in

8 Tipe Mahasiswa Semester Akhir yang Pastinya Sering Kamu Jumpai Di Kampus

Di setiap kampus pasti ada yang namanya mahasiswa semester akhir dengan berbagai macam tipe-tipenya.

Setiap melangkah ke dunia perkuliahan pastinya ada awal dan ada akhir, dilalui setiap semesternya.

Semester pertama mungkin kamu merasa rajin-rajinnya berkuliah, karena kamu baru saja masuk ke yang namanya dunia perkuliahan.

Tapi bagaimana dengan semester akhirmu? Apakah masih sama seperti semangatmu waktu di semester pertama?

Semester-semester akhir itu selalu menentukan siapa mahasiswa yang sudah siap untuk wisuda duluan dan siapa yang belum.

Tergantung dari cepatnya dia mengerjakan skripsi dan proses sidang.

Tapi pernah gak sih kamu melihat sebenarnya ada banyak perbedaan seseorang yang baru masuk kuliah dan seseorang yang sedang berada di semester-semester akhir?

Nah, berikut ini Wokeeh akan berikan beberapa tipe mahasiswa semester akhir yang pastinya pernah kamu jumpai di tempat perkuliahanmu.

Siapa tahu kamu juga termasuk tipe-tipe mahasiswa seperti berikut ini.

1. Tipe mahasiswa semester akhir yang mendadak rajin pergi ke kampus

Wanita menggendong tas berwarna coklat
Mendadak rajin ke kampus | Photo: Pexels

Nah kalau orang-orang ini biasanya mereka rajin ke kampus karena ingin cepat-cepat lulus.

Mereka biasa suka pergi ke ruang-ruang dosen untuk mencari dosen pembimbingnya.

Minimal dalam dua hari paling tidak ketemu dengan dosen pembimbing, walau sebenarnya itu bukan jadwal bimbingannya.

Ya namanya terlalu rajin, mau bagaimana lagi. Menurutnya, yang penting cepat lulus.

2. Tipe mahasiswa semester akhir yang paling sering sibuk pulang-pergi

Pria sedang berjalan melintasi jembatan
Sibuk pulang-pergi | Photo: Pexels

Nah kalau tipe mahasiswa yang satu ini sibuk pulang pergi ke tempat penelitian.

Mahasiswa ini biasanya mengambil judul skripsi yang butuh data, sehingga kebanyakan hidupnya di semester akhir dihabiskan di tempat-tempat dia meneliti sesuatu.

Ya sering pulang-pergi deh jadinya. Kebanyakannya sih pergi dibandingkan pulangnya.

3. Tipe mahasiswa semester akhir yang paling sering santai, tahu-tahu skripsinya udah jadi aja

Pria duduk di sofa sambil membaca buku
Sering santai | Photo: Pexels

Nah tipe mahasiswa yang satu ini biasanya orangnya deadliner. Jadi selalu dikerjakan pas detik-detik menjelang hari H.

Kalau kata mereka, ”jika bisa dikerjakan besok, kenapa harus dikerjakan sekarang?”

Tapi terkadang gak tahu juga hasil skripsi yang mereka kerjakan seperti apa?

Tahu-tahu revisi aja.

4. Ada banyak mahasiswa yang mendadak doyan pergi ke perpustakaan kampus

Laptop macbook disamping buku catatan
Jadi doyan ke perpustakaan | Photo: Pexels

Semester awal pastinya kita melihat teman-teman kita kebanyakan nongkrong di kantin.

Tapi ketika mendekati semester-semester akhir tiba-tiba mereka jadi doyan pergi ke perpustakaan dibandingkan kantin.

Ya tujuannya sudah pasti mau cari bahan untuk skripsi kan, kalau enggak ya mau ngapain lagi?

5. Ada banyak juga tipe mahasiswa yang punya hutang ke semester sebelumnya

Siswi Jepang sedang melamun di kelas
Ngulang deh | Photo: Pexels

Nah tipe mahasiswa semester akhir yang satu ini adalah tipe-tipe yang masih punya hutang mata kuliah ke semester sebelumnya.

Atau yang punya nilai D atau E, dan ingin mengulang agar paling tidak dirinya bisa dapat B, beruntung jika dapat A.

Niatannya sih agar IPK bisa diatas 3.

6. Ada tipe mahasiswa yang sering curhat masalah skripsi, dari materi sampai ke hal-hal yang lain

Dua wanita sedang mengobrol disamping api unggun
Banyak curhat tentang skripsi | Photo: Pexels

Nah tipe yang satu ini biasanya dia suka sekali curhat ke teman-teman tentang skripsi yang lagi dikerjakannya.

Awalnya sih curhat terkait materi skripsinya, lalu dua jam kemudian jadi curhat masalah yang lain, mungkin pacar, keuangan bulanan, atau hal-hal lainnya.

7. Ada juga mahasiswa yang menganggap dirinya tersakiti disemester akhir ini

Wanita sedang menangis
Banyak drama | Photo: Pexels

Nah tipe mahasiswa yang satu ini paling kasihan dibandingkan mahasiswa-mahasiswa yang lain.

Tipe yang satu ini biasanya mendapat dosen pembimbing yang paling dianggap killer.

Kalau orang lain sudah revisi BAB 3 atau 4, tipe mahasiswa ini masih disulitkan oleh revisi judul skripsi.

Yang paling parahnya lagi, tipe mahasiswa ini paling sulit kalau ketemu dosen.

Bukannya dosennya gak mau diajak bertemu, tapi memang mungkin saja jadwalnya sedang penuh, atau bisa jadi selalu penuh.

Pokoknya menderita banget deh tipe-tipe mahasiswa yang satu ini. Kamu sendiri pernah merasakannya gak?

8. Tipe mahasiswa semester akhir yang paling beruntung dibandingkan mahasiswa yang lain

Wanita sedang tersenyum sambil memandang awan
Paling bahagia sendiri | Photo: Pexels

Kalau tadi mahasiswa yang mengganggap dirinya tersakiti di semester akhir ini, nah yang satu ini mahasiswa yang mengganggap dirinya paling beruntung dibandingkan mahasiswa yang lain.

Tipe yang satu ini merasa semester akhirnya selalu mudah, tanpa ada sedikitpun kesulitan.

Paling tidak cuma beberapa mahasiswa saja di satu kampus yang bisa merasakan keberuntungan di semester akhir seperti ini.

Contohnya seperti dosen sangat mudah diajak ketemuan, begitu ajukan BAB yang dikerjakan langsung ACC tanpa revisi, baru input judul skripsi langsung di ACC.

Dan saat mulai sidang skripsi sampai sesi pertanyaan tidak ada yang memberikan pertanyaan menjebak, dan lainnya. Pokoknya beruntung banget deh!

Nah itu tadi beberapa tipe mahasiswa yang paling sering ditemui di kampus-kampus manapun.

Yah namanya juga semester akhir, yang penting kan harus cepat wisuda. Iya gak?

Ngomong-ngomong kamu sendiri tipe mahasiswa yang mana nih?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

Loading…

0

6 Cara Mudah Agar Skripsi Cepat Selesai, Gelar Sarjana Pun Jadi Cepat Tercapai!

[Quiz] Inilah Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Kamu Berdasarkan Zodiak