KESEHATAN

8 Gerakan Ringan yang Membuat Olahraga di Rumah Jadi Lebih Menyehatkan

Mau olahraga di rumah? Cukup lakukan gerakan ringan berikut ini. Dijamin menyehatkan lho.

Banyaknya kegiatan harian yang padat membuat kita jarang bisa mengendalikan pola hidup yang sehat, bahkan terkadang untuk berolahraga pun sering dilupakan, padahal kenyataannya berolahraga itu bermanfaat baik lho untuk tubuh kita. Dengan alasan menunggu waktu libur, kita sering menunda untuk berolahraga sampai pada akhirnya tidak sempat dilakukan. Padahal olahraga bisa dilakukan dimana saja, misal olahraga di rumah contohnya.

Pandangan yang sering tertuju dengan jenis-jenis olahraga kekinian yang menggunakan alat-alat canggih dan menguras dompet jadi alasan banyak orang untuk tidak berolahraga, misal karena tidak ada alatnya, atau tidak ada tempat yang oke untuk berolahraga. Kenapa tidak dimulai dari yang ringan-ringan dulu? Bukankah tujuan olahraga untuk menyehatkan badan, bukan untuk mencoba alat-alat olahraganya?

Nah kali ini Wokeeh mau memberikan beberapa jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di rumah, sehingga kamu bisa berolahraga dengan nyaman, menyehatkan, dan tidak banyak menguras isi dompetmu.

1. Push Up, salah satu jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan dimanapun kamu berada

Push Up - Olahraga di Rumah

Push up

Bagi banyak orang pastinya sudah tidak asing mendengar nama jenis olahraga ringan yang satu ini, yup Push Up. Gerakan olahraga ringan seperti Push Up ini hanya cukup menggerakan badan dengan bantuan kedua tangan saja. Gerakannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu melakukan posisi terungkap dengan tangan berada di sisi kanan kiri, lalu dorong ke atas menggunakan kedua tanganmu itu. Jangan lupa, kedua posisi kaki harus lurur dan dalam keadaan tegap ya.

Kamu bisa melakukan Push Up dengan beberapa aturan seperti berikut:

  • Push Up 5x
  • Istirahat 3 menit
  • Push Up 5x
  • Istirahat 5 menit
  • Push Up 5x
  • Istirahat 10 menit

Jadi kamu memiliki tiga sesi Push Up. Tapi untukmu yang baru awal melakukan Push Up, atau jarang berolahraga lebih baik porsinya dikurangi, seperti cukup 5 kali saja, lalu dilanjut dengan olahraga ringan lainnya.

2. Tanpa perlu keluar rumah, naik turun tangga juga olahraga di rumah yang cukup menguras keringat

Naik Turun Tangga - Olahraga di Rumah

Naik turun tangga

Apabila rumahmu memiliki tangga, kamu cukup menggunakannya saja untuk berolahraga setiap hari jika kamu menginginkannya. Tidak hanya di rumah, tangga dimanapun termasuk tempat kerjamu juga bisa kamu pakai untuk berolahraga, asalkan tidak mengganggu waktu kerja ataupun orang lain di sekitar ya. Kamu cukup naik turun tangga 5 kali juga sudah membuatmu berkeringat, apalagi kalau dilakukan sambil berlari kecil.

Naik turun tangga juga salah satu gerakan olahraga yang cocok untuk menurunkan berat badan, karena naik turun tangga mampu membakar kalori dan mengencangkan otot kaki serta betis. Untukmu yang ingin juga mengecilkan perut tapi malas untuk pergi ke gym, ya gunakan saja tangga rumah atau tempat kerjamu untuk berolahraga. Naik dan turun beberapa kali secara konsisten sampai kamu melihat hasilnya dalam beberapa minggu.

3. Sit Up, salah satu olahraga ringan tanpa alat yang bisa membantumu untuk mengecilkan perut

Sit Up - Olahraga di Rumah

Sit up via musclemediaonline.com

Sit Up juga termasuk olahraga di rumah yang paling ringan dan tanpa perlu bantuan alat. Gerakan Sit Up melibatkan gerakan otot perut, sehingga sangat cocok dilakukan untuk siapapun yang ingin mengecilkan perut atau membuat perut terlihat lebih sixpack. Kamu bisa melakukan Sit Up dengan tangan yang berada dibelakang kepala atau di depan badan, tergantung kamu merasa lebih nyaman yang mana.

Sit Up sendiri adalah gerakan yang bertumpu pada pinggul dan pantat dengan keadaan lutut yang diarahkan ke atas. Cukup lakukan 10 kali dalam sehari secara konsisten, kamu bisa melihat hasilnya pada perutmu dalam dua atau tiga minggu. Meskipun awal melakukannya terlihat sulit bahkan sakit, tapi percayalah apabila dilakukan secara konsisten akan menghasilkan hasil yang kamu inginkan dalam waktu yang dekat.

Untuk yang memiliki perut buncit atau lembek, kamu bisa mengatasinya kok dengan olahraga Sit Up secara konsisten setiap hari. Kalau kamu mencari solusi bagaimana cara mengecilkan perut, ya jawaban singkat dan solusi terbaiknya adalah Sit Up. Yang pasti konsisten agar hasil bisa lebih maksimal.

Baca Juga :  Beginilah Jadinya Jika Superhero Menggunakan Kekuatannya Untuk Berolahraga

4. Senam Aerobik, membuat badan lebih sehat dengan menggerakan seluruh tubuh

Senam Aerobik - Olahraga di Rumah

Senam aerobik via livestrongcdn.com

Senam Aerobik bukanlah hal yang baru bagi sebagian orang. Senam Aerobik ini juga bisa kamu lakukan di rumah, bisa dilakukan bersama teman, pasangan, atau sendirian juga tak jadi masalah. Kalau kamu tidak ada pemandu, kamu cukup memutar video senam aerobik yang ada di internet atau  DVD di televisi dan ikuti gerakan-gerakan yang kamu lihat. Lakukanlah sampai selesai, karena dengan begitu bisa membuatmu mendapatkan hasil olahraga senam aerobik yang lebih maksimal.

5. Yoga, gerakannya yang santai tapi berdampak lumayan besar pada tubuh kita

Yoga - Olahraga di Rumah

Yoga

Yoga juga salah satu olahraga di rumah yang bisa dilakukan tanpa perlu alat bantu. Cukup sediakan saja matras untuk alas kita saat melakukan gerakan-gerakan yoga. Kamu bisa melihat video di internet terkait gerakan-gerakan Yoga, lalu ikuti gerakan-gerakannya dari yang paling mudah hingga yang tersulit.

Perlu diingat, saat kamu melakukan gerakan-gerakan menengah atau mahir, ada baiknya kamu terlebih dahulu belajar dengan sang pelatih, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Lari di Tempat, mudah dilakukan dan menyehatkan untuk tubuh

Lari di Tempat - Olahraga di Rumah

Lari di tempat viashareitfitness.com

Kalau kamu merasa malas keluar rumah tapi ingin berolahraga lari, kenapa tidak melakukan olahraga lari di tempat saja? Mudah kok. Kamu cukup melakukan gerakan lari dengan kaki lebih mengangkat keatas secara ditempat. Dengan melakukan gerakan lari ditempat secara berulang-ulang, tubuhmu akan merasa berkeringat dan jantung pun terasa lebih sehat.

Untukmu yang ingin olahraga pagi hari tapi malas keluar rumah, coba lakukan saja gerakan lari ditempat ini. Lakukan selama 5-10 menit. Lalu istirahatlah selama 5 menit. Apabila ingin dilanjutkan lagi, lakukanlah gerakan olahraga lari di tempat selama 10 menit. Terus lakukan selama 3-5 kali. Itu hampir setara dengan berlari berjarak 1 km.

Lari di tempat juga bagus dilakukan untuk siapapun yang ingin mengecilkan perut dan menurunkan berat badan. Karena pada dasarnya lari di tempat juga sama seperti lari atau jogging yang membakar kalori, sehingga dapat membantumu untuk menurunkan berat badan serta mengecilkan perut bagi yang ingin perutnya menjadi lebih seksi atau terlihat sixpack. Terlebih lagi lari di tempat juga dapat menguatkan otot-otot kaki, tulang, serta menyehatkan paru-paru dan jantung.

Baca Juga :  9 Tips Diet yang Akan Membantu Kamu Menurunkan Berat Badan Tanpa Harus Kelaparan

7. Jumping Jacks, melompat-lompat dengan mudah dan berdampak besar untuk kesehatan tubuh

Jumping Jacks - Olahraga di Rumah

Jumping jacks via yabibo.com

Jumping Jacks, olahraga di rumah yang satu ini bisa kita temukan gerakannya di senam aerobik. Beberapa senam kalau kamu perhatikan ada gerakan-gerakan jumping jacks walau gerakannya tidak terlalu banyak atau mendominasi. Kamu cukup melakukan Jumping Jacks selama 5 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal untuk tubuhmu.

Cara melakukannya adalah dengan berdiri secara tegak, lalu kemudian kamu melompat-lompat dengan kedua tangan keatas dan diiringi dengan posisi melebar. Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang kali. Jumping Jacks adalah olahraga di rumah yang paling mudah dilakukan, bisa kamu lakukan saat pagi hari ataupun sore hari. Karena tidak memakan banyak tempat, kamu bisa lakukan Jumping Jacks sambil menonton tv di ruang keluarga.

8. Lompat Tali, gerakan melompat dengan alat yang mampu menguatkan otot-otot kaki serta menyehatkan jantung

Skipping atau Lompat Tali - Olahraga di Rumah

Lompat tali atau skipping

Lompat tali dilakukan dengan menggunakan alat berupa tali, atau disebutnya skipping. Dengan gerakan melompat-lompat yang cukup cepat, olahraga lompat tali atau skipping juga dapat menurunkan berat badan serta mampu membakar lemak lebih cepat. Cocok untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan tapi tidak ingin keluar rumah nih.

Untuk usia-usia tertentu (usia muda), olahraga lompat tali juga dapat membantu meningkatkan tinggi badan lho. Kalau usiamu masih belum menyentuh 30 tahun, masih ada kesempatan untuk meningkatkan tinggi badanmu walau peluangnya sedikit, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba bukan?

Perlu diingat, untuk awalan jangan terlalu berlebihan. Cukup lakukan selama 5 menit saja. Karena olahraga lompat tali ini fokusnya ada pada kaki, jadi untuk menghindari cedera maka jangan dilakukan secara berlebihan. Untukmu yang sudah biasa melakukannya, konsisten selama 30 menit setiap hari akan membuatmu memiliki tubuh yang lentur dan lebih seimbang. Apabila usiamu masih dibawah 23 tahun, melakukannya secara konsisten juga dapat membantu meningkatkan tinggi badan.

Nah itu tadi beberapa olahraga di rumah yang mudah untuk dilakukan serta menyehatkan untuk tubuh. Cukup di lakukan di dalam rumah kok. Untuk yang ingin menurunkan berat badan, mengecilkan perut, meningkatkan tinggi badan, atau sekedar ingin mencari keringat, maka gerakan-gerakan olahraga diatas tadi perlu untuk kamu lakukan. Rajin olahraga selalu ya, karena olahraga itu membuat badan menjadi lebih bugar dan tubuh menjadi lebih sehat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini