in

36 Produk Gagal dari Perusahaan Ternama yang Gak Pernah Kamu Duga Sebelumnya!

Pernahkah kamu dengar kalau perusahaan ternama juga pernah memproduksi sebuah produk gagal? Bahkan beberapa produknya sudah banyak beredar di pasaran, namun mengalami kerugian.

Alasannya bisa jadi produk yang dibuat terkadang sulit digunakan, atau bisa jadi konsumennya yang belum siap dengan produk tersebut, jadinya mengalami kerugian.

Berikut Wokeeh sajikan beberapa produk gagal dari perusahaan ternama yang inovasi produknya itu tidak kamu sangka-sangka sebelumnya!

1. Menu Makan Malam Beku, dari Colgate, Tahun 1982

Colgate Beef Lasagna
Menu makan Malam dari Colgate

Kamu tahu kan kalau Colgate itu adalah merk pasta gigi yang terkenal di dunia, bahkan produknya bisa kamu temui di minimarket terdekat.

Sayangnya pada tahun 1982, Colgate memutuskan untuk menjual menu makan malam beku, yang tentu saja tindakannya menjadi bumerang untuk mereka sendiri.

Konsumen pastinya akan terheran-heran, menu makan malam beku? Apakah rasanya seperti pasta gigi? Dan pada akhirnya produk tersebut mengalami kerugian.

Sedihnya, kerugian tersebut juga berpengaruh dengan penjualan pasta gigi mereka, yang berakhir mengakibatkan kerugian ganda.

2. Clippy, dari Microsoft, Tahun 1990-an

Clippy, salah satu produk gagal dari Microsoft
Clippy | Photo: wikipedia.com

Siapa disini yang kenal dengan Clippy? Kalau kamu menggunakan Microsoft Office versi 97 hingga 2004 ketika kamu sekolah dulu, berarti kamu pernah bertemu dengan Clippy ya kan?

Siapa sangka, Clippy yang rupanya lucu ini adalah salah satu produk gagal dari Microsoft.

Para pengguna Windows berpikir hadirnya Clippy membuat mereka terganggu, apalagi jika hadir ketika pengguna sedang menggunakan komputer saat bekerja.

Dengan keluhan para pengguna tersebut, akhirnya Microsoft memutuskan untuk menghapus Clippy dari sistem operasinya.

3. Saus Ez Squirt, dari Heinz, Tahun 2006

Produk Gagal Heinz Ez Squirt
Heinz Ez Squirt

Siapa sangka Heinz yang terkenal dengan produk sausnya memutuskan untuk memproduksi saus yang ditujukan untuk anak-anak.

Heinz memproduksi saus berwarna dengan nama Ez Squirt yang hadir dengan tiga warna utama: teal, hijau, dan ungu.

Walau ada di pasaran sangat lama sekitar 6 tahun, sayangnya produk tersebut berakhir ditarik dan dihentikan produksinya.

4. Google+, dari Google, Tahun 2011

Google+
Google+ | Photo: wikipedia.com

Masih ingat ketika kamu membuat email Google, dan Google menyarankan untuk juga membuat akun Google+ pada tahun 2011 lalu?

Siapa sangka, sosial media yang datang dari Google bernama Google+ ini adalah produk yang kurang banyak menarik perhatian pengguna internet.

Google+ kalah saing dengan Facebook yang saat ini terus menjadi sosial media terbesar. Kalahnya Google+ dari Facebook menjadi kekecewaan besar pihak Google sendiri.

5. Trump Steak, dari Donald Trump, Tahun 2007

Produk Gagal Trump Steak
Trump Steak | Photo: flickr.com/aibakker

Kenal Donald Trump kan? Dia adalah presiden Amerika Serikat periode 2016 hingga 2020.

Siapa sangka, sebelum dia jadi presiden, Trump juga pernah mengalami kegagalan dalam berbisnis. Sebut saja produk gagal dari lini steak premium.

Trump membuat produk steak premium pada tahun 2007, sayangnya orang-orang tidak suka dengan deskripsi dalam produknya yang mengatakan bahwa steak tersebut sangat hebat dan premium.

Dengan banyaknya orang yang tidak suka dengan produk steak dari Trump, akhirnya produk tersebut dihentikan setelah hanya dua bulan dipasaran dan mengalami kerugian.

6. Masker Wajah Rejuvenique, Tahun 1999

Produk Gagal Masker Wajah Rejuvenique
Masker Wajah Rejuvenique | Photo: amazon.com

Bayangkan kamu memakai masker wajah ini untuk perawatan kulit wajah? Bagaimana perasaanmu?

Pada tahun 1999, produk masker wajah Rejuvenique diluncurkan. Masker ini awalnya ditujukan untuk perawatan pengencangan otot wajah dengan terapi kejut.

Terapi kejut? Yup! Itulah yang jadi masalahnya. Orang-orang menilai terapi kejut bisa membahayakan wajah pemakainya. Dan benar saja, produk masker wajah ini tidak laku dipasaran.

7. Cyrstal Pepsi, dari Pepsi, Tahun 1992

Produk Gagal Crystal Pepsi
Crystal Pepsi

Pada tahun 1992, perusahaan Pepsi memproduksi produk bernama Crystal Pepsi yang rasanya hmmmmm tidak enak bagi para konsumen saat itu. (saya belum pernah coba)

Pada akhirnya produk Cyrstal Pepsi ini dihentikan produksinya dan mengalami kerugian.

8. Lip Balm Cheetos, dari Cheetos, Tahun 2005

Produk Gagal Cheetos Lip Balm
Lip Balm Cheetos

Memakai lipstik dengan rasa stoberi? Sudah biasa! Bagaimana kalau rasa Cheetos dengan bumbu keju atau jagung? Wah itu bisa jadi sebuah inovasi menarik!

Pada tahun 2005 inovasi yang diluncurkan oleh Cheetos berupa lip balm rasa Cheetos sendiri sayangnya berakhir menjadi produk gagal. Sedih bagi para wanita yang belum pernah mencoba menggunakannya.

9. Twitter Peek, Tahun 2009

Produk Gagal Twitter Peek
Twitter Peek | Photo: amazon.com

Ketika kepopuleran Twitter meledak hingga puncak saat tahun 2009 hingga 2013, munculah sebuah produk bernama Twitter Peek.

Twitter Peek sendiri adalah perangkat seluler khusus Twitter. Penggunaannya hanya untuk post atau retweet saja.

Sayangnya keterbatasan fitur pada perangkat membuat banyak konsumen kesal, dan pada akhirnya Twitter Peek berakhir menjadi produk gagal.

10. Samsung Galaxy Note 7, dari Samsung, Tahun 2016

Produk Gagal Samsung Galaxy Note 7
Samsung Galaxy Note 7 | Photo: flickr.com/iphonedigital

Kepopuleran Galaxy Note dulu tidak sepopuler Galaxy Note sekarang. Dulu kelompok seri Galaxy Note sering dikalahkan oleh seri Galaxy S dalam segi penjualan.

Pada tahun 2017, semua orang di dunia membicarakaan kegagalan produk dari Samsung Galaxy Note 7 itu sendiri.

Banyak konsumen Galaxy Note 7 mengeluhkan baterai yang terlalu panas saat digunakan, hingga meledak secara mendadak.

Benar saja, insiden tersebut menjadi pukulan telak untuk Samsung yang pada akhirnya harus menarik sekitar 2,5 juta ponsel dari tangan konsumen dan menggantinya dengan perangkat yang lebih baik.

Dan saat ini Galaxy Note menjadi produk yang lumayan populer setelah Galaxy S. Mungkin setelah insiden Note 7, Samsung sudah lebih banyak belajar dari kesalahannya.

65 Makanan Korea Selatan Paling Populer di Dunia yang Cocok Dengan Lidah Orang Indonesia!