in

36 Produk Gagal dari Perusahaan Ternama yang Gak Pernah Kamu Duga Sebelumnya!

21. Nokia N-Gage, dari Nokia, Tahun 2003

Nokia N-Gage
Nokia N-Gage | Photo: wikipedia.com

Nokia terbilang salah satu perusahaan yang selalu datang dengan produk handphone berdesain unik dan menarik, salah satunya produk N-Gage.

Sebelum banyaknya game di smartphone seperti sekarang ini, Nokia sudah lebih dulu memperkenalkan konsep gabungan game dan handphone di produk N-Gage.

Sayangnya ide gabungan tersebut tidak mendapatkan respon baik dari sisi konsumen, sehingga N-Gage hanya terjual sekitar 6 juta unit saja setelah peluncurannya.

22. Trump: The Game, dari Donald Trump, Tahun 1989

Trump The Game
Trump The Game | Photo: wikipedia.com

Trump: The Game adalah salah satu produk gagal Donald Trump dari beberapa produknya yang lain.

Game ini dirilis pada tahun 1989 yang awalnya diprediksi terjual sekitar 2 juta unit, namun hanya terjual sekitar 800 ribu.

23. Komputer Barbie dan Hot Wheels, Tahun 1999

Barbie & Hot Wheels PC
Komputer Barbie dan Hot Wheels | Photo: vintagecomputing.com

Bagaimana rasanya ketika kamu menggunakan sebuah komputer dengan desain Hot Wheels atau Barbie? Pastinya agak terasa aneh ya kan?

Sayangnya dengan desain yang menarik bagi beberapa kalangan, Komputer Hot Wheels dan Barbie ini datang dengan banyak masalah manufaktur, sehingga mengalami kegagalan besar.

24. Microsoft Zune, dari Microsoft, Tahun 2006

Microsoft Zune
Microsoft Zune | Photo: flickr.com/robertnelson

Microsoft Zune adalah produk yang ditujukan untuk menyaingi iPod dari Apple, diluncurkan oleh Microsoft pada tahun 2006.

Sayangnya Zune menalami kegagalan karena beberapa konsumen lebih condong memilih iPod dibandingkan Zune, sehingga pada tahun 2011 produksi Zune pun diberhentikan.

25. Vio, dari Coca Cola, Tahun 2009

VIo Coca Cola
Vio Coca Cola | Photo: belingwa.com

Vio adalah produk dari Coca-Cola Company berupa campuran air karbonasi dengan susu. Tebak apa respon konsumen?

Yup, benar saja rasa gabungan tersebut tidak menarik banyak hati konsumen sehingga produksi minuman ini pun akhirnya diberhentikan.

26. Mars Needs Moms, dari Walt Disney, Tahun 2011

Film Gagal Mars Needs Moms
Mars Needs Moms

Apakah seluruh film Walt Disney selalu mengalami kesuksesan besar? Tidak juga! Ada beberapa film yang juga mengalami kegagalan, sebut saja Mars Needs Moms.

Film animasi ini menghabiskan biaya produksi sekitar $150 juta lebih. Namun sayangnya hanya menghasilkan $6,9 juta saja saat debutnya di box office Amerika sana.

Biaya produksi dan hasil pendapatan perbedaannya sangat besar sekali, sehingga produk ini mengalami kerugian yang bukan main besarnya.

27. Starbucks Unicorn Frappuccino, dari Starbucks, Tahun 2017

Starbucks Unicorn Frappuccino
Starbucks Unicorn Frappuccino | Photo: flickr.com/michelleohsen

Pada tahun 2017, Starbucks meluncurkan sebuah minuman unik berupa Unicorn Frappuccino.

Awalnya ditujukan untuk orang-orang yang suka update photo minuman di Instagram mereka, namun sayangnya berakhir tidak sesuai harapan.

Ketika melihat photo minuman ini mungkin terlihat bagus, lucu, unik, dan mengesankan. Namun bagaimana rasanya? Beberapa konsumen mengatakan rasanya sangat tidak enak, sehingga membuat banyak orang kecewa.

28. Microsoft Bob, dari Microsoft, Tahun 1995

Microsoft Bob
Microsoft Bob | Photo: bentuser.com

Microsoft Bob adalah software dari Microsoft yang diluncurkan pada tahun 1995. Seharusnya dibuat dengan tampilan UI (user interface) yang lebih ramah, namun justru datang dengan sebaliknya.

29. Apple Pippin, dari Apple, Tahun 1995

Apple Pippin
Apple Pippin | Photo: wikipedia.com

Pada tahun 1995 Apple pernah memproduksi sekitar 100 ribu unit konsol bernama Pippin. Sayangnya hanya sekitar 42 ribu yang terjual.

Melihat bayangan Apple yang berharap konsol buatannya menjadi tempat untuk gaming, browsing web, dan sarana edukasi, namun justru berakhir tidak menarik bagi banyak konsumen.

30. Nintendo Virtual Boy, dari Nintendo, Tahun 1995

Nintendo Virtual Boy
Nintendo Virtual Boy | Photo: flickr.com

Sebelum perangkat VR merajalela seperti sekarang ini, dulu pada tahun 1995 sudah lebih dulu ada Nintendo Virtual Boy, perangkat virtual pertama untuk gaming.

Sayangnya VR dari Nintendo saat itu bukan seperti VR yang sekarang, Nintendo Virtual Boy hanya memakai efek yang membuat pemain seperti masuk ke dalam game. Padahal kenyataannya tidak seperti itu.

Pada akhirnya Nintendo Virtual Boy mengalami kegagalan dan menerima banyak ulasan negatif dari pada konsumen.

65 Makanan Korea Selatan Paling Populer di Dunia yang Cocok Dengan Lidah Orang Indonesia!

50 Franchise Game Terlaris dan Terpopuler Sepanjang Masa!