in

40 Manhwa Terbaik Dengan Cerita Seru yang Pastinya Bisa Menghiburmu!

Beberapa tahun terakhir manhwa menjadi salah satu media penyampaian cerita yang sangat populer di seluruh dunia, berdamping dengan manga dari Jepang.

Manhwa adalah komik yang berasal dari Korea Selatan. Format bacanya sendiri berbeda dari manga, karena manhwa memiliki format baca menurun kebawah, sedangkan manga memiliki format baca perhalaman.

Beberapa manhwa ada yang diadaptasi dari cerita novel, ada juga yang datang dari cerita original.

Berikut ini kami telah mengumpulkan puluhan rekomendasi manhwa terbaik yang memiliki cerita paling seru dan pastinya akan menghiburmu!

1. Solo Leveling

Manhwa Terbaik Solo Leveling
Solo Leveling

Solo Leveling adalah salah satu manhwa terbaik yang popularitasnya sangat tinggi di dunia. Ceritanya sendiri mengambil dari cerita novelnya dengan judul yang sama.

Berkisah tentang Sung Jin-woo, seorang pemburu kelas-E yang tidak memiliki kemampuan mumpuni, diremehkan semua orang, tidak punya uang, bahkan kemampuannya sendiri dipertanyakan.

Nasib Sung Jin-woo tiba-tiba berubah ketika mengetahui dirinya selamat dari double dungeon tersembunyi. Sejak saat itu ia sering mendapatkan pesan aneh hingga kemampuan luar biasa, ia bertekad menggunakan kesempatan itu untuk mengubah hidupnya menjadi lebih baik.

2. The Legend of the Northern Blade

The Legend of the Northern Blade Manhwa
The Legend of the Northern Blade

Walau umur manhwa ini masih terhitung beberapa tahun, namun alur cerita dalam manhwa ini membuatnya cocok dimasukan kedalam rekomendasi manhwa terbaik yang harus kamu baca.

Bercerita ketika dunia berada dalam kegelapan, lalu para seniman beladiri berkumpul menciptakan Sekte Surgawi Utara. Dengan bantuan Sekte Surgawi Utara, dunia akhirnya bisa terlepas dari kegelapan dan menikmati kedamaian.

Sayangnya beberapa seniman beladiri mulai bersekongkol berkhianat untuk melawan pemimpin Sekte Surgawi Utara, Jin Kwan-Ho, dengan menghancurkan sekte tersebut.

Saat semua orang meninggalkan sekte, putra Jin Kwan-Ho bernama Jin Mu-Won tertinggal. Mu-Won tidak belajar beladiri, bahkan kehidupan remajanya sendiri penuh dengan penderitaan karena sering diinterogasi oleh pendatang.

Walaupun begitu, Mu-Won menemukan teknik yang diam-diam ditinggalkan sang ayah. Ia mulai mempelajari seni beladiri tersebut dan memulai perjalanan hidupnya untuk membalas penderitaan hingga kematian ayahnya.

3. The Horizon

The Horizon Manhwa
The Horizon

The Horizon bercerita tentang dua anak yang bertemu di tengah perang. Mereka berdua melarikan diri dari kekacauan karena perang, bertahan hidup dari berbagai cobaan, berharap bisa terus bergerak maju dan melewati berbagai tragedi yang mereka hadapi.

4. Bastard

Bastard Manhwa
Bastard

Bastard berkisah tentang kehidupan Jin Seon, seorang bocah lelaki lemah yang memiliki ayah seorang pembunuh berantai. Kehidupannya dirumah penuh dengan rasa canggung, sedih, marah, bahkan takut saat bertemu dengan ayahnya sendiri.

5. Tower of God

Tower of God
Tower of God

Bam adalah seorang yang kehidupannya selalu sendiri, ia memasuki menara untuk mengejar teman satu-satunya yang bernama Rachel.

Tetapi sampai disana ia tak tahu harus bagaimana, tanpa kekuatan dan kemampuan khusus ia berharap bisa menemukan Rachel dengan cepat tanpa harus bertemu dengan musuh.

6. Peerless Dad

Peerless Dad Manhwa
Peerless Dad

Peerless Dad termasuk salah satu manhwa terbaik yang menceritakan kehidupan Gajang Noh, pria kuat yang rendah hati dan jago beladiri.

Setelah kematian istrinya saat proses melahirkan, ia berubah menjadi ayah rumah tangga yang menjaga anak-anaknya.

Namun dunia yang ia tinggali penuh dengan seniman beladiri dari aliran sesat. Untuk menjaga anak-anaknya dari bahaya, Gajang Noh menitipkan anak-anaknya ke padepokan beladiri yang ia percaya, berharap mereka bisa jago beladiri seperti dirinya.

Gajang Noh sendiri mulai perjalanan merantaunya ke berbagai tempat untuk berusaha mengeliminasi para seniman beladiri sesat yang berbahaya bagi sekitar.

Dalam proses perjalanannya, Noh banyak bertemu seniman beladiri yang kemampuannya berada diatas dirinya sendiri, termasuk salah satu seniman beladiri yang pernah mengalahkannya secara telak ketika Noh masih muda.

7. White Blood

White Blood Manhwa
White Blood

White Blood adalah manhwa terbaik yang bercerita tentang vampir, tapi bukan cerita vampir biasa seperti film Twilight. White Blood penuh dengan aksi.

Hayan Park adalah seorang vampir asli yang berusaha menyingkirkan para pemburu maupun vampir peniru agar bisa melindungi orang terdekatnya.

Dengan bantuan seorang polisi setempat yang sedang naik daun dalam jabatannya, Hayan melangkah maju untuk memburu para vampir yang berbuat kerusakan di sekitar, mulai dari vampir kelas teri hingga para petinggi.

8. Overgeared

Overgeared Manhwa
Overgeared

Overgeared berkisah tentang Shin Youngwoo, seorang pemain game VRMMORPG yang memiliki kemampuan pandai besi yang terbilang sangat jago.

Dari kemampuannya tersebut Shin sering diminta pemain lain untuk membuatkan berbagai senjata hingga armor.

Semua senjata maupun armor yang Shin ciptakan selalu menjadi yang terbaik. Tak berhenti menjadi pandai besi, Shin pun mulai mengeksplorasi kemampuannya diberbagai bidang.

Walau kemampuan bertarungnya tidak bagus, namun seluruh senjata maupun armor yang ia gunakan dan ia ciptakan selalu mampu membuat banyak musuh kewalahan.

9. Her Summon

Her Summon Manhwa
Her Summon

Jin-Kyung adalah seorang otaku yang menutup dirinya dari dunia luar. Suatu hari ia merasa tidak enak badan dan tiba-tiba tak bernyawa, ketika tersadar ia berada di dunia fantasi karena panggilan dari Summoner yang bermata cerah dan penuh harapan.

Di dunia fantasi itu, Jin-Kyung tidak merasakan Gangguan Kecemasan Sosial lagi, bahkan kini ia memiliki kemampuan super.

Dengan kemampuan yang Jin miliki, ia mulai berpetualang dengan Summoner ke berbagai tempat, tentu bertemu dengan banyak musuh. Untungnya kemampuan Jin sangatlah hebat di dunia fantasi, musuh apapun dengan mudah ia hadapi.

10. Leviathan

Leviathan Manhwa
Leviathan

Leviathan termasuk rekomendasi manhwa terbaik dengan genre survival yang memiliki cerita menegangkan namun seru.

Ketika permukaan laut mulai menutupi seluruh benua, bahkan tanah pun sudah sulit ditemui, keluarga Bota tinggal di perahu kecil dan mengembara di lautan lepas. Bota tinggal bersama ayah dan adik perempuannya.

Walau bersama keluarga, Bota selalu memiliki perasaan cemas dan rasa takut dengan monster laut yang kapan saja bisa keluar untuk memangsa mereka.

6 Alasan Kenapa Menjadi Jomblo Adalah Momen Tepat Untuk Pengembangan Diri

47 Game Anime Untuk PC Terpopuler yang Harus Kamu Mainkan Segera!