperti sekarang ini.

Memang tidak begitu banyak sidequest di Assassin’s Creed 1 (game Assassin’s Creed sekarang banyak side questnya), namun dari segi cerita Assasin’s Creed 1 bisa dibilang oke punya.

Kalau berbicara gameplay, seri Assassin’s Creed 1 ini masih banyak kekurangannya. Overall bagi kamu yang suka main game open world dengan tema stealth, game satu ini wajib kamu mainkan.

51. Far Cry Primal

Far Cry Primal gameplay
Far Cry Primal

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: Februari 2016
Mode: Single-player

Kalau kamu ingin berpetualangan di zaman batu, maka game open world Far Cry Primal ini harus kamu mainkan.

Dalam game Far Cry Primal, kamu bisa memburu hewan-hewan liar yang hidup pada zaman batu, hingga membuat senjata dengan sumber daya seadaanya yang kamu punya.

Dari segi gameplay, Far Cry Primal memiliki kemajuan dibandingkan seri Far Cry sebelumnya. Namun dari segi cerita, masih lebih bagus seri Far Cry sebelumnya, seperti Far Cry 3 dan Far Cry 4.

50.  Bully

Bully gameplay
Bully

Tersedia untuk: PC, PS2, Xbox 360, Android, iOS
Rilis: Oktober 2006
Mode: Single-player, multiplayer

Salah satu game klasik dari Rockstar berjudul Bully ini masih tetap seru dimainkan hingga sekarang, terlebih sudah ada versi Android dan iOS nya yang membuatmu bisa memainkan gamenya dimanapun dan kapanpun.

Game dengan cerita tentang anak sekolah yang bermasalah ini hingga sekarang masih ditunggu-tunggu lho sequelnya oleh para penggemar.

Namun sayangnya Rockstar sendiri sudah berkata tidak ada sequel dari game Bully, karena Rockstar lebih fokus dengan seri GTA & Red Dead Redemption nya.

By the way, dalam game ini kamu bisa bermain serta berpetualangan di sekolah maupun lingkungan sekitar, mulai dari sekolah, kota hingga taman bermain.

Kamu pun juga bisa pilih-pilih pacar, pilih-pilih senjata, latihan tinju, balapan sepeda, mendapatkan anak buah, hingga membuat keributan di lingkungan sekolah.

Oh ya, ada mode multiplayernya juga lho, namun hanya bisa memainkan mini games nya saja. Seperti mini games tebak kata, mencari-cari gambar, dan mini games yang lain.

49. Minecraft

Minecraft gameplay
Minecraft

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch, Android, iOS
Rilis: November 2011
Mode: Single-player, multiplayer

Dalam game Minecraft, kamu akan berpetualang di dunia balok 3D dengan ditemani berbagai macam makhluk yang tinggal disana.

Kamu bisa membangun sebuah rumah dengan menggunakan sumber daya yang kamu dapatkan dari lingkungan sekitar.

Dalam komunitas Minecraft, ada juga banyak pemain yang membangun sebuah bangunan super keren hanya dengan menggunakan balok-per-balok dari game Minecraft itu sendiri.

By the way, game Minecraft termasuk game open world yang paling banyak di streamingkan di Youtube dan Twitch selain GTA V Online dan Red Dead Online.

Kalau kamu bosan main mode single-playernya, kamu bisa bermain multiplayer dengan teman dan berpetualangan secara bersama-sama di dunia Minecraft ini.

48. Code Vein

Code Vein gameplay
Code Vein

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: September 2019
Mode: Single-player, multiplayer

Kalau kamu mencari game dengan latar kehancuran bangunan dimana-mana, maka game Code Vein ini wajib dimainkan.

Dari tingkat kesulitan permainannya, Code Vein sendiri terbilang cukup sulit. Musuh-musuh yang sulit untuk dikalahkan membuatmu harus bisa menahan emosi saat memainkan gamenya.

Kalau dari segi cerita, Code Vein memiliki cerita yang cukup bagus untuk diikuti. Terlepas dari sulitnya game, Code Vein bisa jadi pilihan untukmu yang ingin memainkan game berlatar post-apocalypse.

47. No Man’s Sky

Game open world No Man's Sky
No Man’s Sky

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: Agustus 2016
Mode: Single-player, multiplayer

Di dalam game No Man’s Sky, kamu bisa berpetualang di luar angkasa. Menjelajah satu planet ke planet lainnya, sampai bertemu dengan binatang liar dengan wujud yang aneh-aneh.

No Man’s Sky sendiri memiliki lebih dari 30 jam cerita utama yang bisa kamu mainkan. Jadi sambil menyelesaikan misi utama, sambil juga berpetualang di luar angkasa.

46. Fallout 4

Fallout 4 gameplay
Fallout 4

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: November 2015
Mode: Single-player

Fallout 4 sendiir berlatar di dunia sekitar tahun 2287, sepuluh tahun setelah event Fallout 3. Tentu latar pemandangannya masih sama seperti seri sebelumnya, yaitu latar post-apocalypse.

Dari segi gameplay memang tidak ada perbedaan yang jauh dari seri sebelumnya, namun dari segi cerita lebih bagus menikmati cerita Fallout 4 ini.

45. Mafia II: Definitive Edition

Mafia II: Definitive Edition gameplay
Mafia II: Definitive Edition

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: Mei 2020
Mode: Single-player

Mafia II berlatar di tahun 1940 sampai awal 1950-an, era dimana banyak sekali geng Mafia bermunculan di kawasan New York hingga Los Angeles.

Hampir sama seperti Grand Theft Auto, di game ini kamu bisa membeli senjata, mengendarai mobil, dan beradu tembak menembak dengan geng lawan mengikuti alur cerita dalam gamenya.

Dari segi gameplay hampir sama seperti Grand Theft Auto. Kalau dari segi cerita, Mafia II ini sangat pas dan oke punya, apalagi kalau kamu suka game dengan tema geng-gengan seperti Mafia II ini.

44. Far Cry 3

Far Cry 3 gameplay
Far Cry 3

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: November 2012
Mode: Single-player, multiplayer

Di Far Cry 3, kamu harus bertahan hidup dan menyelamatkan kawan-kawanmu dari kelompok musuh yang dipimpin oleh Vaas Montenegro.

Uniknya Far Cry 3 menggunakan bahasa Indonesia untuk beberapa nama kelompok yang hadir di game ini, seperti nama kelompok The Rakyat.

Dari segi gameplay cukup bagus dan nyaman untuk dimainkan. Kalau dari segi cerita, sangat bagus untuk diikuti.

43. InFamous Second Son

Game open world InFamous Second Son
InFamous Second Son

Tersedia untuk: PS4
Rilis: Maret 2014
Mode: Single-player

InFamous Second Son adalah sequel dari InFamous 2, berlatar di tahun 2016, tujuh tahun setelah seri sebelumnya.

Di dalam game InFamous Second Son ini kamu tidak hanya bisa berpetualang menikmati pemandangan sekitar saja, kamu bisa bermain-main dengan kemampuan unik yang karaktermu miliki.

Seperti terbang menjadi abu, lompat dari atas gedung ke bawah tanah, dan kemampuan lainnya yang bisa kamu mainkan untuk sekedar seru-seruan sambil menyelesaikan misi utamanya.

42. Days Gone

Days Gone gameplay
Days Gone

Tersedia untuk: PS4
Rilis: April 2019
Mode: Single-player

Days Gone mengambil cerita berlatar post-apocalypse, dua tahun setelah pandemik virus misterius yang membuat semua orang berubah menjadi zombie.

Di dalam game ini kamu bisa memodifikasi motormu supaya bisa bertahan dari amukan zombie yang menyerang ketika berpetualang di lingkungan sekitar.

Atau bisa memodifikasi senjatamu supaya bisa mengalahkan kawanan zombie yang menyerangmu di tengah jalan ketika kamu sedang naik motor.

Dari segi gameplay dan cerita, Days Gone sangat bagus dan cocok dimainkan untukmu yang suka game open world sekaligus dengan latar cerita zombie.

41. Final Fantasy XV

Final Fantasy XV gameplay
Final Fantasy XV

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One, Stadia
Rilis: November 2016
Mode: Single-player, multiplayer

Kalau kamu suka berpetualang di dunia Final Fantasy, maka seri Final Fantasy XV satu ini tak boleh kamu lewatkan.

Kamu disini akan memainkan karakter utama bernama Noctis Lucis Caelum yang berpetualang bersama teman-temannya.

Dari segi gameplay hampir sama seperti seri Final Fantasy yang lain, namun dari segi cerita lebih bagus dan menarik untuk diikuti, sebanding dengan cerita Final Fantasi VII.

40. Assassin’s Creed Unity

Game open world Assassin's Creed Unity
Assassin’s Creed Unity

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: November 2014
Mode: Single-player, multiplayer

Di Assassin’s Creed Unity, kamu bermain sebagai Arno Dorian, seorang assassin yang harus bekerja sama dengan teman masa kecilnya (bernama Elise) yang juga seorang Templar untuk mengungkap siapa pelaku pembunuhan ayah teman masa kecilnya itu.

Assassin’s Creed Unity juga hadir dalam mode multiplayer co-op dengan maksimal 4 pemain. Disertai dengan berbagai macam misi dengan alur cerita yang juga menarik diikuti disamping alur cerita utamanya.

Dari segi gameplay, Assassin’s Creed Unity sangat bagus dan nyaman dimainkan. Namun dari segi cerita, terlalu banyak drama. Kalau kamu suka franchise Assassin’s Creed, seri satu ini harus dimainkan.

39. Sleeping Dogs

Sleeping Dogs
Sleeping Dogs

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: Agustus 2012
Mode: Single-player

Berlatar di Hong Kong, kamu akan bermain sebagai karakter polisi bernama Wei Shen.

Untuk gameplay lagi-lagi hampir mirip seperti Grand Theft Auto, kelebihannya hanya ada pada pertarungannya. Karena pertarungan di Sleeping Dogs ini terlihat lebih natural dan enak untuk dilihat.

Secara keseluruhan, hampir sama seperti GTA. Mulai dari membeli baju, membeli makanan, pindah tempat tinggal, kencan dengan pacar, sampai membeli senjata, semua bisa dilakukan di game ini.

Dari segi cerita, Sleeping Dogs memiliki cerita yang oke punya dan asyik untuk diikuti. Kamu yang suka game open world dengan tema konflik antar geng, maka wajib memainkan game Sleeping Dogs ini.

38. Mafia: Definitive Edition

Mafia Definitive Edition
Mafia Definitive Edition

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: September 2020
Mode: Single-player

Mafia: Definitive Edition adalah game remake dari game originalnya yang rilis pada tahun 2002 di PlayStation 2.

Tentu dengan hadirnya versi remake ini akan menambah pengalaman bermain yang sangat menarik, terlebih alur ceritanya masih sama seperti alur cerita game originalnya.

Dengan tampilan grafis game AAA masa kini dengan alur cerita Mafia yang sama dengan game originalnya, membuat game satu ini wajib sekali untuk dimainkan sesegera mungkin.

37. Assassin’s Creed Rogue

Assassin’s Creed Rogue

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch
Rilis: November 2014
Mode: Single-player

Assassin’s Creed Rogue adalah game open world dalam seri Assassin’s Creed yang karakternya bukan seorang Assassin, melainkan seorang Templar.

Dalam game AC: Rogue ini kamu akan diperlihatkan sisi lain dari seorang Templar dalam cerita Assassin’s Creed.

AC: Rogue ini juga bisa dibilang sebagai prequel dari seri Assassin’s Creed Unity. Karena alur awal cerita AC: Unity terjadi di AC: Rogue.

Dari segi gameplay, AC: Rogue mengadaptasi gameplay yang sama dengan AC 4: Black Flag. Dari segi cerita tentu sangat bagus untuk dilihat dan dinikmati bagi kamu yang penggemar Assassin’s Creed.

36. The Elder Scrolls V: Skyrim

The Elder Scrolls V: Skyrim gameplay
The Elder Scrolls V: Skyrim

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch
Rilis: November 2011
Mode: Single-player

Bisa dibilang The Elder Scrolls V: Skyrim ini adalah game yang bisa bertahan hingga satu dekade, dan tetap ada orang yang memainkannya.

Dalam game Skyrim ini, kamu bisa berpetualang ke gunung-gunung dan bertemu monster-monster aneh, hingga memburu seekor naga.

Dengan adanya berbagai macam MODS, membuat game Skyrim ini tidak pernah berhenti untuk dimainkan oleh banyak orang. MODS nya pun hadir dari yang terlihat wajar hingga yang aneh-aneh.

35. L.A. Noire

game open world L.A. Noire
L.A. Noire

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch
Rilis: Mei 2011
Mode: Single-player

L.A. Noire adalah game open world dari Rockstar Games. Seri berbeda dari GTA namun memiliki gameplay yang sama.

Dalam game L.A. Noire, kamu akan berperan sebagai seorang detektif yang mengungkap berbagai macam kejahatan.


Secara keseluruhan gameplay dan ceritanya sangat bagus, gameplay yang mudah untuk dimainkan dan ceritanya yang bagus untuk diikuti.

34. Grand Theft Auto IV

Grand Theft Auto IV gameplay
Grand Theft Auto IV

Tersedia untuk: PC, PS3, Xbox 360
Rilis: April 2008
Mode: Single-player, multiplayer

Grand Theft Auto IV bisa dibilang adalah penyebab awal mula suksesnya Grand Theft Auto V seperti yang sekarang ini.

Karena Engine RAGE ciptaan Rockstar pertama di uji coba pada game open world adalah pada game GTA IV.

Dari segi gameplay hampir sama seperti GTA V, hanya saja GTA IV masih banyak kekurangan dan baru disempurnakan pada GTA V. Hasilnya ya bisa dilihat, GTA V jadi laris manis sampai satu dekade.

By the way, alur cerita GTA IV tidak kalah serunya dengan GTA V. Bisa dibilang sebelas dua belas dengan GTA V.

33. Nier: Automata

Nier: Automata gameplay
Nier: Automata

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: Februari 2017
Mode: Single-player

Nier: Automata adalah game open world yang berlatar pada lingungan post-apocalypse. Dalam game kamu akan memainkan karakter bernama 2B, 9S, dan A2. Ketiga itu adalah karakter yang bisa dimainkan.

Dari segi gameplay, Nier: Automata memiliki gameplay yang tak jauh beda dengan game petualangan sejenis lainnya.

Namun yang membuat game Nier: Automata ini lebih bagus dari game sejenis adalah karena alur cerita dalam gamenya.

Alur cerita dalam game Nier: Automata pastinya bisa membuat orang jadi merasa campur aduk. Bahagia dan juga sedih menjadi satu.

Kalau kamu ingin memainkan game dengan alur cerita yang menarik, Nier: Automata wajib kamu mainkan segera.

32. Assassin’s Creed Syndicate

game open world Assassin's Creed Syndicate
Assassin’s Creed Syndicate

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: Oktober 2015
Mode: Single-player

Assassin’s Creed Syndicate membuatmu bisa bermain dengan dua karakter yang berbeda. Bermain sebagai Jacob Frye dan juga sebagai Evie Frye. Dua karakter ini adalah kakak-beradik.

Assassin’s Creed Syndicate sendiri Berlatar di kota London pada era revolusi industri. Dalam game ini kamu juga akan dipertemukan dengan banyak orang ternama. Seperti Charles Darwin, Alexander Graham Bell hingga Ratu Victoria.

Dari segi gameplay, AC: Syndicate mengalami banyak perubahan, berbeda dengan gameplay game sebelumnya AC: Rogue dan AC: Unity.

Walau berbeda tetap saja gameplaynya masih nyaman saat dimainkan, dan alur ceritanya pun sangat seru untuk dilihat.

31. Metal Gear Solid 5: Phantom Pain

Metal Gear Solid 5: Phantom Pain gameplay
Metal Gear Solid 5: Phantom Pain

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: September 2015
Mode: Single-player, multiplayer

Kalau kamu pernah main seri Metal Gear Solid dari PlayStation 1 hingga PlayStation 3, maka seri Metal Gear Solid 5: Phantom Pain ini wajib kamu mainkan juga.

Pada dasarnya Metal Gear Solid 5: Phantom Pain adalah game stealth yang mengharuskanmu mengeliminasi musuh secara diam-diam.

Tentu dari segi gameplay bisa dibilang oke punya, dan alur cerita gamenya bisa dibilang sangat bagus.

30. Watch Dogs

Game open world Watch Dogs
Watch Dogs

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One, Wii U
Rilis: Mei 2014
Mode: Single-player, multiplayer

Memainkan game open world dengan alur cerita dunia hacking tentu menjadi kesan tersediri bagi para gamers, terlebih belum banyak judul game tentang hacking dengan mengambil tema open world.

Kamu akan bermain sebagai hacker bernama Aiden Pearce, seorang vigilante yang berusaha untuk mengungkap dalang penyerangan yang membuat keponakan Aiden sampai meninggal.

Dari segi gameplay, bisa dibilang sama seperti saat memainkan game Assassin’s Creed. Dari cara melompatnya, cara memukul, hingga cara berinteraksi dengan NPC.

Di game Watch Dogs kamu bisa hack berbagai macam benda hingga orang sekitar. Mulai dari orang biasa, polisi, kendaraan, hingga sarana umum.

Overall game Watch Dogs ini sangat bagus mulai dari sisi gameplay hingga alur ceritanya. Wajib kamu mainkan segera.

29. Assassin’s Creed III

Assassin's Creed III gameplay
Assassin’s Creed III

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch
Rilis: Oktober 2012
Mode: Single-player, multiplayer

Game Assassin’s Creed III berlatar pada abad 17-an, dimana era revolusi Amerika dimulai.

Kamu akan berperan sebagai seorang Templar dan juga seorang Assassin, dengan dua karakter yang berbeda namun masih satu keluarga.

Awal alur cerita kamu akan bermain sebagai Haytam Kenway, dan pada pertengahan hingga keseluruhan cerita kamu akan bermain sebagai Connor Kenway, dua orang ini adalah ayah dan anak.

Di AC: III kamu akan bertemu dengan tokoh-tokoh terkenal seperti George Washington, Charles Lee, hingga Benjamin Franklin.

Dari segi gameplay tidak ada perubahan dari seri AC: Ezio Trilogy, dan dari segi cerita sangat bagus untuk kamu nikmati.

28. Far Cry New Dawn

Far Cry New Dawn gameplay
Far Cry New Dawn

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: Februari 2019
Mode: Single-player, multiplayer

Far Cry New Dawn adalah sequel dari Far Cry 5. Mengambil latar cerita belasan tahun setelah kejadian di Far Cry 5.

Dari segi gameplay tentu masih sama seperti Far Cry 5, dan dari segi cerita sangat bagus dan menarik untuk dilihat. Terlebih ini adalah sequel dari Far Cry 5.

Bicara soal pemandangan, Far Cry New Dawn memiliki tampilan pemandangan yang lebih cerah dengan warna-warni lingkungan yang lebih mencolok (sangat terang dan kontras).

Untukmu yang ingin memainkan Far Cry New Dawn, pastikan dulu memainkan Far Cry 5, agar kamu bisa mengerti alur ceritanya keseluruhannya seperti apa.

27. Assassin’s Creed Revelations

Assassin’s Creed Revelations

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: November 2011
Mode: Single-player, multiplayer

Assassin’s Creed Revelations adalah game penutup untuk alur Ezio Saga (kisah Ezio Auditore).

Kamu akan berpetualang ke negara Constantinople (sekarang bernama Turki) untuk mencari sebuah perpustakaan leluhur Assassin bernama Altair.

Tentu dalam game kamu akan dihadapkan dengan berbagai macam musuh. Dengan keunikannya sendiri-sendiri.

Yang membuat AC: Revelations ini bagus adalah karena game ini penutup kisah Ezio Auditore sebelum dirinya pensiun dari dunia Assassin.

Untukmu yang main Assassin’s Creed II serta Brotherhood, maka judul Assassin’s Creed Revelation ini wajib dimainkan juga.

26. Batman: Arkham City

Batman Arkham City
Batman Arkham City

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: Oktober 2011
Mode: Single-player

Batman: Arkham City termasuk salah satu game Batman terbaik dengan tema open world yang memiliki gameplay sangat bagus.

Dalam game ini, kamu tidak hanya bertemu dengan musuh-musuh Batman saja, kamu juga akan dituntut untuk memecahkan teka-teki yang disajikan mengikuti alur ceritanya.

Kamu akan disajikan berbagai macam bentuk senjata khas Batman, bisa kamu gunakan sesuai gaya bermainmu.

Untuk alur ceritanya, sangat bagus untuk diikuti. Layaknya kamu menonton film Batman saja, mengikuti alur cerita game Batman juga sama asyiknya.

25. Assasssin’s Creed: Brotherhood

Assassin's Creed: Brotherhood gameplay
Assassin’s Creed: Brotherhood

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: November 2010
Mode: Single-player, multiplayer

Walau ini termasuk game klasik seri Assassin’s Creed, tetap saja game Assassin’s Creed Brotherhood memberikan cerita dan gameplay yang menarik.

Walau gameplaynya memang tidak begitu optimal, namun alur ceritanya sangat bagus untuk kamu ikuti dan nikmati.

AC: Brotherhood berlatar beberapa tahun setelah kejadian di AC: II. Di game ini pun Ezio masih berseteru dengan keluarga Borgia.

24. Assassin’s Creed II

Assassin's Creed II gameplay
Assassin’s Creed II

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: November 2009
Mode: Single-player

Assassin’s Creed II memang tidak memiliki pemandangan yang indah khas open world seperti saat ini, bahkan dari segi gameplaynya pun belum teroptimasi dengan baik.

Namun yang membuat spesial Assassin’s Creed II adalah karena alur ceritanya yang bagus dan menarik untuk diikuti.

Bahkan pemain pun bisa melihat perkembangan karakter Ezio dari yang orang biasa hingga menjadi seorang Assassin. Semua tersaji di alur cerita yang dikemas secara rapi.

Untukmu yang suka game Assassin’s Creed, maka seri Assassin’s Creed II, Brotherhood hingga ke Revelations (Ezio Trilogy) wajib sekali untuk dimainkan.

23. Borderlands 3

Borderlands 3 gameplay
Borderlands 3

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One, Stadia
Rilis: September 2019
Mode: Single-player, multiplayer

Borderlands 3 adalah judul terbaru dari seri game Borderlands. Dengan genre game FPS, kamu bisa memainkan game ini dalam satu kelompok yang dapat diisi hingga empat orang.

Dari segi gameplaynya pun tidak banyak yang berubah dari seri Borderlands sebelumnya. Sehingga tak sulit untukmu menguasai kembali game satu ini.

Untukmu yang ingin memainkan Borderlands 3, wajib sekali memainkan seri-seri sebelumnya, karena cerita di Borderlands 3 menyambung dengan seri kedua dan The Pre-sequel.

22. Red Dead Redemption

Game open world Red Dead Redemption
Red Dead Redemption

Tersedia untuk: PS3, Xbox 360
Rilis: Mei 2010
Mode: Single-player, multiplayer

Red Dead Redemption adalah game open world dari Rockstar Games. Game satu ini sequel dari Red Dead Redemption 2. Berlatar di awal tahun 1900-an dengan lingkungan khas koboi.

Menceritakan belasan tahun setelah kejadian di Red Dead Redemption 2, kamu akan bermain sebagai John Marston dan juga anaknya bernama Jack Marston di akhir game (spoiler).

Untukmu yang suka dengan game Red Dead Redemption 2 yang rilis 2018 lalu di PlayStation 4 dan November 2019 lalu di PC, serta ingin tahu kelanjutan ceritanya seperti apa, maka game Red Dead Redemption ini sangat wajib dimainkan segera.

Dari segi gameplay ada perkembangan dibandingkan dengan Grand Theft Auto IV, walau sama-sama menggunakan engine RAGE (Rockstar Advance Game Engine).

Overall game Red Dead Redemption ini sangat bagus dari segi gameplay hingga ke alur ceritanya. Harus sekali kamu mainkan segera.

21. Far Cry 4

Far Cry 4 gameplay
Far Cry 4

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: November 2014
Mode: Single-player, multiplayer

Far Cry 4 termasuk salah satu judul game di seri Far Cry dengan alur cerita yang bagus serta menarik untuk diikuti.

Dalam game ini, kamu akan berpetualang di negara Nepal sebagai Ajay Ghale. Sambil mengalahkan musuh-musuh, kamu juga bisa berpetualang sambil melihat pemandangan gunung-gunung di sekitar.

Masih sama seperti seri Far Cry 3 sebelumnya, kontrol game masih tidak ada perbedaan yang terlalu besar. Kamu bisa menguasai game ini dengan cepat, sama seperti kamu menguasai game Far Cry 3 (jika kamu memainkan gamenya).

20. Batman: Arkham Origins

Batman Arkham Origins gameplay
Batman Arkham Origins

Tersedia untuk: PC, PS3, Xbox 360
Rilis: Oktober 2013
Mode: Single-player, multiplayer

Batman Arkham Origins adalah salah satu game Batman yang diciptakan oleh WB Games Montreal.

Biasanya game Batman Arkhamverse (semesta Arkham di game Batman) diciptakan oleh Rocksteady.

Walau bukan Rocksteady yang menciptakan Batman Arkham Origins, tetap gameplay dan cutscene dalam Arkham Origins sangat bagus untuk dilihat. Sebanding dengan game Batman ciptaan Rocksteady.

Arkham Origins sendiri mengisahkan kisah awal Bruce Wayne menjadi seorang Batman. Disini kamu akan bertemu dengan musuh-musuh Batman seperti Deadshot, Black Mask hingga Harley Quinn.

19. Watch Dogs 2

Game open world Watch Dogs 2
Watch Dogs 2

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: November 2016
Mode: Single-player

Watch Dogs 2 adalah sequel dari game Watch Dogs, masih dengan musuh yang sama yaitu Blume dengan teknologi ctOS-nya.

Dalam game Watch Dogs 2, kamu bisa memasuki celah-celah sempit dengan bantuan RC dan Drone.

Mode multiplayer di Watch Dogs 2 juga memungkinkanmu untuk bisa co-op dengan pemain lain untuk menyelesaikan misi bersama.

Di game ini kamu akan bermain sebagai Marcus Holloway. Kamu juga akan bertemu dengan karakter lama di Watch Dogs seperti Aiden Pearce hingga Raymond Kenney.

18. Forza Horizon 4

Forza Horizon 4 gameplay
Forza Horizon 4

Tersedia untuk: PC, Xbox One
Rilis: Oktober 2018
Mode: Single-player, multiplayer

Forza Horizon 2 memungkinkanmu untuk berpetualang ke kota-kota di dunia namun hanya dengan mobil saja. Kamu tentu tidak bisa keluar dari mobil, yang kamu kendalikan hanya mobil saja.

Di Forza Horizon 4 kamu akan disuguhkan bermacam-macam tipe mobil dari yang murah sampai ke yang mahal. Bahkan detail pada mobil seperti terlihat asli.

Agar permainan Forza Horizon 4 bisa terasa lebih nyata, sangat disarankan untuk memainkan gamenya menggunakan kontrol kemudi dan pedal mobil, seperti Logitech G920.

17. The Legend of Zelda: Breath of the Wild

The Legend of Zelda: Breath of the Wild gameplay
The Legend of Zelda: Breath of the Wild

Tersedia untuk: Nintendo Switch, Wii U
Rilis: Maret 2017
Mode: Single-player

The Legend of Zelda: Breath of the Wild adalah game open world khusus untuk Nintendo Switch dan Wii U. Kamu akan bermain sebagai Zelda di lingkungan kerajaan Hyrule.

Karena game ini khusus untuk perangkat game Nintendo saja, maka kamu harus mempunyai paling tidak Nintendo Switch terlebih dahulu jika ingin memainkan gamenya.

16. Batman Arkham Knight

Batman Arkham Knight gameplay
Batman Arkham Knight

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: Juni 2015
Mode: Single-player

Game Batman Arkham Knight adalah penutup dari game Batman di Arkhamverse. Akhir kisah Batman di Arkhamverse bisa kamu lihat di game ini.

Gameplaynya pun tidak ada perubahan dari dua seri sebelumnya. Cerita yang tersaji di game Arkham Knight ini sangat luar biasa.

Di Arkham Knight kamu bisa memodifikasi tampilan Batmobile, bahkan kamu bisa mengganti-ganti skin Batman itu sendiri. Mulai dari gaya Batman biasa hingga Batman Beyond.

Disini kamu akan banyak bertemu karakter-karakter lama dari seri Arkham sebelumnya, seperti Catwoman, Scarecrow, Harley Quinn, hingga Two-Face.

By the way, kalau kamu ingin memainkan game ini, pastikan dulu kamu memainkan seri Arkham sebelumnya, bisa mulai dari Arkham Origins, Arkham Asylum, Arkham City, lalu Arkham Knight.

Biar bisa dapat alur cerita lengkapnya. Overall game ini sangat bagus untuk dimainkan sesegera mungkin.

15. Death Stranding

Death Stranding gameplay
Death Stranding

Tersedia untuk: PC, PS4
Rilis: November 2019
Mode: Single-player

Game Death Stranding adalah game yang unik, berbeda dari yang lain. Kamu akan terus-terusan berjalan selama dalam permainan gamenya.

Game ini ibarat kurir simulator. Kamu hanya ditugaskan untuk mengantarkan barang ke tempat tujuan.

Tapi perlu berhati-hati juga karena ada musuh-musuh yang akan menghadangmu di jalan, seperti Beached Things (BTs) hingga MULE.

Yang membuat game ini terbilang bagus adalah karena alur ceritanya, kalau kamu memainkan game ini untuk alur cerita utamanya, kamu dijamin akan puas dan ingin mengulang lagi gamenya dari awal.

Kesampingkan dulu sidequest, dan coba selesaikan misi utamanya. Alur cerita utamanya sangat bagus untuk kamu lihat dan ikuti.

14. Assassin’s Creed IV: Black Flag

Game open world Assassin's Creed IV" Black Flag
Assassin’s Creed IV: Black Flag

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch
Rilis: Oktober 2013
Mode: Single-player, multiplayer

Assassin’s Creed IV: Black Flag adalah sesuatu yang berbeda, game open world bertemakan bajak laut ini tidak ada lawan tandingnya yang sebanding.

Dalam game AC IV: Black Flag, kamu akan bermain sebagai Edward Kenway, seorang bajak laut yang berubah haluan menjadi seorang Assassin.

Kamu bisa berpergian dan berpetualang, mulai dari berlari hingga menggunakan kapal.

Saat kamu berpetualang di lautan, kamu bebas suka-suka menyerang kapal hingga markas lawan dengan meriam dari kapalmu sendiri.

Alur cerita AC IV: Black Flag sangat bagus dan seru untuk diikuti, apalagi ditambah munculnya karakter sejarah seperti Blackbeard, Anne Bonny, hingga Bernjamin Hornigold.

Kalau kamu suka game bertemakan Bajak Laut, maka game Assassin’s Creed IV: Black Flag ini tak boleh kamu lewatkan.

Oh ya, AC IV: Black Flag ini adalah prequel dari Kenway Saga, yang menghubungkan tiga seri utama game Assassin’s Creed. Mulai dari AC: Black Flag, AC: Rogue, dan AC: III.

13. Kingdom Come: Deliverance

Kingdom Come: Deliverance gameplay
Kingdom Come: Deliverance

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: Februari 2018
Mode: Single-player

Kamu bisa menjelajahi lingkungan sekitar di kerajaan Bohemia pada abad 15-an dalam game Kingdom Come: Deliverance.

Banyaknya quest di game ini membuat Kingdome Come: Deliverance menjadi salah satu game open world terbaik yang bisa kamu mainkan segera.

Dalam game, kamu bisa membeli hingga mencuri armor dan senjata. AI dalam game ini juga cukup pintar. Jika kamu membuat NPC kesal, maka dia tidak akan berbicara lagi denganmu keesokan harinya.

Oh ya, di game ini kamu juga akan diberikan pilihan pasangan yang bisa kamu ajak bercinta. Kembali lagi setiap pilihan yang kamu pilih di game ini menentukan alur cerita gamenya.

12. Watch Dogs Legion

Watch Dogs Legion gameplay
Watch Dogs Legion

Tersedia untuk: PC, PS5, PS4, Xbox Series X, Xbox One
Rilis: Oktober 2020
Mode: Single-player, multiplayer

Watch Dogs Legion adalah game open world terbaik yang memungkinkanmu untuk bisa memainkan hampir seluruh NPC dalam gamenya.


Tidak ada karakter utama, semua karakter dalam game bisa kamu pilih untuk dijadikan karakter favoritmu yang digunakan untuk menyelesaikan misi.

Watch Dogs Legion juga memiliki tampilan pemandangan yang bagus, bahkan mendungkung fitur Ray Tracing.

11. Far Cry 5

Far Cry 5 gameplay
Far Cry 5

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One
Rilis: Maret 2018
Mode: Single-player, multiplayer

Far Cry 5 adalah prequel dari Far Cry New Dawn, bertempat di kota fiksi Hope Country, kamu akan berhadapan dengan beberapa anggota perkumpulan sesat di tempat itu.

Dalam game Far Cry 5, kamu bisa memancing, berburu, hingga mencoba berbagai macam kendaraan dari mobil hingga pesawat.

Alur cerita Far Cry 5 pun sangat bagus dengan banyak adegan penuh aksi, kamu pastinya akan menikmati alur cerita dari Far Cry 5 ini.

10. Assassin’s Creed Origins

Game open world Assassin's Creed Origins
Assassin’s Creed Origins

Tersedia untuk:  PC, PS4, Xbox One
Rilis: Oktober 2017
Mode: Single-player

Di Assassin’s Creed Origins, kamu akan berpetualang di Mesir kuno era pemerintahan Cleopatra. Bahkan kamu juga akan bertemu dengannya di dalam game ini.

Assassin’s Creed Origins akan menyajikan cerita awal kisah terbentuknya Assassin’s Creed dengan sebutan Hidden One (baru disebut Brotherhood pada game Assassin’s Creed 1).

Kamu akan bermain sebagai Bayek, seorang Medjay terakhir yang bertugas untuk menyelamatkan penduduk Mesir dari kekejaman tentara romawi kuno serta pemerintahan Ptolemy XIII (adik Cleopatra).

Bahkan di DLC The Curse of Pharaohs kamu bisa berpetualang di dunia arwah, dimana kamu akan bertemu dengan para arwah dari Pharaoh (firaun) zaman dulu, termasuk Ramesses II.

9. Ghost of Tsushima

Ghost of Tsushima gameplay
Ghost of Tsushima

Tersedia untuk: PS4
Rilis: Juli 2020
Mode: Single-player

Ghost of Tsushima adalah game open world eksklusif PlayStation 4 keluaran terbaru dari developer Sucker Punch Productions.

Dalam game Ghost of Tsushima, kamu bisa berpetualang di pulau Tsushima saat tahun 1200-an, dimana Mongolia menjajah Jepang dan negara-negara Asia & Eropa lainnya.

Disini kamu akan bermain sebagai Jin Sakai yang bertugas mengusir para tentara Mongolia yang menginvasi pulau Tsushima di Jepang saat itu.

Kamu bisa memilih gaya permainan seperti apa yang ingin kamu mainkan, misalnya ingin menjadi seorang Samurai atau Ghost.

Samurai jika kamu bermain langsung serang markas tanpa pikir panjang, dan Ghost jika kamu bermain gaya Stealth atau sembunyi-sembunyi saat menyerang markas tentara Mongol.

8. Spider-Man (2018 video game)

Game open world Spider-Man (2018 video game)
Spider-Man (2018 video game)

Tersedia untuk: PS4
Rilis: September 2018
Mode: Single-player

Berpetualang di dunia game sambil bergelantungan dengan jaring laba-laba tentu terlihat mengasyikan, apalagi jika pemandangan dalam game tersebut sangat bagus dan memanjakan mata.

Game Spider-Man eksklusif untuk PlayStation 4 ini hadir dengan gameplay dan juga alur cerita yang sempurna.

Untukmu yang penggemar Spider-Man tentu game satu ini tak boleh kamu lewatkan begitu saja, harus kamu mainkan segera.

7. Grand Theft Auto V

Game open world Grand Theft Auto V
Grand Theft Auto V

Tersedia untuk: PC, PS5, PS4, Xbox Series X, Xbox One
Rilis: September 2013
Mode: Single-player, multiplayer

Grand Theft Auto V adalah game open world tersukses Rockstar yang bisa bertahan hingga satu dekade lebih.

Bahkan mode multiplayernya Grand Theft Auto Online memiliki banyak pemain dari berbagai negara di dunia.

Dari segi gameplay tentu ada perkembangan dari game-game Rockstar sebelumnya.

Di game ini kamu akan diberikan tiga pilihan karakter yang bisa dimainkan, Michael, Franklin, dan Trevor.

Masing-masing memiliki perannya sendiri-sendiri dalam alur cerita single-player GTA V.

Kalau kamu sudah menyelesaikan mode single-playernya, mencoba GTA Online tentu menjadi pilihan yang tepat.

Apalagi di GTA Online banyak sekali misi-misi yang bisa kamu selesaikan bersama teman maupun pemain dari negara lain.

6. Assassin’s Creed Odyssey

game open world Assassin's Creed Odyssey
Assassin’s Creed Odyssey

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch, Stadia
Rilis: Oktober 2018
Mode: Single-player

Assassin’s Creed Odyssey berlatar ratusan tahun sebelum Assassin’s Creed Origins. Disini kamu bermain sebagai Alexios dan Kassandra.

Dua karakter tersebut dapat kamu pilih sebelum game dimulai. Ketika kamu memilih salah satu, maka kamu harus memainkan karakternya hingga game selesai.

Assassin’s Creed Odyssey sendiri memiliki gameplay yang sama seperti Assassin’s Creed Origins. Bahkan pemandangannya pun terlihat menggunakan kembali pemandangan dari dalam game Assassin’s Creed Origins

Walaupun begitu, AC: Odyssey ini memberikan waktu bermain yang sangat lama hingga ratusan jam dengan banyaknya misi utama serta sampingan yang bisa kamu selesaikan.

Selain itu di DLC-nya, kamu bisa berpetualang di Atlantis dan bertemu dengan para Dewa Dewi Yunani kuno.

Bahkan di DLC berjudul Legend of The First Blade, kamu akan diperlihatkan asal mula kisah dan sebutan dari Assassin itu sendiri.

Secara keseluruhan game Assassin’s Creed Odyssey sangat sempurna mulai dari alur ceritanya hingga gameplaynya.

Bagi kamu yang suka seri Assassin’s Creed, maka game Odyssey ini tak boleh kamu lewatkan.

5. Horizon Zero Dawn

Game open world Horizon Zero Dawn
Horizon Zero Dawn

Tersedia untuk: PC, PS4
Rilis: Februari 2017
Mode: Single-player

Bicara soal pemandangan open world yang indah tentu harus bicara game Horizon Zero Dawn.

Disini kamu akan diperlihatkan pemandangan hutan yang sangat bagus dengan berbagai macam keunikan robot yang tinggal di dalamnya.

Kamu juga bisa beruru hewan-hewan robot dengan AI yang sangat pintar. Walau terlihat sulit, tapi tetap menyenangkan.

Horizon Zero Dawn sendiri berlatar di abad 31, dimana manusia hidup terbatas dan harus berdampingan dengan para robot.

4. Red Dead Redemption 2

Game open world Red Dead Redemption 2
Red Dead Redemption 2

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One, Stadia
Rilis: Oktober 2018
Mode: Single-player, multiplayer

Satu kata, yaitu sempurna. Red Dead Redemption 2 memberikan pengalaman bermain yang sangat-sangat mengasyikan, dengan berbagai macam pilihan dialog yang bisa dipilih.

Disini kamu bermain sebagai Arthur Morgan, seorang outlaw yang sering pindah-pindah tempat untuk mencari uang (dengan cara merampok).

Red Dead Redemption 2 (RDR 2) sendiri adalah prequel dari Red Dead Redemption 1.

Dalam RDR 2 pun kamu akan diperlihatkan kisah John Marston saat masa-masa dirinya masih menjadi outlaw dan masih berteman dengan Dutch, Javier, hingga Bill.

Alur ceritanya sangat sempurna, kamu akan diperlihatkan perkembangan karakter Arthur Morgan, dari outlaw hingga menjadi tobat.

Kamu pun bisa memilih ingin Arthur Morgan menjadi seperti apa, baik atau jahat. Satu kebaikan yang kamu lakukan di game akan diberikan poin tambah. Dan satu kejahatan akan membuat poinmu berkurang.

Yang tak ketinggalan, tentu misteri-misteri yang tersaji di game RDR 2 ini, mulai dari tulang raksasa hingga kuburan viking kuno bisa kamu temukan disini.

Bicara soal pemandangan dalam gamenya, tentu sangat-sangat indah, apalagi ada penambahan efek cahaya untuk versi PC-nya, membuat pemandangan di RDR 2 menjadi lebih sempurna.

3. Assassin’s Creed Valhalla

Game open world Assasin's Creed Valhalla
Assassin’s Creed Valhalla

Tersedia untuk: PC, PS5, PS4, Xbox Series X, Xbox One
Rilis: November 2020
Mode: Single-player

Assassin’s Creed Valhalla adalah game open world bertemakan Viking. Berlatar di tahun 873 dimana para Viking mulai menginvasi daratan Eropa untuk mencari tempat tinggal. Disini kamu bermain sebagai Eivor.

Eivor sendiri bisa kamu pilih gendernya, pria atau wanita, semua sesuai keinginanmu.

Oh ya, di Assassin’s Creed Valhalla memiliki beberapa pilihan ending, dimana itu semua ditentukan dari pilihan dialog yang kamu pilih saat bermain.

Kamu juga bisa mengambil senjata orang lain dan menyimpannya sampai akhir game tanpa harus kehilangan senjata tersebut.

Game Assassin’s Creed sebelumnya tidak memperbolehkan menyimpan senjata musuh di inventory sendiri, maka di AC: Valhalla ini kamu bisa melakukannya.

Selain kamu berpetualang di daratan Inggris, kamu juga bisa membangun bangunan seperti Hidden Ones Bureau, Blacksmith, Barracks, Trading Post, Museum, Hunter Post, dan masih banyak lagi.

Paling terbaru dan banyak disukai penggemar Assassin’s Creed di seri Valhalla ini adalah sistem combat atau pertarungannya, dimana beberapa pertarungan menampilkan animasi khas seorang Assassin ketika musuh jatuh ketanah.

Di AC: Valhalla ini juga banyak side activities seperti perlombaan minum, adu ejekan, sampai bermain puzzle.

2. The Witcher 3: Wild Hunt

Game open world The Witcher 3: Wild Hunt
The Witcher 3: Wild Hunt

Tersedia untuk: PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch
Rilis: Mei 2015
Mode: Single-player

The Witcher 3 hadir dengan cerita dan gameplay yang sangat sempurna. Dengan berbagai macam pilihan dialog yang mempengaruhi jalan cerita, membuat game satu ini wajib kamu mainkan segera.

The Witcher 3 memberikan waktu main yang sangat lama, bisa ratusan jam kamu habiskan untuk menyelesaikan seluruh misi, mulai dari misi utama, sampingan hingga misi dari DLC-nya.

Kamu akan bermain sebagai Geralt dan juga Ciri. Dua karakter tersebut bisa kamu mainkan mengikuti alur ceritanya.

Dimana kamu bermain sebagai Geralt di cerita utama, dan Ciri saat flashback sekaligus di pertengahan dan akhir cerita.

1. Cyberpunk 2077

Game open world Cyberpunk 2077
Cyberpunk 2077

Tersedia untuk: PC, PS5, PS4, Xbox Series X, Xbox One, Stadia
Rilis: November 2020
Mode: Single-player, multiplayer

Cyberpunk 2077 adalah game RPG terbaru dengan tema open world dari CD Projekt Red.

Cyberpunk 2077 bisa dikatakan game open world terbaik karena menyajikan berbagai pilihan dialog yang bisa mempengaruhi cerita.

Bahkan alur ceritanya sendiri bisa ditentukan dari pilihan dialog apa yang kamu pilih.

Terlebih lagi, kamu disajikan tiga pilihan life path di awal permainan seperti Nomad, Street Kid, dan Corpo.

Nomad membuatmu memulai petualangan dari Badlands, Street Kid membuatmu merasakan asam manis Night City, dan Corpo menjadikanmu kaki tangan korporasi Arasaka.

Selain itu Cyberpunk 2077 juga memberikanmu pilihan gaya permainan, entah itu mau main bergaya asal hajar penuh aksi, atau bermain dengan memakai strategi, semua kamu yang pilih.

Yang paling membuat Cyberpunk 2077 menjadi game yang paling ditunggu-tunggu adalah kostumisasi karakternya itu sendiri.

Kamu bisa mengkostumisasi apapun ditubuhmu, mata, hidung, tangan, bahkan alat kelamin pun bisa diatur bentuknya mau seperti apa.

Untukmu yang ingin bermain game dengan alur cerita yang kompleks dan tak bisa ditebak-tebak, maka bermain Cyberpunk 2077 adalah pilihan yang tepat.

Akhir Kata

Jadi itu tadi beberapa judul game terbaik yang harus kamu mainkan segera.

Dari kumpulan judul game diatas, beberapa diantaranya datang dari seri ternama seperti Assassin’s Creed, Grand Theft Auto, Far Cry dan Watch Dogs.

Selain kamu bisa jalan-jalan di dunia gamenya, game open world juga memberikan waktu bermain yang sangat lama, bahkan hingga ratusan jam untuk menyelesaikan misi-misinya.

Apapun game yang akan kamu mainkan, harus diingat… jangan lupa waktu saat bermain game.

Deretan Laptop Gaming Terbaik, Terupdate 2020!

17 Sneakers Termahal di Dunia, Tertarik Untuk Membelinya?