in

85 Game PS3 Terbaik Sepanjang Masa, Coba Mainkan Segera!

Game PS3
Game PS3 Terbaik

Kami telah mengumpulkan puluhan rekomendasi game PS3 terbaik sepanjang masa yang pastinya harus kamu coba mainkan segera!

PlayStation 3 adalah salah satu console video game paling populer yang dimiliki oleh Sony, bahkan memiliki masa hidup sekitar 11 tahun dimulai dari 2006 hingga 2017 sebelum total diberhentikan.

Ada banyak game PS3 terbaik yang rilis dan bahkan menjadi pembuka suatu franchise game populer untuk Sony sendiri, seperti seri Uncharted dan The Last of Us.

Bisa dibilang munculnya PS3 adalah era dimana semua video game masuk ke ranah HD (High Definition).

Walau era game PS3 sekarang sudah digantikan oleh game PS4 dan bahkan PS5 dengan resolusi 4K hingga 8K nya, beberapa daftar game PS3 terbaik berikut ini tak boleh juga kamu lewatkan.

Berikut Wokeeh sajikan beberapa judul game terbaik PlayStation 3 yang tentunya masih seru dimainkan hingga sekarang!

1. Grand Theft Auto IV

Game Grand Theft Auto IV

Grand Theft Auto IV adalah game PS3 terbaik yang memiliki alur cerita menarik yang mengisahkan perjalanan kriminal Nico Belic.

Walau gameplay tak sepenuhnya sempurna tapi GTA IV terus menerus menampilkan cerita yang seru dilihat dari awal hingga akhir.

Bahkan GTA IV bisa dibilang pembuka jagat GTA versi 3D HD, dimana semua tampilan karakter, lingkungan, dan seluruh isinya enak untuk dilihat. Tidak seperti seri-seri sebelumnya.

2. Grand Theft Auto V

Game Grand Theft Auto V

Hanya Grand Theft Auto V satu-satunya game open world dari Rockstar Games yang hidup tiga generasi console PlayStation (PS3, PS4, PS5) dan masih berjaya hingga sekarang dengan mode onlinenya.

GTA V berlatar di sebuah kota metropolitan bernama Los Santos dimana semua penduduk tetap berjuang di era ketidakpastian ekonomi.

Dari ketidakpastian tersebut, munculah tiga penjahat unik yang memiliki latar ekonomi berbeda masing-masingnya.

Michael, seorang narapidana yang menghabiskan masa pensiunnya dengan nyaman dimana ia memiliki banyak uang dari hasil kriminalnya di masa lalu.

Trevor, seorang maniak kekerasan yang didorong oleh amarah dan masa lalu. Bahkan memiliki pekerjaan jasa tukang pukul jika ada orang yang mampu membayar sesuai dengan keinginannya.

Franklin, mantan gangser jalanan yang mencari peluang dari segala bisnis yang ia kerjakan, termasuk mencuri mobil orang lain.

Tiga karakter unik yang bisa diganti-ganti, peta yang luas, gameplay yang menarik, tampilan grafis HD, misi yang banyak, alur cerita yang seru, semua itu membuat Grand Theft Auto V menjadi salah satu game PS3 terbaik yang pernah ada.

3. Uncharted 2: Among Thieves

Uncharted 2 Among Thieves

Menurut kami seri Uncharted 2 memiliki alur cerita yang lebih menarik dibandingkan seri pertamanya.

Dalam seri kedua, Nathan Drake terpikat terjun kembali ke dunia pencuri harta karun dan tentara bayaran yang sebelumnya ingin ia tinggalkan.

Di game ini ia terjerumus kedalam permainan kejar-kejaran dengan penjahat buron yang ingin kekayaan dari sebuah artefak misterius di lembah Himalaya.

Bahkan di seri ini Nathan Drake harus menguji batas tahannya dan dipaksa untuk mempertaruhkan segala keberuntungannya untuk bisa selamat dari jebakan yang mematikan.

4. Batman: Arkham City

Game Batman Arkham City

Batman Arkham City termasuk game PS3 terbaik yang datang dari dunia Batman jagat Arkham. Ini adalah seri kedua sekaligus sekuel dari Arkham Asylum.

Di Arkham City kamu akan diperkenalkan kisah baru Batman serta berbagai macam fitur gameplay yang sudah disempurnakan dari seri sebelumnya.

Tentu musuh utama dalam game tak lain adalah Joker, tapi apakah hanya dia seorang? Nah di Batman: Arkham City kamu akan menjumpai musuh-musuh lain yang ikonik dan pernah ditemui oleh Batman di dalam komik dan di filmnya.

5. Red Dead Redemption

Game Red Dead Redemption

Menurut kami hanya game bergenre Open World dari Rockstar Games yang memberikan pengalaman bermain sangat asyik, seru dan bahkan membuat pemainnya ketagihan.

Seri Red Dead Redemption ini adalah sekuel dari Red Dead Redemption 2 dari segi cerita, bisa dibilang urutannya seri kedua dulu baru seri pertama.

Berlatar di dunia barat saat pergantian abad ke-20 ketika tanah tandus tanpa hukum sudah mendekati masa habisnya, dimana para outlaw diburu habis-habisan oleh kepolisian setempat.

Di dalam game kamu akan bermain sebagai John Marston, mantan penjahat dari kelompok Dutch van der Linde yang berusaha hidup tenang bersama istri, anak, dan teman sekelompoknya.

Sepanjang jalan kamu akan dihampiri adegan tembak menembak dan bertempur hingga bertemu dengan kawan lama yang tujuannya sudah bersebrangan dengan tujuan John Marston.

6. The Last of Us

The Last of Us

The Last of Us menceritakan kisah dua puluh tahun setelah pandemi yang mengubah manusia menjadi zombie dan yang selamat saling membunuh untuk mendapatkan senjata dan makanan.

Disini Joel berperan menyelundupkan seorang gadis empat belas tahun bernama Ellie untuk keluar dari karantina yang terbilang kasar.

Dari sana perjalanan Joel dan Ellie dalam mengeksplorasi dunia pasca pandemi demi persediaan dan sebuah tujuan pribadi berbuah menjadi perjalanan brutal dan menyeramkan.

Dengan gameplay yang menarik, musuh dengan A.I yang sangat cerdas merespon gerakan pemain, narasi game yang menakjubkan, semua itu menjadi alasan The Last of Us menjadi salah satu game PS3 terbaik ekslusif dari Sony.

7. Portal 2

Game Portal 2

Portal 2 adalah sekuel dari seri sebelumnya dengan tambahan fitur terbaru, gameplay inovatif, cerita yang menarik, dan musik yang asyik untuk didengar ketika sedang bermain. Bahkan ada mode co-op nya juga.

Alur ceritanya berada antara 50 dan 50.000 tahun setelah peristiwa Portal seri pertama, dimana Chell menghancurkan komputer GLaDOS dan mendarat di luar fasilitas dan diseret ke dalam Aperture Science.

8. BioShock Infinite

Game BioShock Infinite

Menurut kami BioShock Infinite adalah game terbaik dari seri BioShock. Disini kamu akan dibawa berpetualang di sebuah kota besar yang berada diatas awan.

Kamu akan bermain sebagai Booker DeWitt yang dikirim ke kota atas awan untuk menyelamatkan wanita muda yang dipenjara sejak kecil bernama Elizabeth.

Selama berpetualang kamu akan didampingin oleh Elizabeth, saling bekerja-sama melawan berbagai musuh bergaya khas steampunk yang dijumpai sepanjang cerita.

9. Call of Duty: Modern Warfare 2

Call of Duty Modern Warfare 2

Call of Duty Modern Warfare 2 termasuk game PS3 terbaik yang alur ceritanya melanjutkan aksi di seri sebelumnya ketika harus berhadapan dengan ancaman baru yang bisa membawa dunia masuk dalam kehancuran.

Game ini memberikan mode co-op dua pemain online untuk satu mode campaign, dimana kamu bisa bermain bersama teman membasmi musuh dalam mode cerita.

10. BioShock

Game PS3 BioShock

BioShock seri pertama dikenal dengan alur ceritanya yang penuh gaya dan sangat original, ditambah musuh-musuh yang berpenampilan menyeramkan bergaya steampunk.

Alur cerita dimulai ketika pesawat protagonis menabrak perairan es di wilayah asing, lalu menemukan sebuah kota tersembunyi dibawah laut yang dibangun oleh para ilmuwan.

Sekarang kota tersebut dipenuhi dengan mayat, penjaga yang menyeramkan, gadis kecil menjarah orang yang mati, penduduk yang sebagian ada yang bermutasi, dan hal-hal menyeramkan lainnya.

BioShock seri pertama patut masuk ke dalam daftar game PS3 terbaik karena alur cerita dan gameplay nya yang sangat mengenang.

11. Mass Effect 2

Mass Effect 2

Mass Effect adalah game yang berlatar di ruang angkasa yang luas dan dipenuhi dengan kehidupan alien berbahaya serta planet misterius yang belum terpetakan.

Dalam game Mass Effect 2 kamu akan bermain sebagai Komandan Shepard yang memerintahkan kru ke beberapa operasi paling berbahaya di seluruh galaksi dalam misi yang berpotensi bunuh diri.

Selain fitur eksplorasi ruang angkasa dan interaksi karakter, game ini juga menghadirkan pengalaman sinematik yang sangat indah layaknya menonton sebuah film di bioskop.

12. Street Fighter IV

Street Fighter IV

Street Fighter termasuk salah satu seri game pertarungan terbaik sepanjang masa, dengan karakter utamanya yang terkenal seperti Ryu, Ken, Chun-Li, dan Guile.

Dalam Street Fighter IV game ditampilan dalam 3D HD sementara permainan dimainkan dalam perspektif 2D layaknya seri klasik sebelumnya.

13. Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots

Metal Gear Solid 4 Guns of the Patriots

Dalam game Metal Gear Solid 4 ini kamu akan memainkan Solid Snake yang telah menua ditengah medan perang futuristik.

Walaupun badannya semakin melemah, Snake dalam game ini dilengkapi dengan banyak perangkat super baru. Salah satunya OctoCamo, teknologi kamuflase yang mengubah tekstur badan pemain menyerupai lingkungan sekitar.

14. Mass Effect 3

Mass Effect 3

Mass Effect 3 melengkapi trilogi alur cerita seri Mass Effect dimana Bumi sedang terbakar, ras mesin muncul dan memulai penghancuran ras manusia.

Hanya Komandan Shepard satu-satunya harapan umat manusia, ia mengumpulkan berbagai peradaban di galaksi dan meluncurkan satu misi terakhir untuk merebut kembali Bumi.

15. The Elder Scrolls V: Skyrim

Game The Elder Scrolls V Skyrim

The Elder Scrolls V: Skyrim adalah game yang memiliki usia hidup hingga tiga generasi console PlayStation, mulai dari PS3, PS4, hingga PS5 dengan kualitas 4K nya.

Dalam game Skyrim ini semua gameplay ditata kembali dengan sentuhan epik khas game genre open world dunia fantasi.

Kamu bisa melakukan apapun yang bisa kamu lakukan dalam game, berpetualang, memilih berbagai skenario cerita, dan lainnya. Bahkan tersedia ratusan senjata, mantra dan kemampuan yang bisa dipilih.

16. God of War III

Game God of War III

God of War III adalah game PS3 terbaik yang serinya masih terus berlanjut hingga sekarang. Tentu masih tetap bermain sebagai prajurit sparta Kratos dengan pedang rantai api gandanya.

Alur cerita mengikuti lanjutan seri sebelumnya dimana Kratos mulai serangannya ke Gunung Olympus untuk membunuh Zeus karena setelah bertahun-tahun menderita mimpi buruk tanpa akhir.

Kratos hanya ingin membalaskan dendam kepada mereka yang telah menggunakan dia sebagai pion perang. Kratos sendiri bisa jadi tak hanya menghancurkan Olympus melainkan mengakhiri dunia itu sendiri.

17. Assassin’s Creed II

Game Assassin’s Creed II

Assassin’s Creed II termasuk salah satu game Open World terbaik yang mengisahkan kehidupan awal Ezio dengan dunia assassin nya.

Kamu akan melihat kisah dimana seorang bangsawan muda di era Renaissance Italia menjelma menjadi seorang Assassin setelah melihat penghianatan yang membuat beberapa anggota keluarganya dieksekusi.

Digame ini kamu bermain sebagai Ezio yang menjadi assassin dan membalaskan dendam satu persatu orang yang menghianati keluarganya.

Tentu di Assassin’s Creed II kamu sekaligus bisa melihat pengembangan karakter mendalam Ezio dari pemuda yang penuh amarah dan dipenuhi dendam hingga menjadi orang yang sangat tenang.

18. Borderlands 2

Game Borderlands 2

Di Borderlands 2 kamu bermain sebagai salah satu dari empat pemburu yang berhadapan dengan makhluk besar psikopat dan jenius dalam rencana jahat, bernama Handsome Jack.

Disini kamu bisa bermain bersama teman hingga empat pemain co-op atau split-screen.

19. Killzone 2

Killzone 2

Killzone 2 dipenuhi dengan momen-momen yang sangat menginspirasi, setiap adegan dirinci secara baik dan epik.

Tekstur bekas luka atau goresan dapat terlihat ketika menyelinap dilorong kecil atau membunuh musuh. Seri Killzone 2 bisa dibilang pesaing berat game COD dan Battlefield di era PS3.

20. Batman: Arkham Asylum

Batman Arkham Asylum

Batman: Arkham Asylum termasuk ke daftar game PS3 terbaik yang memiliki cerita epik dan menarik untuk diikuti.

Di Arkham Asylum pemain berperan sebagai Batman disaat ia mengantarkan The Joker ke Arkham Asylum untuk dipenjara. Sayangnya disana Joker telah memasang jebakan yang membuat penjahat lainnya menguasai Arkham Asylum.

Pemain sebagai Batman ditugaskan untuk mengembalikan penjahat satu persatu kembali ke dalam sel nya. Tentu sepanjang cerita dibumbui banyak teka-teki, hingga adegan-adegan yang menguras psikologis Batman itu sendiri.

21. Rayman Legends

Rayman Legends

Rayman Legends adalah lanjutan seri Rayman Origins, di game ini menghadirkan mode multiplayer yang bisa kamu gunakan.

Alur cerita dimulai ketika Glade of Dreams bermasalah lagi, menciptakan monster baru yang lebih menakutkan dari seri sebelumnya. Naga, kodok raksasa, monster laut, dan bahkan Luchadores yang jahat.

Tentu bersama dengan Murfy, Rayman, dan Globox kamu harus membantu melawan mimpi buruk dan menyelamatkan Teensies.

22. Dark Souls II

Dark Souls II

Di dunia Dark Soul, kamu harus bersiap untuk mati, mati dan mati sekali lagi, karena tingkat kesulitan di Dark Soul bisa menjadi mimpi buruk untuk setiap pemain, bahkan menjadi satu alasan kenapa banyak pemain marah saat memainkan gamenya.

Disetiap sudut Dark Soul II kamu akan bertemu banyak monster baru dan bos yang sangat mematikan, sulit untuk dihadapi. Berbagai macam ancaman akan memangsa indra & fobia setiap manusia.

Walau sulit, game Dark Soul II tetap menjadi favorit banyak pemain. Patut dimasukan ke daftar game PS3 petualangan terbaik yang harus dimainkan.

23. Far Cry 3

Game Far Cry 3

Far Cry 3 adalah salah satu seri FarCry terlaris sejauh ini, mengikuti kisah Jason Brody, pria yang terdampar di sebuah pulau dan berusaha menyelamatkan teman-temannya yang ditawan oleh para bajak laut.

Dari segi gameplay, Far Cry 3 membawa sebuah perubahan baru di dunia FarCry itu sendiri, bahkan dijadikan cetak biru untuk seri-seri setelahnya, paling tidak hingga seri FarCry Primal.

24. Fallout 3

Fallout 3

Fallout 3 termasuk kedalam daftar game PS3 petualangan terbaik yang membawamu ke dunia Wasteland dari bunker besi bawah tanah.

Kamu akan disajikan pertarungan yang unik, visual yang terlihat realistis di era PS3, banyak pilihan pemain, dan karakter yang dinamis.

Selain keseruan eksplorasi Wasteland, kamu juga akan menjumpai banyak musuh seperti super mutan, makhluk mutasi, dan lain-lainnya yang menyeramkan karena terkena efek radiasi.

25. Assassin’s Creed: Brotherhood

Assassin’s Creed Brotherhood

Assassin’s Creed Brotherhood adalah seri kedua dari saga Ezio dimana alur cerita mengikuti kejadian setelah Assassin’s Creed II, disini Ezio sudah sepenuhnya menjadi seorang Assassin yang berkharisma dan tenang.

Di AC Brotherhood, Ezio pergi ke Roma untuk menyerang markas musuh yang dipenuhi oleh kekuasaan, keserakahaan, dan korupsi. Ia bekerja sama dengan para Assassin lain untuk dapat melawan musuh bebuyutan mereka, yaitu Templar.

26. Okami HD

Okami HD

Dalam game Okami, monster lagendaris Orochi hidup kembali dan mengubah dunia menjadi gurun. Pemain akan berperan sebagai serigala, perwujudan dewa matahari Amaterasu.

Keadaan dunia menjadi tanggung jawab pemain karena harus melawan makhluk menyeramkan untuk dapat merebut kembali bumi dari kutukan Orochi.

27. LIMBO

Game LIMBO

Walau sederhana, game LIMBO satu ini memiliki cerita yang sangat mendalam. Petualangan teka-teki dengan latar hitam dan putih yang menempatkan pemain sebagai seorang anak kecil.

Anak kecil itu berpergian melalui dunia yang menyeramkan sekaligus berbahaya dalam upaya untuk menemukan nasib saudara perempuannya.

28. XCOM: Enemy Unknown

XCOM Enemy Unknown

Dalam XCOM: Enemy Unknown kamu akan bertempur dalam pertempuran sengit melawan pasukan alien, menyelamatkan warga sipil di kota-kota dan daerah terpencil di seluruh dunia.

Selain itu fitur dalam game membuatmu bisa membangun dan memperluas markas XCOM, merekrut dan melatih, hingga mendorong mereka ke pertempuran yang sesungguhnya.

29. Demon’s Souls

Demon’s Souls

Demon’s Souls adalah salah satu game RPG aksi terbaik yang menjadi favorit pemain PS3. Jika kamu kesulitan saat bermain solo, maka kamu bisa bergabung dengan dua pemain lain dalam mode co-op.

30. Deus Ex: Human Revolution

Deus Ex Human Revolution

Dalam game kamu akan berperan sebagai Adam Jensen, seorang spesialis keamanan yang dipilih untuk mengawasi pertahanan perusahaan biteknologi paling eksperimental di Amerika Serikat.

Ketika proyek ilmiah mengubah banyak atlet dan tentara menjadi makhluk super canggih, tentu tugas pemain untuk tetap memastikan bahwa evolusi manusia harus mengikuti jalurnya.

Setiap keputusan yang kamu ambil dalam game adalah pilihan yang akan menentukan nasib umat manusia nantinya.

31. L.A. Noire

Game L.A. Noire

L.A. Noire adalah game PS3 terbaik dari Rockstar Games dengan tema cerita thriller kriminal. Mengikuti cerita yang berlatar pada tahun akhir 1940-an.

Game ini memadukan aksi permainan dan alur cerita menjadi sebuah karya yang menarik untuk dilihat. Bahkan tata kota Los Angeles dalam game dibuat serasa kembali ke era pascaperang dimana korupsi dan narkoba masih menyelimuti kota tersebut.

32. Dishonored

Dishonored

Alur cerita Dishonored terjadi di Dunwall, kota industri perburuan paus dimana setiap sudut terinspirasi gaya steampunk.

Kamu akan bermain sebagai pengawal yang pernah dipercaya oleh permaisuri. Namun sayangnya terjebak dan difitnah dalam pembunuhannya.

33. Uncharted: Drake’s Fortune

Uncharted Drake’s Fortune

Uncharted: Drake’s Fortune adalah pembuka seri Uncharted yang populer bagi para pemain PlayStation.

Game ini mengikuti cerita Nathan Drake yang diduga sebagai keturunan penjelajah Sir Francis Drake.

Saat ia mencari harta karun El Dorado yang hilang, ia ditemani oleh jurnalis Elena Fischer dan mentornya Victor Sullivan.

34. Assassin’s Creed IV: Black Flag

Game Assassin’s Creed IV Black Flag

Assassin’s Creed IV Black Flag berlatar pada tahun 1715, dimana era Bajak Laut menguasai seluruh perairan karibia dan mendirikan Republik tanpa hukum.

Diantara banyak penjahat, ada kapten Edward Kenway yang nantinya akan menjadi seorang Assassin karena tak sengaja masuk dalam pertikaian Assassin-Templar hanya demi mendapatkan banyak uang.

Tentu sepanjang permainan, kamu akan bertemu banyak tokoh bajak laut ikonik seperti Blackbeard, Anne Bonny, dan Mary Read.

35. Burnout Paradise

Burnout Paradise

Bosan dengan balap-balapan biasa? Kenapa tak coba game Burnout Paradise satu ini. Dalam game ini kamu bisa saling tabrak menabrak dan melakukan apapun yang kamu inginkan.

Kamu bisa menjelajahi kota, menemukan acara, mencari peluang terbaik untuk menabrak dan melompat disetiap kesempatan yang ada.

36. BlazBlue: Calamity Trigger

BlazBlue Calamity Trigger

BlazBlue Calamity Trigger membawamu ke dunia dimana ada sebuah kota yang memiliki perpaduan sihir dan teknologi.

Protagonis memiliki tugas untuk mengejar penjahat buron bernama Ragna The Bloodedge yang juga dikenal sebagai Death.

37. DiRT 3

DiRT 3

DiRT 3 adalah game PS3 balapan off-road terbaik yang pernah muncul di era PlayStation 3. Memiliki gameplay yang sederhana namun khas, lebih solid dan memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan.

38. Max Payne 3

Game Max Payne 3

Max Payne 3 adalah seri penutup dari franchise May Payne. Mengikuti alur cerita Max Payne sendiri yang masih bergelut dengan masa lalu tentang kematian istri dan anaknya.

Seri Max Payne 3 ini juga menjadi seri pertama dan terakhir yang memperkenalkan mode multiplayer.

39. Heavy Rain

Heavy Rain

Kamu bisa merasakan sensasi thriller psikologis yang mencekam dan penuh tikungan serta belokan yang tak terhitung banyaknya dalam game Heavy Rain.

Menceritakan kisah misteri perburuan dari pembunuh yang tak diketahui bernama Pembunuh Origami, dinamai Origami karena setiap pembunuhan yang dilakukannya ia menyelipkan sebuah kertas lipat.

Empat karakter masing-masing mengikuti petunjuk mereka sendiri dengan motif yang tersedia, semua mengambil bagian dalam upaya mencegah pembunuh mencari korban baru.

40. Tomb Raider

Game PS3 Tomb Raider

Tomb Raider adalah game PS3 petualangan terbaik sekaligus pembuka dunia baru dalam cerita Trilogi Lara Croft. Di game ini perkembangan karakter Lara Croft sangat menarik untuk dilihat.

Tak seperti seri sebelumnya, seri Tomb Raider satu ini Lara Croft ditempatkan sebagai seorang Survival, lalu sepanjang cerita menjelma dari yang awalnya ketakutan menjadi seorang penjelajah makam yang pemberani.

41. Hotline Miami

Hotline Miami

Dalam game kamu akan dibawa menuju underworld Miami tahun 1980-an yang dipenuhi neon dimana saat pesan-pesan aneh di telepon mendesakmu untuk berbuat tindakan kekerasan.

42. Bayonetta

Game Bayonetta

Bayonetta adalah game penuh aksi dengan gaya sinematik yang sangat menarik dan terlihat sensual.

Gerakan finishing dalam game pun dibuat seakan menyerupai tarian balet. Disini kamu akan bermain sebagai Bayonetta, wanita yang berhadapan dengan berbagai musuh makhluk halus yang tak terhitung jumlahnya.

43. Diablo III

Diablo III

Diablo III berlangsung di Sanctuary, dunia fantasi yang gelap. Dua puluh tahun yang lalu Sanctuary diselamatkan dari kekuatan iblis underworld yang kuat dan jahat.

Di Diablo III pemain akan kembali ke Sanctuary untuk menghadapi sekali lagi kejahatan dalam berbagai bentuk yang berbeda.

44. The Wolf Among Us

The Wolf Among Us

The Wolf Among Us memiliki 5 episode dengan cerita menarik di dalamnya, mengikuti kisah Bigby the Wolf yang menjadi dektetif bagian penanganan kejahatan penduduk dongeng di dunia manusia.

Tentu sepanjang cerita kamu tak bermain sendirian, karena akan ditemani oleh Snow White dari jagat DC Comics.

45. Battlefield 3

Game Battlefield 3

Battlefield 3 termasuk game FPS terbaik PS3, salah satu pesaing terberat Call of Duty dengan cerita Modern Warfare nya.

Disini kamu bermain sebagai Marinir AS yang mengalami misi mendebarkan dan aksi epik yang terjadi di berbagai lokasi dari seluruh dunia, termasuk Eropa, Timur Tengah, dan Amerika Utara.

46. Crysis 3

Crysis 3

‘Can it run Crysis?’ Yup, itu adalah meme game Crysis pada saat kemunculannya dulu dengan tampilan grafis yang super wah namun memakan habis sumber daya consolenya.

Mengikuti tahun 2047 dimana Prophet memulai misi balas dendam setelah mengungkap kebenaran dibalik motif Cell Corporation untuk membangun Nanodomes yang terkarantina.

47. Assassin’s Creed III

Assassin’s Creed III

Assassin’s Creed III berlatar di tahun 1775, judul ini juga sebagai sekuel cerita dari Assassin’s Creed Black Flag.

Dalam game ini kamu akan bermain sebagai Haytam dan Connor Kenway, anak dan cucu dari Edward Kenway (AC 4 Black Flag). Satu game, dua karakter yang bisa dimainkan.

48. Castlevania: Lords of Shadow

Game Castlevania Lords of Shadow

Alur cerita berlatar di Eropa Selatan selama abad pertengahan, cerita berfokus pada Gabriel Belmont dan pencariannya untuk mengalahkan ordo jahat yang dikenal sebagai Lord of Shadow.

49. DmC: Devil May Cry

DmC Devil May Cry

Dalam game Devil May Cry ini kamu akan disajikan masa lalu kelam Dante dengan menghadapi wajah familiar di dunia DmC. Tentu dengan dilengkapi segudang senjata ikonik Dante seperti pedang, sabit, kapak, dan pistol.

50. inFamous 2

inFamous 2

Karena dihantui masa lalu, Cole MacGrath melakukan perjalanan ke kota New Marais untuk menemukan potensi penuh kekuatan supernya.

Disini pemain akan mengontrol Cole dengan kekuatan supernya untuk menyelamatkan umat manusia.

51. Battlefield: Bad Company

Game Battlefield Bad Company

Battlefield Bad Company memberikan pengalaman bermain baik solo maupun multiplayer yang menarik. Tentu dengan ditemani sinematik yang sarat dengan petualangan peperangan yang khas.

52. Street Fighter X Tekken

Game Street Fighter X Tekken

Jika kamu orang yang penasaran dengan pertanyaan: Siapa yang menang jika karakter Street Fighter melawan karakter Tekken? Maka kenapa tak coba game satu ini?

Dalam Street Fighter X Tekken, kamu akan disuguhkan karkater-karakter ikonik dari kedua seri tersebut. Memungkinkanmu untuk mengadu karakter favoritmu baik dari Tekken maupun Street Fighter.

53. Resident Evil 5

Resident Evil 5

Resident Evil 5 termasuk salah satu game PS3 terbaik genre horror yang berfokus pada cerita Chris Redfield di daratan Afrika.

Disana Chris berhadapan dengan ancaman bioterorisme baru yang mengubah penduduk Afrika menjadi zombie.

Dalam RE 5 ini juga disediakan mode co-op, dimana kamu bisa bermain sebagai Chris atau Sheva.

54. Gran Turismo 6

Gran Turismo 6

Gran Turismo 6 adalah game PS3 terbaik genre simulator balap komprehensif yang memungkinkan pemain mengendarai banyak koleksi mobil di trek balap paling lagendaris di dunia.

55. Tom Clancy’s Splinter Cell: Blacklist

Game Tom Clancy’s Splinter Cell Blacklist PS3

Splinter Cell: Blacklist termasuk kedalam daftar game PS3 petualangan aksi terbaik sekaligus penutup seri Splinter Cell. Walaupun penggemar berharap ada sekuel lanjutannya.

Menceritakan tentang Sam Fisher, pemimpin unit Eselon ke-4 yang bertugas untuk memburu para teroris dengan cara apapun yang diperlukan.

56. Final Fantasy XIII

Final Fantasy XIII

Di Final Fantasy XIII kamu akan disuguhkan pemandangan kota Cocoon dan dunia luar Pulse. Disepanjang alur cerita kamu akan bertemu dengan banyak sekutu dengan beragam karakteristik.

57. Just Cause 2

Game Just Cause 2

Just Cause 2 termasuk kedalam daftar game PS3 terbaik genre petualangan yang berfokus pada kisah Rico Rodriguez dalam lingkungan tropis Panau di Asia Tenggara.

Misi kali ini adalah membebaskan penduduk di pulau tersebut dari tirani dan diktator jahat, Baby Panay.

58. Resistance 3

Resistance 3

Resistance 3 terletak di tahun 1950-an dalam semesta dunia alternatif yang berbeda dimana Amerika telah dihancurkan oleh ras Chimeran yang mematikan.

Pemain akan berperan sebagai Joseph Capelli, Sentinel terakhir yang melakukan perjalanan dalam perjuangan bertahan hidup melawan Chimera.

59.  Ratchet & Clank Collection

Game Ratchet & Clank Collection

Ratchet & Clank Collection terdiri dari tiga game, yaitu Ratchet & Clank, Ratchet & Clank: Going Commando, dan Ratchet & Clank: Up Your Arsenal, dimana seri dikemas dalam bentuk remaster.

60. Yakuza 5

Yakuza 5

Yakuza 5 adalah sekuel dari seri sebelumnya yang masih berfokus pada cerita Kazuma Kiryu. Disini ia menjalani kehidupan tenang sebagai sopir taksi di Hakata setelah memutuskan semua hubungan dari dunia underworld.

Sayangnya kehidupan tenang tersebut tak bertahan lama, Kazuma terseret kedalam takdirnya yang lagi-lagi harus menjumpai para musuh Yakuza lama dan baru.

Untungnya ia tak sendirian, ada empat protagonis lainnya yang ikut membantu seperti Haruka Sawamura, Taiga Saejima, Tatsuo Shinada dan Shun Akiyama.

61. Ninja Gaiden Sigma 2

Ninja Gaiden Sigma 2

Ninja Gaiden Sigma 2 adalah remake dari game yang sebelumnya pernah dirilis, namun tetap menegaskan bahwa game satu ini memiliki gameplay yang menarik.

62. Sleeping Dogs

Game Sleeping Dogs

Sleeping Dogs termasuk salah satu game Open World terbaik, berlatar di Hong Kong dan dunia pergangsteran-nya.

Alur cerita layaknya menonton drama dimana polisi bernama Wei Shen menyamar sebagai anggota organisasi kriminal paling mematikan di dunia.

Pemain dapat melakukan tendangan dan kombo yang unik, penuh dengan aksi yang epik. Bahkan sinematiknya pun tak kalah menarik.

63. Dragon Age: Inquisition

Dragon Age Inquisition

Dragon Age Inquisition adalah seri terbaik yang dikerjakan oleh BioWare. Cerita yang menarik, karakter keren, dunia yang luas, dan bahkan fitur dan gameplay yang asyik untuk dicoba dan dimainkan.

64. GRID 2

Game Racing GRID 2

GRID 2 adalah game balapan terbaik yang dibalut dengan visual berkualutas, membuat pengalaman bermain menjadi tak cepat terlupakan.

65. Kingdoms of Amalur: Reckoning

Kingdoms of Amalur Reckoning

Kingdom of Amalur Reckoning menampilkan pertarungan RPG yang intens, responsif, dan mudah sekali disesuaikan oleh para pemain.

66. RAGE

Game PS3 RAGE

Rage adalah game aksi PS3 yang berlatar di dunia pasca-kiamat, dimana penuh dengan pengemudi liar yang saling tembak-menembak.

67. Ultimate Marvel vs. Capcom 3

Ultimate Marvel vs. Capcom 3

Ultimate Marvel vs Capcom 3 memberikanmu kesempatan untuk menguji siapa yang menang jika karakter Marvel diadu dengan karakter petarung dari Capcom. Ada sekitar 12 karakter baru yang masuk kedalam game satu ini.

68. Assassin’s Creed: Revelations

Assassin’s Creed Revelations

Revelations adalah penutup dari cerita kehidupan Ezio dengan dunia Assassinnya. Disini kamu akan bermain sebagai Ezio tua.

Tentu sepanjang cerita kamu tak akan sendirian, Ezio akan ditemani dengan wanita cantik yang nantinya akan menjadi istrinya.

69. Metro: Last Light

Anime Metro Last Light

Metro Last Light membawamu ke dunia reruntuhan kota Moskow pasca-kiamat yang sangat sunyi dan dipenuhi oleh monster mutasi dan alien yang aneh.

Kamu akan merasakan atmosfer yang memadukan pertempuran dengan eksplorasi horror bertahan hidup, menciptakan pengalaman bermain unik dan tak terlupakan.

70. Disgaea 4: A Promise Unforgotten

Disgaea 4 A Promise Unforgotten

Disgaea 4 adalah sekuel dari game Disgaea, RPG turn-based yang populer di PlayStation 2 hingga PlayStation 3.

Disini unit karakter memiliki batasan dalam pergerakannya, itu diatur dalam level dan senjata yang digunakan.

71. God of War: Ascension

Game God of War Ascension

God of War Ascension adalah salah satu game PS3 terbaik yang datang dari franchise God Of War. Ascension sendiri adalah prekuel dari God Of War pertama.

Alur waktu bertempat pada 6 bulan setelah Kratos membantai seluruh teman dan keluarganya sendiri karena tertipu oleh Ares.

Lalu Kratos dihukum dalam penjara untuk orang-orang hidup yang dikutuk karena melakukan hal yang sangat-sangat berdosa.

Disini pemain akan mengendalikan Kratos untuk keluar dari penjara dan menebus dosa-dosanya untuk membalaskan dendam keluarga yang telah dibantainya.

72. Dead Rising 2

Dead Rising 2

Dead Rising 2 membawamu ke dunia yang dipenuhi banyak zombie. Alur waktunya sendiri terjadi beberapa tahun setelah invasi zombie Willamette.

Ketika akhir seri pertama kamu diperlihatkan virus telah menyebar ke seluruh Amerika Serikat. Di Dead Rising 2 inilah pemain harus menghadapi serangan banyak zombie di surga perjudian Fortune City.

73. Dragon’s Dogma: Dark Arisen

Dragon’s Dogma Dark Arisen

Dragon’s Dogma Dark Arisen adalah DLC dari game intinya dengan judul Dragon’s Dogma. Konten didalamnya sendiri menambah porsi cerita yang sudah disajikan di game intinya.

74. Atelier Rorona Plus: The Alchemist of Arland

Game Atelier Rorona Plus The Alchemist of Arland

Atelier Rorona Plus berfokus pada karakter Rorolina Frixell, gadis muda yang ditugaskan untuk menyelesaikan tugas alkimia selama 3 tahun untuk menjaga workshop alkimia agar tidak diusir dari kerajaan Arland.

75. Tekken 6

Game Tekken 6

Tekken 6 membawamu kembali melihat karakter yang sudah dikenal dari seri-seri sebelumnya dengan tampilan kualitas HD tentunya.

Hal yang baru di seri ini ada pada kostumisasi karakter yang lebih mendalam, seakan meningkatkan intensitas pertempuran.

76. Prototype 2

Game Prototype 2

Ketika wabah virus ganas membunuh keluarga Sersan James Heller, ia berubah menjadi sebuah Prototype dari virus tersebut.

Heller mendapatkan kekuatan yang bisa berubah bentuk (layaknya Venom). Lalu ia gunakan untuk memburu pria yang bertanggung jawab atas penyebaran virus tersebut, bernama Alex Mercer.

77. Catherine

Game PS3 Catherine

Catherine termasuk kedalam daftar game PS3 terbaik bergenre puzzle dengan alur cerita percintaan yang cukup membingungkan, tentu dikemas dengan gaya khas anime.

Kamu akan bermain sebagai Vincent, pria yang dihadapkan oleh dilema antara mencintai kekasihnya bernama Katherine, atau wanita misterius bernama Catherine.

Sepanjang dilema, Vincent terus bermimpi aneh, seakan ia dihadapkan dengan puzzle yang tak terhitung dan bisa membuatnya terbunuh sewaktu-waktu.

Disini pemain diharuskan membantu Vincent menyelesaikan semua puzzle yang ada dalam mimpinya, memilih wanita mana yang akan ia cintai, dan menyelesaikan misteri aneh yang terjadi di hidupnya.

78. Driver: San Fransisco

Game Driver San Fransisco

Di game ini kamu akan bermain sebagai John Tanner dalam perburuan penjahat kelas kakap bernama Charles Jericho melalui perbukitan City by the Bay.

Tentu dengan gameplay yang menarik dan kualitas HD, kamu akan kembali merasakan serunya bermain game Driver seperti di seri game PS1 dulu.

79. F.E.A.R. 3

Game PS3 F.E.A.R. 3

Dalam game F.E.A.R 3 pemain akan bermain sebagai Point Man, seorang prajurit super yang dimodifikasi secara genetik yang sebelumnya diperkenalkan pada seri pertama game F.E.A.R.

80. Mirror’s Edge

Mirror’s Edge

Disini kamu akan bermain sebagai wanita yang melintasi berbagai gedung-gedung secara vertikal. Dalam game kamu diposisikan sebagai orang yang diburu.

81. The Sims 3

The Sims 3

Pada era PS3 dulu, The Sims 3 adalah game simulasi kehidupan yang paling populer. Kamu akan diberikan pilihan modifikasi karakter yang lebih mendalam.

Dan yang bisa kamu lakukan di game ini sangat banyak, layaknya hidup di dunia nyata, kamu bisa bekerja, membangun sebuah rumah atau keluarga, dan lain-lain.

Ekspansi gamenya pun juga banyak, dari ekspansi pesta hingga musim semuanya ada.

82. Marvel: Ultimate Alliance

Marvel Ultimate Alliance

Marvel Ultimate Alliance adalah game PS3 genre RPG terbaik yang menampilkan banyak karakter Marvel.

Pemain dapat berperan sebagai Spider-Man, Wolverine, Captain America, dan lain-lainnya.

83. Dead or Alive 5 Ultimate

Dead or Alive 5 Ultimate

DOA 5 Ultimate adalah versi definitif dari game intinya. Tujuannya adalah menghadirkan pengalaman bermain game DOA yang lebih baik dengan tampilan HD.

84. Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Strom 3

Naruto Shippuden Ultimate Ninja Strom 3

Naruto Ultimate Ninja Strom 3 adalah game anime terbaik yang akan membawamu kedalam dunia Naruto dimana kamu bisa bermain sebagai Naruto, Sasuke, Sakura, Kakashi dan karakter yang lain dalam mode pertarungan.

Mode alur ceritanya sendiri terjadi pada awal mula perang dunia ninja ke empat, dan game ini mengikuti alur cerita pada cerita manga dan animenya.

85. Saints Row IV

Saints Row IV

Saints Row IV adalah salah satu game Open World terbaik yang memiliki gameplay seru namun unik.

Setelah alien datang, pemain harus berjuang untuk membebaskan manusia dari kelompok alien yang menginvasi bumi.

Tentu sepanjang jalanan kamu akan dijumpai orang-orang aneh dengan membawa senjata yang juga tak kalah anehnya. Apa yang bisa kamu lakukan digame ini sangat banyak, mulai dari hal normal hingga hal yang tak wajar.

Kesimpulan

Era PS3 memang sudah berakhir, namun bukan berarti kamu tidak bisa memainkan game-gamenya lagi.

Jika kamu memiliki konsol PS3, dan masih memiliki DVD gamenya, maka tak ada salahnya untuk memainkan gamenya kembali.

Jika kamu tidak memiliki konsol PS3, masih ada emulator seperti RPCS3 yang tersedia di Internet dan bisa kamu gunakan untuk mencoba mainkan judul game-game diatas.

Akhir kata dari kami, selamat bermain ya!

7 Tanda Kamu Memiliki Sifat Perfeksionis, Coba Pahami dan Kenali Bahayanya!

35 Game Simulasi Truck Terbaik Untuk Android yang Seru Banget!