in

26 Game PS1 Terbaik yang Sering Dirindukan Anak 90-an!

Siapa yang kangen dengan deretan kumpulan game PS1 terbaik yang sering dimainkan waktu masa kecil dulu? Pastinya kamu kan!

Perkembangan game dari tahun ke tahun semakin kesini semakin menampilkan tampilan yang lebih memukau. Terlihat lebih realistis.

Sebelum tampilan gamenya realistis seperti sekarang, dulu masih berbentuk kotak-kotak.

Tapi tetap saja waktu dulu saat memainkan deretan game PS1 yang kita miliki, rasanya sangat bahagia walau grafis gamenya tidak begitu bagus.

Bahkan kita bisa menghabiskan waktu berlama-lama untuk bermain game PS1 sendirian maupun bersama teman.

Untukmu yang masih merindukan masa-masa itu, berikut Wokeeh akan berikan beberapa kumpulan game PS1 terbaik yang populer dan sering dimainkan oleh anak generasi 90-an dulu.

1. Harvest Moon: Back To Nature

Game PS1 terbaik Harvest Moon
Harvest Moon: Back To Nature

Ini adalah game terfavorit anak 90-an. Kenapa? Ya karena game ini memiliki gameplay yang seru dan juga unik.

Selain itu game PS1 Harvest Moon ini juga memiliki banyak sekali misteri yang harus dipecahkan di dalam gamenya.

Seperti contohnya, ikan lagendaris yang perlu ditangkap menggunakan pancingan super, sampai tempat misteri yang cuma bisa dikunjungi saat musim tertentu.

Game Harvest Moon ini juga menugaskan kita untuk melakukan hal-hal yang sama berulang kali, seperti memberi makan ayam domba dan sapi, memancing, menanam, dan lainnya.

Kadang game Harvest Moon ini juga sering buat kita kesal, seperti tertipu saat membeli buah apel dari pedagang misterius, sampai rumah ambruk gara-gara angin tornado.

Terkadang juga hanya untuk menunggu datangnya event tertentu di kota, kita main game Harvest Moon ini hanya tidur bangun lalu tidur lagi sampai tanggal event yang sudah kita tunggu-tunggu itu tiba.

Oh ya, di game Harvest Moon PS1 ini konon katanya bisa pindah kota dengan menggunakan perahu di dekat pantai.

Tapi sayangnya ternyata itu semua adalah HOAX yang sayangnya banyak dipercaya oleh anak generasi 90-an. Yah sedih sekali ya tidak bisa pindah kota.

2. Dino Crisis 2

Game PS1 Dino Crisis
Dino Crisis 2

Dino Crisis 2 menurut kami adalah game PS1 petualangan dengan grafis terbaik pada saat itu.

Paling sering kita ingat di game Dino Crisis 2 ini adalah ketika peluru sudah habis tapi di sekeliling kita lagi ada banyak Dinosaurus.

Yang kita lakukan ya cuma lari-larian saja. Mau bagaimana lagi, yang penting sampai ke tempat tujuan tanpa dimakan oleh Dinosaurus.

Karena game ini menampilkan banyak senjata-senjata unik, dinosaurus raksasa, dan gameplaynya pun yang mendorong kita untuk mengumpulkan lebih banyak point untuk berbelanja senjata serta equipment.

Membuat game ini patut kita mainkan lagi di tahun ini dan tahun-tahun mendatang. Syukur-syukur jika game ini di remake lagi dengan visual yang lebih baik.

3. Crash Team Racing

Game Crash Team Racing
Crash Team Racing

Crash Team Racing atau kalau anak generasi 90-an bilang CTR adalah game balapan PS1 terbaik yang sering dimainkan anak-anak waktu dulu.

Balapan gokart yang diisi oleh karakter-karakter unik dari serial game Crash Bandicoot ini memang seru untuk dimainkan.

Bukan sembarang balapan saja, game balapan ini juga dihiasi dengan pertempuran-pertempuran dengan menggunakan berbagai senjata.

Paling diingat saat memainkan game balapan yang satu ini adalah ketika kita sudah sampai di garis finish, tiba-tiba kita kena rocket musuh yang menyebabkan kita gagal finish di posisi pertama.

Biasanya anak 90an yang main game Crash Team Racing ini banyak yang menggunakan karakter bernama Crash, ya karena memang Crash adalah jagoannya.

Selain itu juga yang diingat adalah special weapon bernama Aku-aku dan Uka-uka. Itu adalah senjata paling favorit yang paling ditunggu-tunggu oleh para pemain di game balapan ini.

4. Nascar Rumble

Nascar Rumble
Nascar Rumble

Nascar Rumble juga termasuk game balapan yang sering dimainkan oleh anak generasi 90-an.

Hampir sama seperti Crash Team Racing, game balapan ini menggunakan senjata. Bedanya adalah game ini bukan balapan gokart.

Paling diingat oleh anak 90-an adalah kode-kode dari game Nascar Rumble PS 1 yang satu ini. “KMZ – WAY – 87 – AA” kenal kan sama kode yang satu ini?

Itu adalah kode yang lagendaris sekali pada waktu itu, dengan kode tersebut kita bisa mendapatkan semua mobil yang ada di game Nascar Rumble ini.

Paling membuat kesal dari game ini ya pastinya pas ketika terkena angin tornado, mobil jadi berputar lalu tiba-tiba kita ada di posisi belakang.

5. Resident Evil 2 & 3 Nemesis

Game PS1 Resident Evil 3: Nemesis
Resident Evil 3: Nemesis

Resident Evil 2 & Resident Evil 3: Nemesis adalah salah satu game PS1 terbaik yang banyak dimainkan anak generasi 90-an pada waktu itu.

Menggunakan karakter Leon dan Claire di RE:2 dan Jill serta Carlos di RE:3 Nemesis, kita pun dituntut harus bisa menyelamatkan diri keluar dari kota mati Racoon City yang berisikan banyak Zombie.

Yang paling ngeselin di game ini ya apalagi kalau bukan Mr. X dan Nemesis itu sendiri. Kita harus kejar-kejaran dengannya agar bisa selamat.

Untuk anak 90-an yang ingin menikmati game RE: 2 & RE: 3 Nemesis dengan visual yang lebih bagus, bisa memainkan versi remake nya.

Saat ini sudah ada versi remake dari kedua game tersebut. Tampilan game lebih nyaman untuk dilihat dan lebih seru serta menantang untuk dimainkan.

6. Tekken 3

Game PS1 Terbaik Tekken 3
Tekken 3

Banyak game bertarung yang rilis di PlayStation 1, salah satunya adalah Tekken 3 yang paling banyak difavoritkan oleh anak 90-an.

Secara visual, game ini dulu menampilkan tempilan yang sangat menarik dan keren, dengan balancing karakter, desain, dan alur cerita yang juga tidak mudah kita lupakan begitu saja.

Hampir semua pemilik PlayStation 1 waktu dulu pasti punya game Tekken 3 ini.

7. Final Fantasy VII

Final Fantasy VII
Final Fantasy VII

Final Fantasy VII adalah salah satu game PS1 RPG terbaik yang juga banyak dimainkan oleh anak 90-an.

Dengan alur cerita yang kompleks dan panjang, serta adegan yang tidak diduga-duga membuat game ini menjadi game terlaris pada waktu itu.

Untungnya saat ini Final Fantasy VII memiliki versi remakenya dengan tampilan grafisnya yang sangat memukau. Bisa dimainkan menggunakan console PlayStation 4 atau PlayStation 5.

8. Megaman X5

Game Megaman X5
Megaman X5

Game 2D yang satu ini bisa dibilang sebagai game PlayStation 1 dalam tampilan 2D yang terbaik dari beberapa yang terbaik.

Cara mainnya pun cukup mudah, hanya menggerakkan joystick ke kanan dan ke kiri saja.

Game Megaman pun masih rilis dengan versi-versi terbarunya, saat ini saja sudah sampai Megaman 11.

9. Tomba 2 : The Evil Swine Return

Tomba 2: The Evil Swine Return
Tomba 2: The Evil Swine Return

Game PS1 petualangan yang satu ini memiliki alur cerita yang seru dan tidak membuat pemainnya merasa bosan.

Yang paling diingat saat main Tomba 2 dulu adalah sering berganti-ganti pakaian sesuai senjata yang ingin kita gunakan.

Lalu ada banyak teka-teki yang harus dipecahkan di game ini, tapi tak membuat kita merasa lelah, karena petualangan dari game ini sendiri sangat mengasyikan dan penuh kejutan.

10. Metal Slug X

Metal Slug X
Metal Slug X

Metal Slug X adalah salah satu game PS1 dengan tampilan 2D yang paling populer, bersandingan dengan Megaman X5 pada saat itu.

Di game PS1 Metal Slug X ini kita bertempur di berbagai medan peperangan, mulai dari padang pasir, hutan, rawa-rawa, dan lainnya.

Ada empat karakter bernama Marco, Tarma, Eri dan Fio yang bisa kita pilih untuk dijadikan karakter berperang kita.

Paling diingat di game ini adalah banyaknya senjata-senjata yang tidak jelas alias aneh jika digunakan.

Ada juga senjata yang menggunakan unta, dan ada juga beberapa bom yang menjadikan manusia menjadi mummy.

Kamu yang dulu bermain bersama teman, pasti sering rebutan senjata unik yang ingin digunakan. Alhasil senjatanya pun keburu hilang sebelum di dapatkan.

11. Winning Eleven

Game Winning Eleven
Winning Eleven

Pastinya game ini selalu ada di manapun console PlayStation 1 berada. Mau di rental atau di rumah, semuanya pasti pernah memainkan dan punya game ini.

Paling diingat dari game ini adalah tendangannya Roberto Carlos dan kecepatan larinya yang sangat cepat.

Kalau ada peluang, biasanya edit-edit pemain lalu ubah semua skillnya sama tinggi jadi 200an.

12. Pepsi Man

Game PS1 Pepsi Man
Pepsi Man

Pepsi Man, game lari terfavorit di PS1 yang mau lari saja banyak sekali rintangannya.

Paling diingat di game Pepsi Man ini adalah ketika kita sudah lari dan hampir sampai di tujuan, tiba-tiba jatuh, dan waktunya sudah habis, alhasil gagal mencapai finish.

13. Digimon Rumble Arena

Game PS1 Digimon Rumble Arena
Digimon Rumble Arena

Awal mula saat kita memainkan game Digimon Rumble Arena ini, kita hanya diberi 9 karakter Digimon yang bisa ditambah jika kita menyelesaikan gamenya, atau bisa juga menggunakan cheat dan Game Shark.

14. 3XTREME

Game 3XTREME
3XTREME

Game 3XTREME ini adalah game PS1 balapan yang menggunakan alat olah raga. Selain itu karakternya pun juga unik-unik, bahkan ada Mummy segala.

Asyiknya disini adalah kamu balapan sekaligus bisa dorong-dorongan.

Paling diingat dari game ini adalah ketika menggunakan cheat, lalu kita bisa menggunakan mobil remote control kecil untuk digunakan balapan.

15. One Piece: Grand Battle 2

Game PS1 One Piece: Grand Battle 2
One Piece: Grand Battle 2

Game One Piece Grand Battle 2 adalah game PS1 bertarung yang menggunakan karakter dari serial kartun One Piece.

Ada beberapa karakter yang masih terkunci alias perlu menamatkan gamenya dahulu baru bisa memainkan karakter tersebut. Misalnya Ace, Mr.0, dan lainnya.

Paling diingat dari game ini adalah gameplay nya yang seru dan unik, ditambah jurus-jurus lucu yang membuat game ini lebih seru untuk dimainkan mau sendiri ataupun bersama teman.

16. Super Shot Soccer

Game PS1 Super Shot Soccer
Super Shot Soccer

Gameplaynya hampir sama seperti Winning Eleven, cuma Super Shot Soccer ini uniknya adalah ditambah jurus-jurus aneh dan lucu.

Tiap negara memiliki jurusnya masing-masing, ada yang seperti tornado, ada juga yang seperti perahu.

Paling diingat dari game ini adalah ketika kita memberikan tendangan ke gawang lawan dengan jurus, tiba-tiba kiper tim lawan juga mengeluarkan jurus penghadang bola yang mirip seperti singa.

Alhasil tendangan dari jurus tadi gagal memberikan poin ke tim sendiri. Bahkan bisa sampai balik ke gawang sendiri.

17. Tomb Raider II

Tomb Raider II
Tomb Raider II

Game Tomb Raider 2 adalah game PS1 petualangan yang menggunakan karakter utama bernama Lara Croft.

Karena kepopuleran Tomb Raider 2, sampai-sampai game ini dijadikan sebuah film lho yang dibintangi oleh Angelina Jolie.

Karakter di game ini tentu saja beda jauh dengan karakter Lara Croft di game Tomb Raider yang sekarang, karena memang visual dulu belum sebagus visual game yang sekarang.

18. Dragon Ball GT: Final Bout

Dragon Ball GT: Final Bout adalah game bertarung di PS1 yang menggunakan karakter dari serial anime Dragon Ball.

Anime Dragon Ball sendiri adalah anime yang sering tayang di hari Minggu waktu kita kecil dulu.

Awal mula di game ini, kita hanya diberikan beberapa karakter saja, untuk mendapatkannya kita perlu menyelesaikan segala alur cerita di game ini.

Paling diingat dari game ini adalah, game ini menjadi sebuah alasan kenapa joystick PlayStation 1 kita cepat rusak.

Saat memainkan game ini, kita biasanya asal tekan tombol agar jurusnya bisa keluar.

19. Marvel vs Capcom

Marvel vs Capcom
Marvel vs Capcom

Di game Marvel vs Capcop ini kita bisa memainkan Spiderman bersamaan dengan Ryu. Asyiknya kita bisa memainkan banyak karakter dari dua dunia game yang berbeda.

20. Crash Bandicoot 1, 2, dan 3

Game PS1 Crash Bandicoot
Crash Bandicoot

Crash Bandicoot trilogy adalah game PS1 petualangan terbaik dari semua seri Crash Bandicoot yang ada.

Paling diingat di game ini adalah ketika kita menjumpai lokasi baru, maka kesulitanpun justru semakin banyak. Bos-bos seperti Tiny Tiger, Dr Neo, dan kawan-kawannya juga tidak kita lupakan.

Saat ini sudah ada Crash Bandicoot trilogy remake dengan tampilan visual yang lebih bagus dari originalnya.

Bahkan saat ini pun sudah ada sequel petualangan Crash Bandicoot yang bisa kamu mainkan di game terbarunya yaitu Crash Bandicoot 4: It’s About Time.

21. GTA 2

Game GTA 2
GTA 2

Sebelum ada game GTA V yang sangat laris manis dan populer di kalangan anak muda saat ini, sudah lebih dulu ada GTA 2 yang tak kalah populernya.

Di game GTA 2 ini yang paling kita ingat adalah sulitnya jika kita mengendarai mobil, lalu ingin belok ke kanan dan ke kiri.

Karena tampilan game ini ditampilkan dari atas, maka kita perlu berusaha menyesuaikannya.

22. Spider-Man

Game Spider-Man PS1
Spider-Man

Spider-Man adalah game PS1 petualangan dari Marvel yang sangat difavoritkan anak 90-an waktu itu.

Game ini sama seperti game petualangan Spiderman lainnya, cuma yang paling mengesalkan dari game ini adalah tidak adanya daratan.

Jadi ketika kita bergelantungan di gedung, jika jatuh maka game harus mulai lagi dari awal atau mulai lagi dari checkpoint.

23. Driver 1 dan 2

Game Driver 2
Driver 2

Game Driver 1 dan 2 ini hampir sama seperti game GTA yang ada di PS 2, tapi bedanya adalah di game Driver ini kita cuma bisa menaiki mobil saja, orangnya pun tak bisa melakukan apa-apa seperti halnya di GTA.

Paling diingat dari game ini adalah saat adegan kejar-kejaran dengan polisi. Dimana kita berjalan lambat tetap saja di tilang polisi, jalan cepat tetap juga ditilang polisi.

24. Metal Gear Solid

Metal Gear Solid game PS1
Metal Gear Solid

Game Metal Gear Solid ini memiliki kesulitan yang tinggi, walaupun visualnya masih belum terlihat bagus kala itu.

Tapi yang dirindukan dari game ini adalah alur ceritanya yang menarik untuk diikuti.

Seri Metal Gear sendiri saat ini sudah sampai ke seri Metal Gear Solid V: Phantom Pain.

Untukmu yang suka dengan game tembak-tembakan dengan alur cerita menarik, memainkan seluruh seri game Metal Gear Solid bisa jadi pilihan terbaik.

25. Spyro the Dragon

Spyro the Dragon game
Spyro the Dragon

Game Spyro the Dragon ini adalah game PS1 terbaik dan populer waktu itu. Berkarakter naga ungu yang berpetualangan dan terkesan ringan saat dimainkan.

Paling diingat dari game ini adalah musuh-musuhnya yang terkadang suka datang secara tiba-tiba.

Saat ini game Spyro the Dragon sudah ada versi remakenya dengan visual yang lebih bagus dari versi awalnya. Kamu bisa memainkan versi remakenya menggunakan PS4, Xbox ataupun PC.

26. Gran Turismo 2

Gran Turismo 2
Gran Turismo 2

Gran Turismo 2 adalah game PS1 dengan grafik terbaik, sehingga terkadang kita lebih memilih game ini dibandingkan game balapan yang lain.

Game ini mengajarkan kita bahwa balapan yang baik ada pada akurasi rem dan gas yang tepat.

Jika kamu ingin memainkan game ini, kamu bisa memainkan versi terbarunya yaitu Gran Turismo 7 yang bisa dimainkan di PlayStation 5.

Nah itu tadi beberapa kumpulan game PS1 terbaik yang populer dan banyak difavoritkan oleh anak generasi 90-an.

Teknologi selalu berkembang lebih cepat, begitupun juga teknologi yang ada pada game.

Jika dulu kita bermain game itu di console, mungkin dimasa yang akan datang, kita sendiri yang bisa masuk ke game tersebut.

Oh ya, untukmu yang ingin bernostalgia dengan kumpulan game PS1 bisa kok memainkannya di perangkat Android yang kamu punya.

Cara memainkan Game PlayStation 1 di Android

Untuk bisa memainkan game PS1 di Android adalah dengan menginstall aplikasi ePSXe di PlayStore.

ePSXe adalah emulator game PS1 untuk Android. Lalu untuk memainkan gamenya sendiri kamu perlu mendownload file game PS1 iso di berbagai situs di internet.

File game PS1 iso ini ibarat kaset game, dan ePSXe nya ibarat console PlayStation 1, namun semuanya berbentuk digital dan bisa digunakan di Android.

Untuk mengatasi rasa bosan, ya bisa memainkan kumpulan game PS1 favoritmu, sekaligus nostalgia kan.

Selamat bernostalgia!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

Loading…

0

6 Kebiasaan Masa Muda yang Harus Dihindari Agar Tak Membawa Masalah Saat Tua Nanti

10 Aplikasi Untuk Work From Home yang Membantu Pekerjaan Menjadi Lebih Mudah