in

Ini Dia 9 Ciri Orang Cerdas, Apakah Kamu Termasuk?

Ciri orang cerdas tidak hanya dilihat dari hasil yang orang tersebut peroleh, melainkan bisa juga dilihat dari sudut pandang lain, seperti tingkah lakunya maupun kemampuan ia berpikir dan memecahkan masalah.

Umumnya kecerdasan dikategorikan sebagai mukjizat untuk para individu yang memilikinya sedari lahir.

Namun kenyataannya, kecerdasan bisa diperoleh. Lingkungan sekitar berperan besar mempengaruhi keterampilan otak dan cara berpikir seseorang.

Menurut ahli, ciri orang cerdas bisa dilihat dari perilakunya, karena mereka menunjukkan perilaku yang serupa dan memiliki banyak kesamaan.

Berikut beberapa ciri-ciri dan kesamaan yang dimiliki orang cerdas, apakah kamu termasuk salah satunya?

1. Orang cerdas tidak suka mencampuri urusan orang lain

Tiga Wanita Mengobrol
Photo: StockSnap dari Pixabay

Bergosip alias membicarakan kehidupan orang lain adalah salah satu hal yang paling dihindari oleh orang cerdas. Mereka tidak suka mencampuri urusan orang lain.

Bahkan ketika ditinggal sendirian atau jauh dari keramaian, orang cerdas justru merasa lebih bahagia.

Sendiri bukan karena mereka penyendiri, tetapi mereka tahu kalau otak mereka membutuhkan ruang untuk berfungsi optimal. Bukan diisi dengan pembicaraan yang tak penting.

2. Terkadang mereka sering berbicara sendiri

Microphone
Photo: Ilyass SEDDOUG dari Unsplash

Mereka berbicara sendiri bukan karena otak mereka terganggu, tapi karena mereka membutuhkan feedback alias umpan balik dari apa yang sedang atau telah mereka lakukan dan pikirkan.

Misalkan ketika mereka melakukan sebuah eksperimen lalu tak yakin dengan hasilnya, mereka justru berbicara dan bertanya dengan diri mereka sendiri “ini akan berhasil gak ya?” “apakah ini sudah benar?” dan lain-lain.

Mereka berbicara bukan dalam hati, melainkan dengan suara yang lumayan terdengar. Seperti sedang berbisik-bisik, namun pada diri sendiri.

3. Kerja cerdas, bukan kerja keras

Wanita Dengan Laptop
Photo: Brooke Cagle dari Unsplash

Mereka yang cerdas umumnya terlihat seperti orang malas, sering dilihat tidak pernah belajar atau bekerja sepanjang waktu.

Tapi justru sebaliknya, mereka sebenarnya sedang mencoba menemukan cara termudah untuk melaksanakan tugas dengan sempurna tanpa harus bekerja keras.

Kebanyakan dari mereka sering berpikir dan bereksperimen untuk menciptakan sistem dimana bisa bekerja sehari, namun hasil yang di dapat bisa menutup kebutuhan selama enam hari.

Terlihat tidak mungkin kan? Pada awalnya begitu. Namun ketika eksperimen mereka berhasil, kenyataannya apa yang ditulis diatas bisa dilakukan.

4. Mereka selalu mencari sebuah jawaban

Tanda Tanya
Emily Morter dari Unsplash

Pikiran yang cerdas selalu ingin tahu. Mereka selalu mencari jawaban dari sesuatu yang mereka pikirkan. Banyak melakukan eksperimen untuk mencari sebuah jawaban.

Menurut ahli, memiliki rasa ingin tahu yang lebih dan belajar lebih banyak adalah tanda seseorang memiliki kecerdasan yang tinggi. Itulah kenapa orang cerdas sering belajar dan banyak membaca.

5. Mereka memiliki selera humor yang tinggi

Tiga Wanita Mengobrol Sambil Tertawa
Photo: Priscilla Du Preez dari Unsplash

Orang cerdas cenderung humoris. Mereka mampu mengubah setiap hal kecil menjadi sebuah lelucon lucu dan membuat semua orang disekitarnya tertawa.

Kenapa begitu? Karena untuk membuat sebuah candaan dibutuhkan keterampilan kreatif yang tinggi, dan itu tidak banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

6. Sangat suka mendengarkan dan memainkan musik

Headset
Photo: C D-X dari Unsplash

Mendengarkan dan memainkan musik bisa membuat otak bekerja secara optimal, dan bahkan dalam kasus tertentu membuat kecerdasan seseorang meningkat.

Seseorang yang suka mendengarkan musik dan lebih memilih ketukan atau ritme lagu dibandingkan liriknya mungkin lebih cerdas dari orang yang mendengar lagu karena tertarik dengan liriknya.

7. Mereka tidak banyak bicara

Wanita Sedang Minum Kopi
Photo: Caleb George dari Unsplash

Mereka yang cerdas tidak senang bergabung dengan pembicaraan yang tak berarti, mereka lebih memilih menyendiri dimana bisa menikmati diam yang membuat otak mereka menjadi tenang.

Sifat pendiam yang mereka miliki terkadang sering diartikan banyak orang sebagai sifat sombong.

Padahal kenyataannya diam adalah cara terbaik untuk bisa menjaga otak dari informasi-informasi tak penting yang terkadang datang dari percakapan-percakapan dengan banyak orang.

8. Mereka bisa memanajemen waktu dengan baik

Wanita Duduk
Photo: Toa Heftiba dari Unsplash

Mereka yang cerdas tentu memanajemen waktu nya sehari-hari dengan sangat baik. Membuat catatan kegiatan sebelum tidur, bekerja sesuai waktunya, dan jarang membuang-buang waktu.

Mereka sangat produktif dan sering menciptakan sebuah karya atau hasil yang memuaskan dari ide-ide yang mereka pikirkan sebelumnya.

Bahkan dalam kasus tertentu, orang cerdas bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dari orang pada umumnya. Rahasiannya? Mereka tidak menyianyiakan waktu luang alias disiplin waktu.

9. Berani mengakui kesalahan sendiri

Wanita pirang kemeja merah motif kotak-kotak
Photo: Jenny Ueberberg dari Unsplash

Mengakui kesalahan? Apa hubungannya dengan kecerdasan seseorang? Tentu ada.

Jeff Bezos, pendiri Amazon.com sering mengakui kesalahannya sendiri ketika perusahaannya mengalami masalah. Ia berdamai dengan keputusannya sendiri yang salah sebelumnya, lalu bangkit dan mencoba lagi.

Tak ada yang sempurna, bahkan Jeff Bezos yang memiliki kekayaan sangat banyak pun masih melakukan kesalahan.

Mengakui dan berdamai dengan kesalahan diri sendiri lalu bangkit dan mencoba lagi adalah sifat dan ciri orang cerdas.

Kesimpulan

Jadi itu tadi ciri orang cerdas yang bisa dilihat dari tingkah lakunya sehari-hari dan kemampuannya berpikir serta memecahkan sebuah masalah.

Kecerdasan tentu bisa diperoleh jika sering belajar, menjauhi gosip, memperluas pengalaman, disiplin waktu, dan berani berdamai dengan kesalahan sendiri.

Dari beberapa ciri orang cerdas diatas tadi, apakah salah satu cirinya ada dalam diri kamu?

Ini 8 Tanda Seseorang Naksir Kamu, Bisa Dilihat dari Cara Dia Bertingkah!

35 Game Pertanian PC dan Android Terbaik, Seperti Merasakan Pengalaman Bertani Sungguhan!