in

35 Game Pertanian PC dan Android Terbaik, Seperti Merasakan Pengalaman Bertani Sungguhan!

Kami mengumpulkan puluhan game pertanian PC dan Android terbaik yang buatmu bisa merasakan pengalaman bertani seperti sungguhan. Wajib kamu coba!

Game bertani terbaik tentu memiliki kualitas yang menenangkan, baik dari segi gameplay-nya maupun alur ceritanya (jika ada).

Pemandangan dalam game pun juga harus di desain serapi dan sebersih mungkin, layaknya sebuah kota indah yang memiliki banyak pertanian di dalamnya.

Selain kota, keindahan dari perbukitan, pepohonan, rumput, keakuratan cuaca pun juga menentukan apakah game bertani tersebut memiliki kualitas atau sebaliknya.

Game bertani pada dasarnya memiliki sifat berulang, mulai dari mengolah menanam hingga panen dilakukan berulang kali, sambil ditemani keindahan alam yang nyaman dipandang walaupun kamu diduk di depan layar komputer atau smartphone seharian.

Untukmu yang menyukai genre satu ini, berikut Wokeeh sajikan puluhan daftar game pertanian PC dan Android terbaik yang bisa kamu coba sekarang!

Game PC

1. Stardew Valley

Game Pertanian Stardew Valley
Stardew Valley

Stardew Valley adalah salah satu game pertanian terbaik yang dirilis pada tahun 2016 dan baru memasuki masa kepopulerannya sekitar awal 2017.

Di game ini, kamu akan mewarisi pertanian keluarga dan pindah ke desa kecil bernama Kota Pelican.

Selain bertani, di Stardew Valley kamu juga bisa berteman hingga berpasangan dengan penduduk setempat. Serta merevitalisasi kota dengan bantuan makhluk bernama Junimos.

Jika bosan bermain sendiri, kamu bisa mengundang 1-3 pemain untuk bergabung di sesi online. Bekerja bersama untuk membangun pertanian, sumber daya, hingga meningkatkan poin di kota setempat.

Ingin tantangan lebih? Kamu bisa mengeksplorasi goa dan bertemu monster hingga menemukan sumber daya yang langka, seperti batu pertmata dan lainnya untuk merakit maupun upgrade alat.

2. My Time At Portia

Game pertanian My Time at Portia
My Time At Portia

Walaupun tidak sepenuhnya tentang pertanian, My Time At Portia tetap asyik dimainkan. Sebagian besar misi dalam game ini adalah merakit sesuatu untuk membantu masyarakat kota setempat.

Disini kamu mewarisi rumah kecil dan bengkel dari ayahmu di pulau kecil bernama Portia. Jika beruntung, kamu akan bertemu NPC yang sesuai dengan karakteristik dan seleramu lalu menikahinya.

Tidak semua sumber daya dalam game bisa didapatkan dengan mudah, terkadang kamu perlu memasuki lorong yang dipenuhi oleh monster hingga menggali goa yang dalam.

Paling asyiknya, semua kegiatanmu dalam game dibalut dengan alur cerita yang menarik. Bahkan di beberapa misi kamu akan bertemu NPC baru (datang belakangan).

My Time At Portia bisa disebut game pertanian PC terbaik walaupun tidak 100% tentang pertanian. Wajib deh kamu mainkan.

3. Farming Simulator

Farming Simulator
Farming Simulator

Game Farming Simulator dirilis setiap tahun, bisa dilihat dari angka tahun yang ada dibelakang judulnya. Seperti Farming Simulator 19, 20, 22, 23 dan seterusnya.

Farming Simulator adalah game pertanian yang paling realistis, bahkan bisa jadi pembelajaran untuk siapapun yang ingin terjun di dunia bisnis bertani.

Bahkan disini kamu bisa mengelola neraca tahunan hingga memutuskan alat, ternak, maupun benih apa yang akan dibeli.

Jika lelah bekerja sendirian, kamu bisa merekrut NPC untuk bekerja di ladang hingga meminta bantuan pemain online lain, bisa mengundang hingga 16 pemain.

Setiap sisi pertanian dalam game ini tampak seperti nyata, layaknya kamu sedang bertani sungguhan.

Mulai dari kendaraan yang dipakai, ternak yang dipelihara, alat yang digunakan, cuaca harian, data keuangan yang diolah dan dikelola, perekrutan petani, hingga proses waktu bertaninya sangat sempurna.

Ingin merasakan sensasi bertani sambil duduk didepan monitor atau layar smartphone? Maka jawabannya, coba game Farming Simulator ini.

4. Ranch Simulator

Ranch Simulator
Ranch Simulator

Hampir semua game simulasi pertanian selalu dimulai dengan alur cerita mendapatkan warisan dari kakek, dalam game ini pun memiliki alur seperti itu.

Untungnya kamu bisa mengundang pemain online lain untuk membantu pekerjaan di pertanianmu. Maksimal hingga 4 pemain.

Hampir sama seperti game diatas, Ranch Simulator juga memberimu pengalaman mengelola keuangan pertanian, hasil panen, perkakas apa yang ingin dibeli, merenovasi rumah, hingga ternak mana yang ingin dipelihara.

Poin lebihnya, di Ranch Simulator kamu bisa berburu dengan senapan di wilayah luar pertanianmu, mulai dari Rusa hingga Beruang.

Namun tidak selamanya kamu berburu, terkadang pertanian hingga peternakanmu juga diburu, oleh Serigala lapar tentunya. Siapkan senapan ketika Serigala mulai mendekati pertanian dan peternakanmu.

5. Hundred Days Winemaking Simulator

Hundred Days Winemaking Simulator
Hunred Days Winemaking Simulator

Hundred Days Winemaking Simulator adalah game pertanian buah anggur yang diolah menjadi pabrik pembuat Wine.

Disini kamu akan belajar proses demi proses dalam pembuatan sebuah Wine, mulai dari anggur mana yang akan ditanam hingga kapan harus panen.

Terkadang tidak hanya Wine yang dijual, Anggur pun juga bisa kamu jual untuk memungkinkan perusahaan berkembang dengan uang yang diperoleh dari hasil penjualan.

Setiap pilihan yang kamu buat dalam game akan menentukan kualitas Wine yang dihasilkan. Wine yang berkualitas akan memungkinkan perusahaanmu berkembang lebih baik dan cepat.

6. Farm Together

Game bertani Farm Together
Farm Together

Dalam Farm Together, kamu memulai sebuah pertanian dari blok kecil satu persatu hingga menjadi pertanian yang besar membentang jauh dari yang bisa dilihat oleh mata.

Setiap hasil panen bisa dijual untuk mendapatkan uang, dari sana bisa dikelola lagi menjadi sebuah gedung dan fasilitas baru untuk pertanianmu.

Tentu kamu tidak akan bertani sendirian, ada pilihan Kucing atau Anjing yang bisa menemanimu seharian saat sedang bertani ataupun dalam rumah.

7. Story of Seasons: Friends of Mineral Town

Story of Seasons: Friends of Mineral Town
Story of Seasons: Friends of Mineral Town

Story of Seasons Friends of Mineral Town pada dasarnya adalah game Harvest Moon: Back to Nature versi High Quality. Dirilis pada tahun 2019 di Jepang, dan 2020 untuk Internasional.

Bedanya dengan Harvest Moon Back to Nature, di Friends of Mineral Town ada beberapa karakter tambahan seperti Jennifer dan Brandon.

Selebihnya, 100% tampilan karakter hingga denah kota tidak jauh beda dengan game Harvest Moon: Back to Nature.

Seperti game awalnya, kam mengembangkan pertanian warisan sang kakek, memperluas rumah, mengeksplor goa, mengikuti acara penting di pusat kota, berlomba, hingga menikah dengan NPC favoritmu.

Untuk kamu yang ingin nostalgia dengan game Harvest Moon versi PlayStation 1, maka wajib memainkan game Story of Seasons: Friends of Mineral Town satu ini.

8. No Place Like Home

Game No Place Like Home
No Place Like Home

No Place Like Home adalah game pertanian yang cukup unik, dimana latar lingkungan hingga cerita dalam game terjadi saat post-apocalyse.

Semua manusia meninggalkan Bumi untuk tinggal di planet Mars, hanya beberapa saja yang masih tinggal di Bumi.

Dalam game, kamu harus berusaha membersihkan lingkungan, membuat kerajinan dari sumber daya daur ulang, memelihara hewan ternak, hingga membangun kembali desa yang sedikit rusak.

9. Littlewood

Game bertani Littlewood
Littlewood

Ketika kamu sudah menyelamatkan dunia dari Penyihir Hitam, dunia Solemn akhirnya menjadi damai. Namun kenyataannya, kamu tidak mengingat apa-apa. Itulah awal cerita dalam game ini.

Dalam Littlewood, kamu bisa mengeksplor dunia Solemn, bertemu dengan penduduk kota, hingga mengumpulkan items dan materials yang langka.

Selain bertani, tugasmu dalam game ini juga membantu memenuhi permintaan penduduk kota. Ketika tugas selesai, kamu akan mendapatkan beberapa poin hati dari penduduk kota.

10. Farmer’s Dynasty

Game pertanian Farmer's Dynasty
Farmer’s Dynasty

Farmer’s Dynasty termasuk salah satu game pertanian PC yang hampir mirip dengan Farming Simulator. Poin tambahnya di game ini ada fitur untuk menikah.

Awal cerita dalam game lagi-lagi kamu mendapat warisan pertanian dari kakek, dimana mungkin kondisinya tidak sebaik saat mengunjunginya bersama kakek ketika kamu kecil dulu.

Kini kamu sudah dewasa, warisan pertanian dari sang kakek menjadi tanggungjawabmu. Tugasmu kali ini membuat sebuah Dinasti pertanian yang menguntungkan dan bermanfaat untuk lingkungan sekitar.

Dalam game kamu bisa bertani, memperbaiki kandang hewan ternak, berinteraksi dengan lingkungan sekitar, hingga mengelola keuangan dari hasil panen yang sudah dijual.

Ini Dia 9 Ciri Orang Cerdas, Apakah Kamu Termasuk?

6 Alasan Kenapa Menjadi Jomblo Adalah Momen Tepat Untuk Pengembangan Diri