in

35 Game Pertanian PC dan Android Terbaik, Seperti Merasakan Pengalaman Bertani Sungguhan!

Kami mengumpulkan puluhan game pertanian PC dan Android terbaik yang buatmu bisa merasakan pengalaman bertani seperti sungguhan. Wajib kamu coba!

Game bertani terbaik tentu memiliki kualitas yang menenangkan, baik dari segi gameplay-nya maupun alur ceritanya (jika ada).

Pemandangan dalam game pun juga harus di desain serapi dan sebersih mungkin, layaknya sebuah kota indah yang memiliki banyak pertanian di dalamnya.

Selain kota, keindahan dari perbukitan, pepohonan, rumput, keakuratan cuaca pun juga menentukan apakah game bertani tersebut memiliki kualitas atau sebaliknya.

Game bertani pada dasarnya memiliki sifat berulang, mulai dari mengolah menanam hingga panen dilakukan berulang kali, sambil ditemani keindahan alam yang nyaman dipandang walaupun kamu diduk di depan layar komputer atau smartphone seharian.

Untukmu yang menyukai genre satu ini, berikut Wokeeh sajikan puluhan daftar game pertanian PC dan Android terbaik yang bisa kamu coba sekarang!

Game PC

1. Stardew Valley

Game Stardew Valley
Stardew Valley

Stardew Valley adalah salah satu game pertanian terbaik yang dirilis pada tahun 2016 dan baru memasuki masa kepopulerannya sekitar awal 2017.

Di game ini, kamu akan mewarisi pertanian keluarga dan pindah ke desa kecil bernama Kota Pelican.

Selain bertani, di Stardew Valley kamu juga bisa berteman hingga berpasangan dengan penduduk setempat. Serta merevitalisasi kota dengan bantuan makhluk bernama Junimos.

Jika bosan bermain sendiri, kamu bisa mengundang 1-3 pemain untuk bergabung di sesi online. Bekerja bersama untuk membangun pertanian, sumber daya, hingga meningkatkan poin di kota setempat.

Ingin tantangan lebih? Kamu bisa mengeksplorasi goa dan bertemu monster hingga menemukan sumber daya yang langka, seperti batu pertmata dan lainnya untuk merakit maupun upgrade alat.

2. My Time At Portia

Game My Time At Portia
My Time At Portia

Walaupun tidak sepenuhnya tentang pertanian, My Time At Portia tetap asyik dimainkan. Sebagian besar misi dalam game ini adalah merakit sesuatu untuk membantu masyarakat kota setempat.

Disini kamu mewarisi rumah kecil dan bengkel dari ayahmu di pulau kecil bernama Portia. Jika beruntung, kamu akan bertemu NPC yang sesuai dengan karakteristik dan seleramu lalu menikahinya.

Tidak semua sumber daya dalam game bisa didapatkan dengan mudah, terkadang kamu perlu memasuki lorong yang dipenuhi oleh monster hingga menggali goa yang dalam.

Paling asyiknya, semua kegiatanmu dalam game dibalut dengan alur cerita yang menarik. Bahkan di beberapa misi kamu akan bertemu NPC baru (datang belakangan).

My Time At Portia bisa disebut game pertanian PC terbaik walaupun tidak 100% tentang pertanian. Wajib deh kamu mainkan.

3. Farming Simulator

Game Farming Simulator
Farming Simulator

Game Farming Simulator dirilis setiap tahun, bisa dilihat dari angka tahun yang ada dibelakang judulnya. Seperti Farming Simulator 19, 20, 22, 23 dan seterusnya.

Farming Simulator adalah game pertanian yang paling realistis, bahkan bisa jadi pembelajaran untuk siapapun yang ingin terjun di dunia bisnis bertani.

Bahkan disini kamu bisa mengelola neraca tahunan hingga memutuskan alat, ternak, maupun benih apa yang akan dibeli.

Jika lelah bekerja sendirian, kamu bisa merekrut NPC untuk bekerja di ladang hingga meminta bantuan pemain online lain, bisa mengundang hingga 16 pemain.

Setiap sisi pertanian dalam game ini tampak seperti nyata, layaknya kamu sedang bertani sungguhan.

Mulai dari kendaraan yang dipakai, ternak yang dipelihara, alat yang digunakan, cuaca harian, data keuangan yang diolah dan dikelola, perekrutan petani, hingga proses waktu bertaninya sangat sempurna.

Ingin merasakan sensasi bertani sambil duduk didepan monitor atau layar smartphone? Maka jawabannya, coba game Farming Simulator ini.

4. Ranch Simulator

Ranch Simulator
Ranch Simulator

Hampir semua game simulasi pertanian selalu dimulai dengan alur cerita mendapatkan warisan dari kakek, dalam game ini pun memiliki alur seperti itu.

Untungnya kamu bisa mengundang pemain online lain untuk membantu pekerjaan di pertanianmu. Maksimal hingga 4 pemain.

Hampir sama seperti game diatas, Ranch Simulator juga memberimu pengalaman mengelola keuangan pertanian, hasil panen, perkakas apa yang ingin dibeli, merenovasi rumah, hingga ternak mana yang ingin dipelihara.

Poin lebihnya, di Ranch Simulator kamu bisa berburu dengan senapan di wilayah luar pertanianmu, mulai dari Rusa hingga Beruang.

Namun tidak selamanya kamu berburu, terkadang pertanian hingga peternakanmu juga diburu, oleh Serigala lapar tentunya. Siapkan senapan ketika Serigala mulai mendekati pertanian dan peternakanmu.

5. Hundred Days Winemaking Simulator

Game Hundred Days Winemaking Simulator
Hundred Days Winemaking Simulator

Hundred Days Winemaking Simulator adalah game pertanian buah anggur yang diolah menjadi pabrik pembuat Wine.

Disini kamu akan belajar proses demi proses dalam pembuatan sebuah Wine, mulai dari anggur mana yang akan ditanam hingga kapan harus panen.

Terkadang tidak hanya Wine yang dijual, Anggur pun juga bisa kamu jual untuk memungkinkan perusahaan berkembang dengan uang yang diperoleh dari hasil penjualan.

Setiap pilihan yang kamu buat dalam game akan menentukan kualitas Wine yang dihasilkan. Wine yang berkualitas akan memungkinkan perusahaanmu berkembang lebih baik dan cepat.

6. Farm Together

Farm Together
Farm Together

Dalam Farm Together, kamu memulai sebuah pertanian dari blok kecil satu persatu hingga menjadi pertanian yang besar membentang jauh dari yang bisa dilihat oleh mata.

Setiap hasil panen bisa dijual untuk mendapatkan uang, dari sana bisa dikelola lagi menjadi sebuah gedung dan fasilitas baru untuk pertanianmu.

Tentu kamu tidak akan bertani sendirian, ada pilihan Kucing atau Anjing yang bisa menemanimu seharian saat sedang bertani ataupun dalam rumah.

7. Story of Seasons: Friends of Mineral Town

Story of Seasons Friends of Mineral Town
Story of Seasons Friends of Mineral Town

Story of Seasons Friends of Mineral Town pada dasarnya adalah game Harvest Moon: Back to Nature versi High Quality. Dirilis pada tahun 2019 di Jepang, dan 2020 untuk Internasional.

Bedanya dengan Harvest Moon Back to Nature, di Friends of Mineral Town ada beberapa karakter tambahan seperti Jennifer dan Brandon.

Selebihnya, 100% tampilan karakter hingga denah kota tidak jauh beda dengan game Harvest Moon: Back to Nature.

Seperti game awalnya, kam mengembangkan pertanian warisan sang kakek, memperluas rumah, mengeksplor goa, mengikuti acara penting di pusat kota, berlomba, hingga menikah dengan NPC favoritmu.

Untuk kamu yang ingin nostalgia dengan game Harvest Moon versi PlayStation 1, maka wajib memainkan game Story of Seasons: Friends of Mineral Town satu ini.

8. No Place Like Home

Anime No Place Like Home
No Place Like Home

No Place Like Home adalah game pertanian yang cukup unik, dimana latar lingkungan hingga cerita dalam game terjadi saat post-apocalyse.

Semua manusia meninggalkan Bumi untuk tinggal di planet Mars, hanya beberapa saja yang masih tinggal di Bumi.

Dalam game, kamu harus berusaha membersihkan lingkungan, membuat kerajinan dari sumber daya daur ulang, memelihara hewan ternak, hingga membangun kembali desa yang sedikit rusak.

9. Littlewood

Game Littlewood
Littlewood

Ketika kamu sudah menyelamatkan dunia dari Penyihir Hitam, dunia Solemn akhirnya menjadi damai. Namun kenyataannya, kamu tidak mengingat apa-apa. Itulah awal cerita dalam game ini.

Dalam Littlewood, kamu bisa mengeksplor dunia Solemn, bertemu dengan penduduk kota, hingga mengumpulkan items dan materials yang langka.

Selain bertani, tugasmu dalam game ini juga membantu memenuhi permintaan penduduk kota. Ketika tugas selesai, kamu akan mendapatkan beberapa poin hati dari penduduk kota.

10. Farmer’s Dynasty

Farmer’s Dynasty
Farmer’s Dynasty

Farmer’s Dynasty termasuk salah satu game pertanian PC yang hampir mirip dengan Farming Simulator. Poin tambahnya di game ini ada fitur untuk menikah.

Awal cerita dalam game lagi-lagi kamu mendapat warisan pertanian dari kakek, dimana mungkin kondisinya tidak sebaik saat mengunjunginya bersama kakek ketika kamu kecil dulu.

Kini kamu sudah dewasa, warisan pertanian dari sang kakek menjadi tanggungjawabmu. Tugasmu kali ini membuat sebuah Dinasti pertanian yang menguntungkan dan bermanfaat untuk lingkungan sekitar.

Dalam game kamu bisa bertani, memperbaiki kandang hewan ternak, berinteraksi dengan lingkungan sekitar, hingga mengelola keuangan dari hasil panen yang sudah dijual.

11. Sakuna: Of Rice and Ruin

Sakuna Of Rice and Ruin
Sakuna Of Rice and Ruin

Sakuna Of Rice and Ruin menjadi game bertani yang agak sedikit berbeda, dimana dalam game kamu tak hanya bertani namun juga melawan setan.

Awal cerita dimulai ketika Dewi panen bernama Sakuna yang diusir dari surga dan turun ke sebuah pulau bernama Pulau Hinoe.

Disana Sakuna bertemu dengan penghuni setempat yang pada akhirnya menjadi sahabatnya. Bersama-sama mereka bergandeng tangan untuk menjinakan tanah dan iblis di Pulau Hinoe.

Game ini hanya menyediakan fitur bertani padi saja, selebihnya fitur yang tersedia adalah melawan monster ditambah dengan peralatan bertani tentunya.

12. Doraemon Story of Seasons

Game Doraemon Story of Seasons
Doraemon Story of Seasons

Ingin memainkan game Doraemon tapi ingin gameplay yang sama seperti Harvest Moon? Jawabannya ada di Doraemon Story of Seasons. Disini kamu bermain sebagai Nobita.

Dalam game ini kamu bisa hampir 99% melakukan apa yang dilakukan di game Harvest Moon atau Story of Seasons: Friends of Mineral Towns. 1% nya yang tak bisa adalah fitur menikah.

13. Kynseed

Game Kynseed
Kynseed

Kynseed adalah game simulasi RPG yang menghadirkan gameplay cukup unik, dimana dalam game ini semua karakter bisa menua dan meninggal.

Kamu diharuskan memiliki banyak pengalaman, mulai dari bertani, menjalankan bisnis, petualangan, hingga pengalaman mencari materials yang semua itu bisa kamu ajarkan kepada anakmu dalam game ini.

Intinya kamu memiliki kendali dari banyak karakter namun masih satu keturunan. Jika karakter pertamamu menua dan meninggal, maka karaktermu akan digantikan anaknya, dan seterusnya.

Selain karakter, kamu juga akan mewariskan keterampilan dan kekuatan dari karakter sebelumnya (leluhur).

14. Lemon Cake

Game Lemon Cake
Lemon Cake

Sambil bercocok tanam bisa juga sambil jualan kue, dan semua itu bisa dilakukan dalam game Lemon Cake.

Kamu bisa menanan buah-buahan, memberi makan binatang peliharaan di Greenhouse, memperbaiki peralatan memasak dengan bantuan para teman hantu.

Semua itu dilakukan sambil kamu mempersiapkan kue yang nantinya akan dijual ditokomu sendiri.

Resep kue bisa kamu ubah-ubah sesuai selera, dimana nantinya pembeli yang menilai enak atau tidaknya.

15. Summer in Mara

Summer in Mara
Summer in Mara

Summer in Mara adalah game petualangan di musim panas, sambil bisa juga bercocok tanam hingga menjelajahi lingkungan dengan latar pulau Tropis.

Disini kamu bermain sebagai Koa, gadis riang yang ingin menjalajahi dunia disekelilingnya.

Sambil berpetualang, Koa juga harus memanen tanaman, membuat alat dan bangunan baru, hingga berlayar dengan perahu untuk memasuki pulau dan rahasia baru dalam game.

Ada lebih dari 300 quest yang bisa dimainkan, dan tentunya memiliki alur cerita yang menarik.

16. Professional Farmer: Cattle and Crops

Professional Farmer Cattle and Crops
Professional Farmer Cattle and Crops

Professional Farmer Cattle and Crops akan membawamu ke pedesaan yang sangat nyaman dipandang, dengan detail grafis yang lumayan.

Dalam game kamu bisa bertani dengan menggunakan berbagai alat hingga kendaraan seperti traktor ketika panen. Bahkan juga tersedia fitur untuk merawat hewan ternak.

17. Farm Manager

Farm Manager
Farm Manager

Farm Manager memiliki berbagai macam fitur menarik, mulai dari merenovasi banguan, bertani, memilih kendaraan yang ingin digunakan, berternak hewan, merekrut karyawan, hingga pergantian musim dan cuaca.

18. Big Farm Story

Big Farm Story
Big Farm Story

Tebak seperti apa awal ceritanya? Yup! Lagi-lagi dapat warisan pertanian dari kakek. Kini menjadi tugasmu untuk membangun kembali pertanian lama agar bisa berkembang dan menghasilkan.

Tanam, panen, dan merawat ladang maupun hewan menjadi tugas pokok dalam game ini. Selain itu kamu bisa mengeksplorasi desa dan bertemu dengan penduduk yang tinggal disana.

19. Pumpkin Days

Pumpkin Days
Pumpkin Days

Pumpkin Days layaknya game pertanian pada umumnya, memiliki berbagai fitur seperti bertani, berternak, hingga menciptakan suatu kerajinan. Namun sayangnya game ini dibumbui banyak agenda yang tak begitu penting, merusak keseluruhan gameplay.

20. Farmtale

Game Pertanian Farmtale
Farmtale

Di Farmtale kamu diharuskan bekerja keras, dimana awal mula game kamu diberi beberapa koin untuk membeli satu ayam.

Mengelola ternak hingga mendapatkan penghasilan yang cukup untuk meningkatkan maupun memperluas pertanianmu. Jika lelah bekerja sendiri, kamu bisa menyewa jasa petani setempat.

21. Koi Farm

Koi Farm
Koi Farm

Koi Farm tidak sepenuhnya tentang bertani, tapi berternak ikan koi. Disini kamu bisa mengawinkan silang ikan koi milikimu, lalu menemukan mutasi baru yang langka.

22. Farmer’s Life

Farmer’s Life
Farmer’s Life

Farmer’s Life adalah simulasi game yang membuatmu merasakan kehidupan petani aslinya. Tidak hanya tentang bertani ataupun berternak, tetapi juga tentang kehidupan petani dengan masyarakat sekitar.

Uniknya, di game ini kamu bisa memiliki masalah dengan orang sekitar, seperti diganggu tetangga iri yang tidak suka dengan pertanianmu dan lainnya. Benar-benar seperti kehidupan petani aslinya.

Selebihnya, semua fitur di Farmer’s Life hampir semua tersedia seperti game pertanian pada umumnya. Bertani, berternak, menerima permintaan dari penduduk lokal, hingga memperluas pertanian.

23. Harvest Moon: Light of Hope

Game Harvest Moon Light of Hope
Harvest Moon Light of Hope

Game ini dirilis untuk memperingati ulang tahun ke 20 seri Harvest Moon. Untuk gameplaynya tentu 100% sama dengan seri Harvest Moon sebelum-sebelumnya.

Poin plusnya ada pada fitur co-op dengan teman, jadi kamu bisa mengelola pertanianmu bersama teman online.

24. Pure Farming

Pure Farming
Pure Farming

Pure Farming adalah game pertanian yang memiliki tampilan grafis hampir mirip dengan Farming Simulator.

Di Pure Farming, kamu bisa berpergian ke pertanianmu yang tersebar di beberapa negara, seperti Italia, Kolombia, Jepang, dan Amerika.

Beberapa mode dalam game seperti Free Farming yang membuatmu bebas bertani apapun tanpa kendala, lalu ada Farming Challenges dimana kamu bertani sambil mengikuti tahapan dari tantangan yang muncul di monitor.

25. Real Farm

Baca Real Farm
Real Farm

Real Farm memiliki dua mode yang bisa kamu mainkan, seperti mode karir dimana kamu mengawali pertanian dari nol, dan mode bebas dimana kamu bertani layaknya petani yang sudah mapan.

Kamu juga bisa menjelajahi negara Amerika dan Eropa Barat, dimana kamu bisa membeli tanah, kelola staf, tanaman, hingga hewan. Serta juga membeli kendaraan pertanian untuk mengembangkan beberapa pertanianmu.

Game Android

26. Farming Simulator

Farming Simulator 20
Farming Simulator 20

Farming Simulator adalah game pertanian yang hadir dibanyak platform, salah satunya Android.

Secara keseluruhan, gameplay Farming Simulator versi Android tidak jauh beda dengan versi PC atau console nya.

27. Family Farm Adventure

Family Farm Adventure
Family Farm Adventure

Family Farm Adventure termasuk salah satu game pertanian Android terbaik yang sangat mengasyikan untuk dimainkan.

Kamu bisa mengeksplorasi pulau tropis dengan NPC bernama Felicia dan Toby, dekorasi rumah dengan berbagai furnitur, mengumpulkan harta karun dan artefak kuno, dan tentunya bertani hingga berternak.

28. FarmVille 2: Country Escape

Game FarmVille 2 Country Escape
FarmVille 2 Country Escape

FarmVille adalah salah satu game yang cukup terkenal, bahkan untuk genre simulasi pertanian.

Dalam game kamu bisa bertani, mengkoleksi items langka, mengeksplor daerah luar, membangun fasilitas pertanian baru, dan fitur lainnya yang cukup lengkap.

Poin lebihnya, kamu bisa melakukan jual beli dengan komunitas FarmVille secara online. Hasil panenmu bisa dijual ke teman online lain, begitupun sebaliknya.

29. Hay Day

Game Pertanian Hay Day
Hay Day

Walau ini adalah game lama, tapi keasyikannya masih terasa. Tak seperti versi awalnya, Hay Day kini sudah tersedia banyak fitur. Seperti bisa saling berkunjung ke pertanian dengan teman online yang lain.

30. Sumikkogurashi Farm

Sumikkogurashi Farm
Sumikkogurashi Farm

Mau bermain game simulai bertani dengan ditemani karakter imut dan lucu? Maka jawabannnya main game satu ini!

Sumikkogurashi Farm hadir dengan tampilan yang cukup berbeda dari yang lain di genre sejenis.

Disini kamu bermain sebagai Sumikkogurashi. Bertanam, membuat cemilan, istrirahat di kursi, menikmati pemandangan pertanian, hingga menikmati waktu sendiri tentu bersama Sumikkogurashi.

Game ini sangat santai, tak perlu strategi yang rumit untuk memainkannya. Cukup klik sini dan klik sana. Tentu ditemani tampilan yang lucu dan imut.

31. WeFarm

WeFarm
WeFarm

Dalam WeFarm kamu bisa membangun pertanian impianmu ditemani hewan peliharan, menyelesaikan misi yang dibalut cerita menarik, bertemu NPC dengan karakteristik yang unik, hingga mengelola pertanianmu sendiri.

Tentu disini kamu tak bermain sendirian, karena kamu bisa berteman dalam game dengan pemain WeFarm lain di seluruh dunia.

32. Big Little Farm

Big Little Farm
Big Little Farm

Big Little Farm menyediakan fitur budidaya tanaman tropis, seperti mangga, ceri, persik, apel, dan lainnya.

Keuntungan hasil panen selain untuk dekorasi rumah bisa juga dialokasikan untuk gudang maupun fasilitas lain di pertanian. Semua pilihan tersebut tersedia dalam game Big Little Farm.

33. Blocky Farm

Game Bertani Blocky Farm
Blocky Farm

Mau bermain game bertani namun dengan tampilan seperti game Minecraft? Jawabannya ya coba main Blocky Farm.

Blocky Farm menyediakan fitur dasar bertani pada umumnya, seperti tanam dan panen, berternak, memancing, pergantian cuaca, menggunakan traktor, dan lainnya.

Poin lebihnya adalah tampilan grafisnya sangat menarik layaknya sedang bermain Minecraft, dijalankan 60 FPS tanpa lag.

34. Pocket Harvest

Game Pocket Harvest
Pocket Harvest

Kalau tadi tampilan seperti Minecraft, Pocket Harvest memiliki tampilan seperti game Stardew Valley.

Seperti pada umumnya, kamu bisa bertani hingga berternak. Hasil ternak yang tersedia dalam game terdiri dari susu, wol, telur, dan banyak lagi.

35. Farm Story 2

Farm Story 2
Farm Story 2

Farm Story 2 adalah game pertanian Android yang memungkinkanmu menjelajahi dunia 3D yang indah sambil memanen dan memelihara hewan.

Kamu bisa pergi memancing, merancang peternakanmu, hingga mengadopsi hewan peliharaan untuk membuat pertanianmu menjadi lebih ramai.

Kesimpulan

Yup, itu tadi beberapa pilihan game genre bertani terbaik yang tersedia untuk PC dan Android.

Pada umumnya semua daftar diatas memiliki fitur game yang sama, yaitu bertani, berternak, dekorasi rumah, hingga eksplorasi lingkungan maupun daerah yang misterius.

Apapun judul game yang kamu pilih, pastikan jangan sampai kecanduan ya. Karena game genre ini bisa membuatmu menghabiskan waktu sangat lama baik di depan monitor atau layar smartphone untuk memainkannya.

Ini Dia 9 Ciri Orang Cerdas, Apakah Kamu Termasuk?

6 Alasan Kenapa Menjadi Jomblo Adalah Momen Tepat Untuk Pengembangan Diri