in

35 Game Pertanian PC dan Android Terbaik, Seperti Merasakan Pengalaman Bertani Sungguhan!

11. Sakuna: Of Rice and Ruin

Sakuna Of Rice and Ruin
Sakuna Of Rice and Ruin

Sakuna Of Rice and Ruin menjadi game bertani yang agak sedikit berbeda, dimana dalam game kamu tak hanya bertani namun juga melawan setan.

Awal cerita dimulai ketika Dewi panen bernama Sakuna yang diusir dari surga dan turun ke sebuah pulau bernama Pulau Hinoe.

Disana Sakuna bertemu dengan penghuni setempat yang pada akhirnya menjadi sahabatnya. Bersama-sama mereka bergandeng tangan untuk menjinakan tanah dan iblis di Pulau Hinoe.

Game ini hanya menyediakan fitur bertani padi saja, selebihnya fitur yang tersedia adalah melawan monster ditambah dengan peralatan bertani tentunya.

12. Doraemon Story of Seasons

Game Doraemon Story of Seasons
Doraemon Story of Seasons

Ingin memainkan game Doraemon tapi ingin gameplay yang sama seperti Harvest Moon? Jawabannya ada di Doraemon Story of Seasons. Disini kamu bermain sebagai Nobita.

Dalam game ini kamu bisa hampir 99% melakukan apa yang dilakukan di game Harvest Moon atau Story of Seasons: Friends of Mineral Towns. 1% nya yang tak bisa adalah fitur menikah.

13. Kynseed

Game pertanian Kynseed
Kynseed

Kynseed adalah game simulasi RPG yang menghadirkan gameplay cukup unik, dimana dalam game ini semua karakter bisa menua dan meninggal.

Kamu diharuskan memiliki banyak pengalaman, mulai dari bertani, menjalankan bisnis, petualangan, hingga pengalaman mencari materials yang semua itu bisa kamu ajarkan kepada anakmu dalam game ini.

Intinya kamu memiliki kendali dari banyak karakter namun masih satu keturunan. Jika karakter pertamamu menua dan meninggal, maka karaktermu akan digantikan anaknya, dan seterusnya.

Selain karakter, kamu juga akan mewariskan keterampilan dan kekuatan dari karakter sebelumnya (leluhur).

14. Lemon Cake

Lemon Cake
Lemon Cake

Sambil bercocok tanam bisa juga sambil jualan kue, dan semua itu bisa dilakukan dalam game Lemon Cake.

Kamu bisa menanan buah-buahan, memberi makan binatang peliharaan di Greenhouse, memperbaiki peralatan memasak dengan bantuan para teman hantu.

Semua itu dilakukan sambil kamu mempersiapkan kue yang nantinya akan dijual ditokomu sendiri.

Resep kue bisa kamu ubah-ubah sesuai selera, dimana nantinya pembeli yang menilai enak atau tidaknya.

15. Summer in Mara

Summer in Mara
Summer in Mara

Summer in Mara adalah game petualangan di musim panas, sambil bisa juga bercocok tanam hingga menjelajahi lingkungan dengan latar pulau Tropis.

Disini kamu bermain sebagai Koa, gadis riang yang ingin menjalajahi dunia disekelilingnya.

Sambil berpetualang, Koa juga harus memanen tanaman, membuat alat dan bangunan baru, hingga berlayar dengan perahu untuk memasuki pulau dan rahasia baru dalam game.

Ada lebih dari 300 quest yang bisa dimainkan, dan tentunya memiliki alur cerita yang menarik.

16. Professional Farmer: Cattle and Crops

Professional Farmer Cattle and Crops
Professional Farmer Cattle and Crops

Professional Farmer Cattle and Crops akan membawamu ke pedesaan yang sangat nyaman dipandang, dengan detail grafis yang lumayan.

Dalam game kamu bisa bertani dengan menggunakan berbagai alat hingga kendaraan seperti traktor ketika panen. Bahkan juga tersedia fitur untuk merawat hewan ternak.

17. Farm Manager

Game pertanian Farm Manager
Farm Manager

Farm Manager memiliki berbagai macam fitur menarik, mulai dari merenovasi banguan, bertani, memilih kendaraan yang ingin digunakan, berternak hewan, merekrut karyawan, hingga pergantian musim dan cuaca.

18. Big Farm Story

Big Farm Story
Big Farm Story

Tebak seperti apa awal ceritanya? Yup! Lagi-lagi dapat warisan pertanian dari kakek. Kini menjadi tugasmu untuk membangun kembali pertanian lama agar bisa berkembang dan menghasilkan.

Tanam, panen, dan merawat ladang maupun hewan menjadi tugas pokok dalam game ini. Selain itu kamu bisa mengeksplorasi desa dan bertemu dengan penduduk yang tinggal disana.

19. Pumpkin Days

Pumpkin Days
Pumpkin Days

Pumpkin Days layaknya game pertanian pada umumnya, memiliki berbagai fitur seperti bertani, berternak, hingga menciptakan suatu kerajinan. Namun sayangnya game ini dibumbui banyak agenda yang tak begitu penting, merusak keseluruhan gameplay.

20. Farmtale

Farmtale
Farmtale

Di Farmtale kamu diharuskan bekerja keras, dimana awal mula game kamu diberi beberapa koin untuk membeli satu ayam.

Mengelola ternak hingga mendapatkan penghasilan yang cukup untuk meningkatkan maupun memperluas pertanianmu. Jika lelah bekerja sendiri, kamu bisa menyewa jasa petani setempat.

Ini Dia 9 Ciri Orang Cerdas, Apakah Kamu Termasuk?

6 Alasan Kenapa Menjadi Jomblo Adalah Momen Tepat Untuk Pengembangan Diri