in

5 Program Diet Sehat yang Bisa Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Tujuan menjalankan program diet sehat tentu adalah untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Mempunyai tubuh yang ideal adalah dambaan banyak orang, tubuh yang ideal juga menjadi alasan tersendiri bagi daya tarik lawan jenis.

Dengan memiliki tubuh yang ideal, siapapun bisa menjadi lebih percaya diri. Siapa sih yang gak mau mempunyai tubuh yang ideal?

Semua orang pastinya mau. Namun untuk mendapatkan tubuh yang ideal itu membutuhkan usaha, walau terbilang memberatkan, mau tak mau harus dilakukan.

Ukuran tubuh ideal masing-masing orang mungkin berbeda-beda, tidak semua sama. Walau berbeda-beda ukuran idealnya, setidaknya tubuh kurus dan ramping menjadi idaman banyak orang.

Nah berikut Wokeeh akan memberikan beberapa rekomendasi program diet sehat alami yang praktis, dan bisa kamu coba sekarang juga untuk membantumu menurunkan berat badan, agar bisa mendapatkan tubuh impian tanpa perlu berhenti makan.

1. Cobalah program diet DASH, kamu bisa menurunkan berat badan sekaligus membuat tubuhmu tambah sehat. Tiga minggu bisa kamu lihat hasilnya

Salad dengan Fettucini dalam mangkok
Cobalah program diet sehat bernama diet DASH

DASH adalah singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension. Program diet ini sudah lama terkenal di Amerika, yang diformulasikan oleh cabang NIH (National Institute of Health).

Walau awalnya diet ini dikhususkan untuk menurunkan darah tinggi, tapi ternyata diet ini juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Menurut para dokter di Amerika sana, diet ini menjadi diet yang terbaik diantara 29 jenis diet lainnya.

Program diet ini memiliki 2 fase yang harus kamu jalani. Fase yang pertama berlangsung selama 2 minggu. Nah, selama 2 minggu ini kamu harus memperbanyak protein, bisa di dapat dari makan daging dan minum susu.

Tujuannya adalah untuk mengurangi konsumsi karbohidrat agar sistem metabolisme di tubuh bisa di setel ulang. Walau diharuskan makan daging dan minum susu, kamu yang vegetarian masih bisa kok makan sayuran, seperti bayam, dan juga mentimun.

Dalam fase pertama ini kamu perlu menghindari buah-buahan dan makanan yang mengandung banyak sodium, contohnya seperti keju. Apabila fase pertama sudah kamu lewati, sistem tubuhmu nantinya akan punya pola metabolisme yang baru.

Setelah itu pada fase kedua, kamu sudah bisa memakan makanan yang mengandung karbohidrat, makan buah-buahan, serta sayur-sayuran. Adapun menu pada fase kedua seperti berikut ini :

Menu Makan Program Diet Sehat Dash
Menu DASH diet | Photo: ghc.org

Kamu yang ingin menurunkan berat badan, harus coba diet sehat ini. Tak perlu takut untuk mencoba, diet sehat ini sangat mudah untuk dijalani, nutrisinya juga seimbang, dan tak membahayakan keselamatan bagi kamu yang ingin melakukannya.

Agar hasil dari program diet DASH ini maksimal, ada beberapa aturan yang perlu kamu taati. Yaitu, kamu perlu minum banyak air putih, tak boleh banyak makan makanan yang asin, jauhi minum teh dan juga kopi, dan batasi konsumsi kalori.

2. Coba healthy portion diet. Membagi porsi makanmu ke dalam 4 bagian, agar kamu bisa cepat menikmati bentuk tubuh impian

Menu Program Diet Sehat Healthy Portion DIet
Mencoba diet sehat Healthy Portion Diet | Photo: circuit-valdevienne.com

Kamu yang ingin mendapatkan tubuh sehat dan juga ramping haruslah terus berusaha dan berjuang, walau terlihat susah-susah gampang, yang pasti itu semua dilakukan demi mendapatkan tubuh impian.

Kamu yang menjalani program diet, terkadang mau tak mau harus menjauhi makanan yang sebenarnya tak pernah sedikitpun kamu tinggalkan. Dan bagi yang ingin tetap menjalani diet serta tak ingin meninggalkan makanan favorit, maka program Healthy Portion Diet bisa menjadi jawabannya.

Program diet sehat ini sangat tepat untuk menentukan perbandingan gizi karbohidrat, protein, dan juga lemak dalam menu makananmu sehari-hari.

Cara menjalaninya juga sangat mudah, kamu hanya perlu membagi makanan di piringmu menjadi 4 bagian: untuk karbohidrat, untuk protein nabati, hewani, dan lemak (seperti daging ikan, ayam, sapi, dan lainnya); untuk sayur-sayuran; dan sebagian lagi untuk buah-buahan.

Itu semua bisa kamu bagi menjadi 4 bagian ke dalam piring makananmu.

Pantangannya adalah kamu tak boleh banyak mengemil snack ringan, karena itu bisa membuat simpanan kalorimu jadi membengkak.

Agar program diet lebih optimal, kamu bisa menambah programnya dengan melakukan olahraga ringan yang bisa membantumu menurunkan berat badan hingga 2 kilogram dalam sebulan.

Kamu jadi tak perlu merasa tersiksa lagi saat menjalani program diet, karena program diet ini tak perlu membuatmu menjauhi makanan favorit.

3. Menurunkan berat badan hingga 8 kilo dengan menjalani program diet mayo. Dengan disiplin yang tinggi, 2 minggu saja sudah kelihatan hasilnya

Wanita makan siang dengan garpu dan pisau dekat gelas putih
Turun 8 kilo dengan diet sehat mayo | Photo: huffingtonpost.com

Program diet ini bukan berarti kamu harus banyak makan mayonaise lho ya. Metode diet ini digagas oleh Mayo Clinic di Amerika, yang menekankan pantangan makan makanan mengandung garam atau asin selama 2 minggu.

Diet mayo ini mempu mengatur pola makanmu sehari-hari dengan makan rendah kalori, tinggi protein, sampai tanpa karbohidrat. Kamu yang ingin mencoba program diet mayo bisa melihat menu-menunya berikut ini :

Menu diet sehat mayo
Menu diet sehat mayo | Photo: drozindonesiatranstv

Menu diet mayo bisa membantu menurunkan kandungan karbohidrat dan juga garam di dalam tubuhmu.

Perlu kamu ketahui bahwa karbohidrat dan garam bersifat mengikat air, dan dengan berkurangnya kandungan kedua zat ini dalam tubuhmu, maka tubuhmu akan kehilangan banyak air sehingga berat badan tubuhmu bisa menurun.

Jangan khawatir, walau kekurangan banyak air, tubuhmu tak akan menjadi lemas kok. Tubuhmu ini masih memiliki cadangan gula sebagai sumber energi, jadi kamu tak akan merasakan lemas.

Namun kamu juga harus meminum 8 gelas air putih setiap hari, karena itu untuk memastikan bahwa metabolisme tubuh tetap bekerja seperti semula dan itu pun memang sudah anjuran yang seharusnya dilakukan untuk semua orang.

Kamu jangan sesekali minum air es, karena air es sifatnya tidak baik untuk tubuh. Selama 14 hari ini kamu wajib taat mengikuti prosedur yang sudah ditentukan agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika kamu disiplin selama 2 minggu, kamu sudah bisa menurunkan berat badan hingga 8 kilogram.

4. Kamu yang suka makan banyak, mungkin program food combining diet ini cocok untukmu. Boleh makan apa saja asal waktu makanmu juga diatur

Wanita menggunakan laptop diatas meja disamping jus jeruk dan paprika, timun, dan tomat
Food combining diet | Photo: womenpla.net

Kamu yang ingin menurunkan berat badan namun enggan meninggalkan berbagai makanan, maka kamu harus coba pilihan program food combining diet ini. Food combining adalah sebuah konsep yang mengacu pada fakta bahwa setiap kelompok makanan memiliki waktu cerna dan serap yang berbeda-beda.

Jadi kamu hanya perlu membuat jeda waktu makan untuk beberapa jenis makanan. Kamu tak boleh menyantap makanan seperti nasi, lauk pauk, sayuran, dan buah sekaligus dalam 1 jam makan. Sebelum menjalani program diet ini, kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu klasifikasi makanan berikut ini.

Klasifikasi makanan
Kasifikasi makanan | Photo: Majalah Nirmala

Agar makananmu juga tidak mengendap dan menjadi lemak berlebih di tubuh, maka kamu harus mengkonsumsi makanan dengan kolom warna yang sama, coba deh perhatikan gambar diatas.

Nah, kalo kamu ingin mengkonsumsi makanan dari kolom warna yang berbeda, maka berikan jeda sekitar 1-3 jam. Tidak repot kok, hanya saja butuh kedisiplinan.

Perhatikan juga masa-masa cerna makanan dalam tubuhmu agar bekerja secara efektif bagi tubuh.

  • Pukul 12.00-20.00 ini adalah masa pencernaan, disini idealnya kamu harus mengkonsumsi karbohidrat bersama protein nabati, atau protein hewani dengan protein nabati. Kamu bisa pilih dari kedua pilihan itu.
  • Pukul 04.00-12.00 adalah masa pembuangan, idealnya kamu harus mengkonsumsi buah-buahan.
  • Pada pukul 20.00-04.00 adalah masa penyerapan, dimana kamu harus mengkonsumsi buah-buahan dan juga sayuran.

Dengan mengikuti pola ini, penyerapan nutrisi akan berjalan efektif serta tak menimbulkan masalah pada pencernaan, kamu yang ingin menurunkan berat badan jadi tak lagi kesusahan.

5. Ingin turun berat badan, tapi masih tetap ingin memanjakan perut? Mungkin kamu harus coba minuman Honey Lemon Shot

Madu dan jeruk
Diet sehat dengan Honey Lemon Shot | Photo: alodita.com

Buat kamu yang ingin menurunkan berat badan tapi masih suka memanjakan perut, nah ini ada satu minuman yang bisa kamu coba, namanya Honey Lemon Shot.

Kamu bisa membuat minuman ini sendiri dengan hanya menambahkan setengah perasan lemon ke dalam satu sendok madu murni. Minumlah pada pagi hari, saat kondisi perutmu masih kosong. Lalu setelah itu kamu boleh menyantap sarapanmu 30 menit kemudian.

Diet sehat ini wajib kamu coba, minuman ini juga sangat ampuh mengatasi konstipasi atau sembelit. Kandungan pektin di dalam lemon membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Jadi setelah kamu meminum minuman ini, nafsu makanmu agak sedikit berkurang. Selain bisa menjaga berat badan, minuman ini juga membantu mengurangi radang, membantu pencernaan, membuat kulit jadi lebih sehat, sampai meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Mau membuat minuman ini sendiri? Cara buatnya gampang lho!

Tak perlu ke dokter dengan biaya mahal hanya untuk bisa memiliki berat badan ideal yang kamu impikan. Kamu juga bisa memiliki berat badan ideal, tanpa perlu sedot lemak. Simpan uangmu untuk keperluan yang lain.

Sudahkah kamu siap dengan penampilan baru yang lebih ramping? Semoga jawabannya, iya!

Jangan menyerah untuk menjalani program-programnya ya. Selamat mencoba!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

Loading…

0

10 Foto Dadakan Kucing Lucu yang Diambil Tepat Waktu, Hasilnya Sungguh Mengesankan!

9 Tren Gaun Pengantin yang Akan Membuatmu Semakin Mempesona Saat Pernikahan Nanti