in

20 Aplikasi Browser Terbaik Android, Buat Internetan Jadi Aman dan Menyenangkan!

Kami telah mengumpulkan beberapa aplikasi browser terbaik Android yang bisa membuat internetanmu menjadi menyenangkan, tentu dengan beberapa fitur unggulan.

Tahukah kamu? Browser web menjadi salah satu aplikasi yang sering dibuka oleh banyak orang setiap harinya. Bahkan memakan porsi waktu lebih banyak dibandingkan aplikasi lain.

Tentu menemukan browser yang tepat tidaklah mudah, karena banyak pilihan browser yang tersedia di PlayStore, beberapanya memiliki fitur unggulan masing-masing.

Agar kamu tak sampai salah instal browser Android yang membawa virus atau memperlambat smartphonemu, coba deh pertimbangkan instal beberapa browser dibawah ini.

Berikut Wokeeh sajikan beberapa daftar aplikasi browser terbaik Android yang bisa buat internetanmu lebih aman sekaligus menyenangkan.

1. Google Chrome

Browser Google Chrome
Google Chrome

Google Chrome adalah aplikasi browser terbaik Android yang memiliki banyak fitur unggulan. Selain itu juga memiliki banyak ekstensi untuk Chrome baik dari Google maupun pihak ketiga.

Chrome menjadi aplikasi browser bawaan langsung dari Android, bahkan ketika kamu beli smartphone baru pun sudah langsung tersedia aplikasinya di dalam smartphonemu.

Chrome memungkinkanmu untuk sinkronasi dari perangkat mobile ke desktop. Semua bookmarks, history, dan lainnya dari smartphone bisa kamu akses kembali melalui desktop (begitupun sebaliknya).

Google Chrome memiliki beberapa versi stabilitas, mulai dari Google Chrome, Chrome Beta, Chrome Dev, dan Chrome Canary.

Google Chrome sendiri selalu memiliki fitur Android terbaru sebelum browser yang lain. Karena pada dasarnya Chrome adalah browser default di sistem operasi Android.

Download & Instal: Google Chrome

2. Firefox Browser

Firefox Browser
Firefox Browser

Firefox termasuk salah satu aplikasi browser Android terbaik, pesaing nomor satu Google Chrome.

Firefox memiliki dua versi yang bisa kamu gunakan, pertama adalah Firefox standar dan Firefox Focus.

Versi standar memiliki fitur sinkronasi, pengelola kata sandi, dan banyak lagi. Sedangkan Firefox Focus memiliki fitur lebih dari segi keamanan dan privasi.

Download & Instal: Firefox Browser

3. DuckDuckGo Privacy Browser

DuckDuckGo Browser
DuckDuckGo Browser

Jika kamu menghargai privasi dengan baik, maka menggunakan browser DuckDuckGo Privacy Browser bisa jadi pilihan terbaikmu.

Browser ini memiliki fitur forced HTTPS, pencarian pribadi, dan menghapus semua history ketika kamu menutup aplikasinya.

Kelebihan browser ini ada pada fitur yang menampilkan nilai situs dalam segi privasi saat kamu mengunjungi situs web tersebut, menampilkan nilai situs dari skala A sampai F. (A=baik & F=buruk)

Download & Instal: DuckDuckGo Privacy Browser

4. Adblock Browser

AdBlock Browser
AdBlock Browser

Adblock Browser memiliki fitur yang sama seperti DuckDuckGo, keunggulannya kamu bisa menutup tampilan iklan dari web yang kamu kunjungi melalui browser ini.

Download & Instal: AdBlock Browser

5. Microsot Edge

Microsoft Edge
Microsoft Edge

Microsoft Edge termasuk aplikasi browser terbaik Android yang cepat dan ringan, bahkan salah satu pesaing ketat Google Chrome dan Firefox.

Kamu bisa sinkronasi kata sandi, bookmarks, dan riwayat dari mobile ke desktop, begitupun sebaliknya.

Microsft Edge tidak memakan banyak RAM baik dekstop maupun mobile, sehingga ringan dibuka tanpa lag. Cocok digunakan jika smartphonemu memiliki RAM yang terbatas.

Download & Instal: Microsoft Edge

6. Tor Browser

Tor Browser
Tor Browser

Tor Browser adalah aplikasi browser Android terbaik dari segi privasi. Ini terhubung ke jaringan proxy Tor dan menyembunyikan apa yang kamu lakukan dari ISP kamu.

Tor Browser cukup baik dalam hal memblokir pelacak, browsing tanpa dilacak, termasuk enkripsi multi-layer.

Browser ini cocok digunakan untuk kamu yang sangat serius menghargai privasi dan tentunya memahami berbagai hal terkait privasi ketika menggunakan internet.

Download & Instal: Tor Browser

7. Samsung Internet Browser

Samsung Internet Browser
Samsung Internet Browser

Ini adalah browser bawaan dari setiap smartphone Samsung yang kamu gunakan. Walau bawaan, nyatanya memiliki kinerja yang sangat bagus.

Samsung Internet Browser memiliki fitur belanja online hingga dukungan video 360 derajat. Karena mayoritas pengguna Android menggunakan smartphone Samsung, maka kami sertakan browser Samsung dalam daftar ini.

Download & Instal: Samsung Internet Browser

8. Ecosia Browser

Ecosia Browser
Ecosia Browser

Jika kamu ingin berbuat baik terhadap lingkungan sambil berinternetan, maka pilihlah browser Ecosia. Fiturnya tak lebih sama seperti Chrome, karena memang mengambil proyek open source Chromium.

Paling bagus dari browser ini adalah Ecosia Browser menyumbangkan hingga 80% keuntungannya untuk menanam pohon.

Sambil kamu internetan, sambil juga kamu membantu Ecosia untuk lebih banyak menanam pohon di bumi ini.

Download & Instal: Ecosia Browser

9. Avast Secure Browser

Avast Secure
Avast Secure Browser

Avast Secure Browser termasuk aplikasi browser terbaik untuk Android dalam segi keamanan, memiliki fitur VPN, dan pemblokir iklan.

Avast Secure Browser bisa melindungan kata sandi kamu dengan menggunakan teknik enkripsi AES-256. Selain itu browser Avast dapat mendeteksi video yang bisa di download dari web yang sedang kamu kunjungi.

Download & Instal: Avast Secure Browser

10. Brave Browser

Brave
Brave Browser

Brave Browser memiliki beberapa fitur unggulan, mulai dari pemblokir skrip, force HTTPS, hingga pemblokir iklan.

Brave Browser juga menawarkan pengoptimalan kinerja, kecepatan dan masa pakai baterai. Jadi tak memakan banyak sumber energi baterai di smartphonemu.

Download & Instal: Brave Browser

11. Opera

Opera
Opera Browser

Opera termasuk aplikasi browser terbaik Android yang sudah lama hadir ketika smartphone masih didominasi oleh OS Symbian yang dulu banyak ponsel Nokia gunakan.

Saat ini browser Opera memiliki beberapa versi, yaitu Opera Browser (tersedia desktop & mobile), Opera Touch (mobile), dan Opera Mini.

Untuk Opera Mini, browser tersebut menawarkan kemampuan menghemat hingga 90% data saat menggunakannya.

Dan terakhir ada Opera GX, browser satu ini khusus untuk browsing informasi tentang game, bahkan menyertakan umpan berita game, tema, sinkronasi antara versi desktop dan mobile, dan lainnya.

Download & Instal: Opera

12. Dolphin Browser

Dolphin Browser
Dolphin Browser

Dolphin Browser menawarkan fitur flash, blokir iklan, mode penyamaran, dan beberapa fitur seperti kontrol gerakan. Selain itu juga memiliki banyak add-ons untuk meningkatkan performa browser.

Download & Instal: Dolphin Browser

13. Phoenix Browser

Phoenix Browser

Phoenix Browser termasuk browser terbaik untuk download video, dapat membantu mengoptimalkan kecepatan internetmu saat sedang mendownload video.

Phoenix Browser juga memiliki beberapa fitur unggulan, yaitu penghemat status WhatsApp, file manager, blokir iklan, hingga penghemat data.

Download & Instal: Phoenix Browser

14. Vivaldi Browser

Vivaldi Browser

Vivaldi termasuk salah satu aplikasi browser terbaik Android walau kehadirannya sendiri terbilang masih baru.

Browser satu ini menawarkan screenshoot layar web, mode privasi, fungsi catatan bawaan, hingga memiliki kemampuan mempercepat penelusuran web.

Uniknya, pengembang browser satu ini adalah mantan karyawan Opera. Jadi kelebihan apa yang Opera miliki, bisa dengan mudah ia terapkan di browser satu ini.

Download & Instal: Vivaldi Browser

15. Apus Browser

Apus Browser

Apus Browser termasuk salah satu browser terbaik untuk download video. Aplikasinya sendiri lumayan cepat dan ringan di perangkat Android.

Dengan Apus Browser, kamu bisa mengakses web tanpa perlu menampilkan gambar didalamnya untuk menghemat data internetmu.

Download & Instal: Apus Browser

16. Puffin Browser

Puffin Web Browser

Puffin termasuk salah satu browser Android terbaik yang berfokus pada kecepatan, keamanan, dan privasi. Puffin juga masih mendukung Flash pada perangkat mobile.

Download & Instal: Puffin Browser

17. Fulldive Browser

Fulldive Browser

Fulldive Browser adalah aplikasi browser Android yang sangat ringan, tak memakan banyak daya di smartphonemu.

Fulldive juga menawarkan beberapa fitur unggulannya, yaitu blokir pop-up, menambahkan umpan berita, hingga download video.

Download & Instal: Fulldive Browser

18. Kiwi Browser

Kiwi Browser
Kiwi Browser

Kiwi Browser memiliki tampilan yang hampir sama dengan Google Chrome, karena browser satu ini menggunakan Chromium sebagai basis sistem.

Kiwi Browser menawarkan mode malam, pemblokir pop-up, hingga perlindungan dari cryptojacking.

Download & Instal: Kiwi Browser

19. Surfy Browser

Surfy Browser

Surfy Browser memiliki seluruh fitur standar browser pada umumnya, namun memiliki kelebihan pada satu fitur yang membuatnya terkenal.

Fitur tersebut adalah fitur text-to-speech yang membacakan halaman situs web kepada pengguna. Jadi jika dirasa artikel panjang dan kamu tidak mood membacanya, maka bisa gunakan fitur satu ini.

Download & Instal: Surfy Browser

20. Aloha Browser Turbo

Aloha Browser Turbo

Aloha Browser Turbo menawarkan VPN gratis, dan beberapa fitur unggulan lainnya dari segi keamanan dan privasi.

Dengan Aloha Browser, kamu bisa mengelola file yang sudah diunduh, menonton VR, mengunci tab dengan kode sandi atau sidik jadi, hingga menyimpan file unduhan yang bisa dienkripsi.

Download & Instal: Aloha Browser Turbo

Kesimpulan

Ketika kamu memilih browser web di Android, kamu harus memperhatikan beberapa aspek seperti keamanan dan privasi terlebih dahulu.


Setelah itu kamu bisa pertimbangkan aspek lainnya mulai dari performa, fitur, add-ons, user interface, dan lain-lain yang browser tersebut tawarkan.

Sebelum menginstal browser, pastikan dulu kamu percaya dan tahu siapa pengembang browser tersebut.

Salah-salah instal bisa membawa virus bahkan privasi dan kemananmu bisa dalam bahaya.

Akhir kata, selamat ber-internetan!

47 Game Anime Untuk PC Terpopuler yang Harus Kamu Mainkan Segera!

45 Anime Isekai Terbaik dan Terpopuler yang Harus Kamu Lihat Segera!