in

15 Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Android dan iPhone, Paling Update!

Kami telah mengumpulkan beberapa aplikasi edit video terbaik untuk Android maupun iOS dalam iPhone atau iPad, yang bisa buat videomu jadi tambah keren!

Mengedit video tentu menjadi salah satu tugas yang sangat sulit dilakukan, terlebih jika videonya ingin diberikan berbagai macam efek yang dituntut tampilannya harus bisa senatural mungkin.

Di PC, aplikasi edit video membutuhkan spesifikasi yang tinggi, memakan banyak RAM, bahkan juga penyimpanan.

Untungnya mengedit video di smartphone tidak perlu khawatir dengan spesifikasi yang dimiliki, karena beberapa aplikasi edit video di smartphone tidak menuntut spesifikasi yang terlalu tinggi.

Memang aplikasi edit video versi mobile tidak selengkap Adobe Premier Pro atau Final Cut Pro, namun beberapa aplikasi pengeditan video di smartphone bisa dibilang cukup bagus.

Bahkan terbilang sempurna untuk digunakan oleh orang yang hobi merekam video dan ingin langsung cepat-cepat mengeditnya tanpa perlu buka PC terlebih dahulu.

Berikut Wokeeh sajikan beberapa pilihan aplikasi edit video terbaik untuk Android dan juga iPhone yang mampu membuat videomu menjadi lebih keren dan tampil sempurna di sosial media!

1. Adobe Premier Rush

Aplikasi Edit Video Adobe Premier Rush
Adobe Premier Rush | Photo: Google Play

Tersedia Untuk: Android & iOS
Harga: Gratis / Menawarkan Pembelian Dalam Aplikasi

Adobe Premier Rush adalah salah satu aplikasi edit video terbaik yang datang dari Adobe. Bisa dibilang aplikasi ini versi kecilnya untuk Adobe Premier Pro.

Walau terbilang versi kecil dari Adobe Premier Pro, aplikasi Adobe Premier Rush ini memiliki kemampuan jauh diatas rata-rata aplikasi edit video yang ada di Play Store maupun App Store.

Adobe Premier Rush sendiri muncul dengan banyak fitur, mulau dari multi-track, sinkronisasi cloud, dan fitur edit tingkat lanjut lainnya.

Aplikasi ini gratis di instal, dan menawarkan pembelian jika kamu ingin mengakses seluruh fiturnya. Biaya pembelian item mulai dari Rp70.000 hingga Rp495.000 per item.

Jika kamu sudah berlangganan Adobe Creative Cloud, maka aplikasi Adobe Premier Rush ini wajib kamu install juga di smartphonemu.

Karena menawarkan berbagai fitur edit video tingkat lanjut yang bisa dilakukan di smartphone (praktis). Walau tidak sekomplit Premier Pro, tetapi kemampuannya hampir menyamai.

2. FilmoraGo

Aplikasi Edit Video FilmoraGo
FilmoraGo | Photo: Google Play

Tersedia Untuk: Android & iOS
Harga:
Gratis / Menawarkan Pembelian Dalam Aplikasi

FilmoraGo juga termasuk salah satu aplikasi edit video terbaik untuk Android dan iPhone yang sangat mudah sekali digunakan.

FilmoraGo dapat melakukan pengeditan dasar seperti memotong video, menambahkan musik, menambahkan efek, stiker, teks, dan fitur-fitur lainnya.

Aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk mengedit video menjadi persegi (1:1) untuk sosial media seperti Facebook, Instagram, ataupun Twitter.

Lalu juga bisa mengubahnya lagi menjadi 16:9 untuk platform seperti Youtube, Vimeo, dan lainnya.

Walau menawarkan pembelian dalam aplikasi, sebagian besar fitur dalam aplikasi FilmoraGo bisa kamu pakai secara gratis.

3. InShot

Aplikasi InShot
InShot | Photo: Google Play

Tersedia Untuk: Android & iOS
Harga:
Gratis / Menawarkan Pembelian Dalam Aplikasi

InShot adalah aplikasi edit video gratis yang memiliki beragam fitur editor sederhana dengan fokus utamanya pada beragam fitur seperti filter, cropping video, dan video pendek.

Pengguna dapat menggunakan fitur sederhana seperti cropping & cutting, menambahkan musik, atau mengatur transisi antar video.

Selain itu bisa juga mengontrol kecepatan, menambahkan stiker maupun teks, dan bisa langsung dibagikan ke berbagai platform seperti YouTube, TikTok, dan platform lainnya.

InShot gratis digunakan dan menawarkan pembelian dalam aplikasi, harga per item atau langganan mulai dari Rp14.000 hingga Rp425.000.

4. ActionDirector Video Editor

Aplikasi Edit Video ActionDirector
ActionDirector | Photo: Google Play

Tersedia Untuk: Android
Harga: Gratis / Menawarkan Pembelian Dalam Aplikasi

ActionDirector adalah salah satu aplikasi edit video terpopuler yang dikembangkan oleh Cyberlink. Sayangnya ActionDirector hanya tersedia di PlayStore, tidak tersedia di App Store.

Awalnya ActionDirector hanya tersedia di PC, dan kini sudah tersedia di Android. Untuk versi mobilenya, ActionDirector menyuguhkan fitur-fitur sederhana (fitur dasar dari versi PC).

Pengguna dapat cropping video, menambahkan musik, menambahkan teks, mengatur gerak lambat video, dan masih banyak lagi. ActionDirector juga mendukung resolusi video hingga 4K.

5. PowerDirector

Aplikasi Edit Video PowerDirector
PowerDirector | Photo: Google Play

Tersedia Untuk: Android & iOS
Harga:
Gratis / Menawarkan Pembelian Dalam Aplikasi

PowerDirector termasuk aplikasi pengeditan video terbaik yang juga datang dari Cyberlink, sama seperti ActionDirector diatas. Untungnya PowerDirector tersedia di kedua sistem operasi, Android dan iOS.

PowerDirector menyediakan banyak fitur editor yang bisa kamu maksimalkan untuk membuat videomu menjadi tambah keren.

Seperti fitur cropping, mengatur berbagai efek, kolase, mengatur gerakan lambat, dan fitur-fitur lainnya.

Aplikasi ini gratis di instal dan menawarkan pembelian dalam aplikasi, biayanya sendiri lumayan mulai dari Rp13.000 hingga Rp499.000.

6. KineMaster

Aplikasi Edit Video KineMaster
KineMaster | Photo: Google Play

Tersedia Untuk: Android & iOS
Harga:
Gratis / Menawarkan Pembelian Dalam Aplikasi

KineMaster adalah aplikasi edit video yang sudah lebih dulu hadir di PlayStore dan Apps Store, sebelum banyaknya aplikasi pengeditan video yang hadir seperti sekarang ini.

KineMaster menyediakan berbagai fitur sederhana hingga tingkat lanjut, mulai dari cropping, layering, menambahkan gambar, memberikan efek, teks, dan lainnya.

Untuk fitur tingkat lanjutnya ada filter audio, transisi, mengubah background, dan masih banyak lagi.

KineMaster bisa dibilang aplikasi edit video gratis dan juga lengkap, lebih lengkap dibandingkan para pesaingnya yang sekelas, setidaknya untuk pengeditan sederhana.

Walau gratis, KineMaster juga menawarkan pembelian dalam aplikasi dalam bentuk langganan. Biaya langganannya sekitar Rp70.000 perbulan untuk bisa menggunakan fitur tingkat lanjutnya.

7. Funimate Video Editor

Aplikasi Funimate
Funimate Video Editor | Photo: Google Play

Tersedia Untuk: Android & iOS
Harga:
Gratis / Menawarkan Pembelian Dalam Aplikasi

Funimate termasuk salah satu aplikasi edit video populer di Android dan iOS, namun sayangnya hanya menyediakan berbagai fitur sederhana yang fiturnya sendiri sudah banyak dimiliki di berbagai smartphone.

Funimate memiliki 15 filter video yang dapat diatur dan dimainkan sesukanya untuk membuat tampilan videomu menjadi lebih keren.

8. VivaVideo

Aplikasi Edit Video VivaVideo
VivaVideo | Photo: Google Play

Tersedia Untuk: Android & iOS
Harga:
Gratis / Menawarkan Pembelian Dalam Aplikasi

VivaVideo juga termasuk salah satu aplikasi edit video gratis yang populer, memiliki beragam fitur menengah. Kebanyakan fiturnya dioptimalkan untuk video pendek untuk media sosial.

Ada lebih dari 200 filter video yang bisa kamu mainkan untuk memperindah videomu, bahkan tersedia juga fitur input teks, mengatur gerak lambat, dan fitur-fitur lainnya.

Ada batasan dalam menggunakan aplikasi VivaVideo ini, seperti tersedianya watermark saat menyimpan video, dan batas waktu video yang diedit.

VivaVideo sendiri menawarkan pembelian dalam aplikasi untuk para pengguna yang ingin menghilangkan batasan fitur pada aplikasi ini, seperti menghilangkan watermark contohnya saat menyimpan video, dan lainnya.

9. ALIVE Movie Maker

Aplikasi ALIVE Movie Maker
ALIVE Movie Maker | Photo: Google Play

Tersedia Untuk: Android & iOS
Harga:
Gratis

Movie Maker tersedia di PlayStore dan Apps Store. Untuk di PlayStore aplikasi ini bernama Movie Maker, dan di Apps Store bernama ALIVE Movie Maker.

ALIVE Movie Maker termasuk aplikasi edit video gratis paling praktis dan sederhana dengan fitur cropping, cutting, menyusun ulang konten video, mengatur titik fokus, dan lainnya.

Aplikasi ini juga menawarkan berbagai macam efek video yang dapat pengguna atur sendiri efek/filternya.

Sejauh ini ALIVE Movie Maker tidak menawarkan pembelian dalam aplikasi, jadi ALIVE Movie Maker ini gratis kamu pakai sepuasnya, namun tentunya dengan gangguan iklan yang tayang dalam aplikasinya.

10. Quik

Aplikasi Quik Untuk GoPro
Quik | Photo: Google Play

Tersedia Untuk: Android & iOS
Harga:
Gratis

Quik termasuk salah satu aplikasi edit video terbaik yang dimaksimalkan untuk video yang diambil dengan GoPro. Untuk video yang diambil dari smartphone juga tentunya bisa menggunakan aplikasi ini (tak ada batasan).

Fitur menarik dari aplikasi ini yaitu menambahkan puluhan foto dan video klip ke dalam aplikasi, lalu aplikasi akan menganalisis dan mengeluarkan video pendek dari puluhan foto dan video klip tersebut.

Fitur lainnya adalah fitur-fitur sederhana, seperti menyesuaikan font, filter, atau efek untuk video, cropping, cutting, merotasi video dan lain-lainnya.

Aplikasi Quik gratis di instal dan tidak menawarkan pembelian dalam aplikasi. Jadi seluruh fitur bisa kamu gunakan sepuasnya.

11. iMovie

Aplikasi iMovie
iMovie | Photo: Apple Store

Tersedia Untuk: iOS
Harga:
Gratis

iMovie adalah aplikasi edit video khusus iOS yang memiliki segudang fitur mumpuni dan bisa kamu gunakan untuk memperindah videomu.

iMovie memiliki beragam fitur mulai dari fitur sederhana seperti cropping, cutting, hingga fitur menambahkan musik, efek, atau judul animasi bawaan.

Bahkan kamu bisa membuat efek layar terpisah, mengatur 10 filter berbeda, dan menggunakan efek greenscreen yang biasa digunakan untuk perfilman.

12. WeVideo

Aplikasi WeVideo di Google Play
WeVideo | Photo: Google Play

Tersedia Untuk: Android & iOS
Harga:
Gratis / Menawarkan Pembelian Dalam Aplikasi

WeVideo memberikanmu kendali penuh untuk mengutak-atik video dengan kreativitas, mulai dari menggunakan efek greenscreen, memberikan animasi, transisi, filter, dan fitur-fitur lainnya.

WeVideo bisa kamu gunakan secara gratis, namun untuk menggunakan atau mengakses library dari video klip, gambar, teks yang berlisensi maka kamu perlu membeli paket penawaran yang disediakan WeVideo.

Harga perpembelian dalam aplikasi WeVideo ini mulai dari Rp12.000 hingga Rp5.000.000. Tentu bukan harga yang main-main untuk membeli akses fitur dalam sebuah aplikasi.

13. Videoshop

Aplikasi Edit Video VideoShop
VideoShop | Photo: Google Play

Tersedia Untuk: Android & iOS
Harga:
Gratis / Menawarkan Pembelian Dalam Aplikasi

Videoshop pada versi gratisnya memiliki beragam fitur pengeditan sederhana mulai dari cropping, cutting, memberikan animasi teks, efek suara, dan lainnya.

Untuk fitur tingkat lanjutnya, Videoshop menyediakan fitur mempercepat atau memperlambat video, stopmotion, rewind, memberikan bingkai, menambahkan filter, dan lainnya.

Walau gratis, sayangnya untuk mengakses seluruh fitur kamu diharuskan melakukan pembelian dalam aplikasinya. Harga dimulai dari Rp14.000 hingga Rp565.000.

14. Magisto

Aplikasi Edit Video Magisto
Magisto | Photo: Google Play

Tersedia Untuk: Android & iOS
Harga:
Gratis / Menawarkan Pembelian Dalam Aplikasi

Magisto adalah aplikasi khusus pengeditan video yang ingin diupload ke sosial media.

Magisto memiliki fitur seperti stabilisasi, pengenalan wajah, menambahkan filter dan efek, cropping otomatis, dan fitur lainnya yang menarik.

Untuk versi premiumnya (berbayar), Magisto memiliki fitur menambahkan audio sendiri atau memilih audio dari library Magisto yang berisi audio-audio berlinsensi komersial.

Intinya jika kamu ingin membeli versi premiumnya itu, berarti uang yang dikeluarkan adalah untuk membayar linsensi yang akan digunakan kedalam videomu.

15. VideoShow

Aplikasi VideoShow
VideoShow | Photo: Google Play

Tersedia Untuk: Android & iOS
Harga:
Gratis / Menawarkan Pembelian Dalam Aplikasi

VideoShow memiliki beragam fitur mulai dari memberikan teks, efek visual, menciptakan GIF, stiker, musik multi track, filter, transisi, dan efek suara.

Untuk lebih menyempurnakan editing video kamu, VideoShow menyediakan lebih dari 50 tema video, 30 filter khusus, dan ratusan audio yang berlisensi gratis.

Tentu output video akan memiliki watermark dan bahkan masih ada iklan yang sering tayang saat kamu menggunakan aplikasi versi gratisnya.

Jika kamu tidak ingin ada watermark dan terbebas dari gangguan iklan dalam aplikasi, maka harus membeli paket premium dalam penawaran pembelian dalam aplikasinya.

Kesimpulan

Jadi itu tadi beberapa kumpulan aplikasi edit video terbaik untuk Android dan iOS di perangkat iPhone dan iPad.

Walau kemampuan aplikasi diatas tidak sebanding dengan aplikasi seperti Adobe Premier Pro dan Final Cut Pro, setidaknya masih bisa digunakan untuk pengeditan sederhana dan tingkat lanjut yang tidak terlalu rumit.

Jika ingin mengedit video dengan kerumitan yang tinggi, maka dibutuhkan aplikasi yang sebanding, mau tak mau harus menggunakan aplikasi pengeditan seperti Adobe Premier Pro atau Final Cut Pro.

Kalau hanya untuk pengeditan normal atau ingin cepat-cepat mengedit video setelah selesai merekam, maka semua aplikasi diatas bisa kamu maksimalkan penggunaannya.

Kamu bisa memaksimalkan kreativitasmu dengan beberapa aplikasi edit video diatas, menciptakan video super keren yang bisa tampil sempurna di sosial media!

35 Game Multiplayer Online Terbaik yang Bikin Kamu Ketagihan Main Lagi & Lagi!

65 Makanan Korea Selatan Paling Enak di Dunia yang Cocok Dengan Lidah Orang Indonesia!