TIPS

Wajib Baca! 8 Hal Penting yang Harus Dilakukan Saat Ingin Memilih Perguruan Tinggi

Riset informasi sebelum memilih perguruan tinggi yang ingin dimasuki itu penting lho!

Memilih jurusan kuliah dan memilih perguruan tinggi itu sama-sama bisa membuatmu bimbang, terlebih jika kamu punya banyak pilihan. Soal jurusan kuliah itu mungkin urusan belakangan, yang paling penting kamu perlu memutuskan terlebih dahulu perguruan tinggi mana yang ingin kamu masuki.

Memilih sebuah perguruan tinggi tidak boleh dilakukan secara cepat, perlu dilakukan proses cek dan ricek, riset kelebihan dan kekurangannya juga, sehingga kamu bisa menentukan mana perguruan tinggi yang terbaik untuk dirimu. Nah, agar kamu tidak salah pilih perguruan tinggi, berikut Wokeeh berikan beberapa hal yang harus kamu lakukan saat ingin memilih perguruan tinggi yang ingin kamu masuki.

1. Jangan terburu-buru memutuskan, masih banyak pilihan perguruan tinggi yang bisa jadi pilihan terbaikmu

Jangan Terburu-buru Saat Memutuskan - Memilih Perguruan Tinggi

Jangan terburu-buru memutuskan

Memang memilih perguruan tinggi yang bagus memerlukan banyak waktu dan tenaga saat mencari-cari informasinya. Tapi tidak ada salahnya juga untuk dilakukan, karena lebih baik susah-susah saat menggali informasinya daripada merasa menyesal nantinya ketika kamu tahu kalau perguruan tinggi pilihanmu itu tidak sebagus yang kamu kira.

Lagipula masih banyak juga perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang bisa jadi pembanding dengan pilihan utamamu. Dan bahkan mungkin saja pilihan yang bukan utama justru lebih bagus daripada pilihan utama. Yang kamu perlu lakukan cuma riset, untuk memvalidasi informasi-informasi tertait perguruan tinggi yang kamu dapatkan saat riset.

2. Jangan menjadi pengikut, masuklah ke perguruan tinggi bukan karena ada teman, atau pacar di dalamnya

Jangan Ikut-ikutan Orang - Memilih Perguruan Tinggi

Jangan menjadi pengikut

Hal seperti ini masih bisa kita temukan kok di beberapa tempat kuliah, padahal hal seperti ini sebenarnya perlu kita hindari, alasannya karena saat memilih perguruan tinggi, disana masa depanmu itu dipertaruhkan. Kalau kamu punya bakat seni tapi kamu mengikuti pacarmu yang kuliah di jurusan fisika, apa yakin kamu bisa mengimbangi ilmu-ilmu yang dipelajari disana? Kenapa tidak mengembangkan saja kemampuan yang sudah ada? Pasti akan lebih mudah dan cepat sukses dibandingkan mempelajari ilmu baru yang bahkan bukan minatmu.

Itulah kenapa saat memilih perguruan tinggi, jangan menjadi seorang pengikut. Kamu hanya perlu mengikuti isi hatimu, mengikuti apa yang kamu minati, bukan mengikuti seseorang yang kamu sukai atau cintai. Memilih perguruan tinggi itu tidak main-main, salah memilih bisa membuatmu tidak berkembang, dan bakat atau kemampuanmu menjadi terbuang dan sia-sia.

3. Kamu perlu menghormati pilihan orang tua, tapi tidak harus juga untuk mengikuti pilihannya

Hormati Pilihan Orang Tua - Memilih Perguruan Tinggi

Hormati pilihan orang tua

Orang tua pastinya ingin pilihan terbaik untuk anaknya, itu bagus. Tapi bukankah kita sudah besar dan bisa memilih mana yang terbaik dan mana yang buruk? Apapun pilihan orang tuamu, kamu perlu menghormatinya. Tapi tidak perlu juga untuk mengikuti pilihannya. Jika kamu memilih sebuah pilihan perguruan tinggi yang kamu inginkan karena kata hatimu, kamu cukup berikan orang tuamu sebuah alasan yang bisa membuat mereka menyetujuinya.

Katakan kepada mereka kalau pilihanmu itu lebih baik daripada pilihan mereka, berikan juga data-datanya yang bisa membuat alasanmu itu terdengar meyakinkan dan memiliki masa depan yang cerah. Orang tuamu pasti akan menyutujuinya, apalagi kalau mereka tahu pilihanmu itu memang bagus. Pasti akan disetujui, bukankah orang tua ingin yang terbaik untuk anaknya?

Baca Juga :  Memilih Jurusan Kuliah Itu Penting! Agar Tak Timbul Penyesalan, 4 Hal Ini Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Memilih Jurusan

4. Jangan memilih perguruan tinggi karena ada sesuatu disana, utamakan niat untuk belajar, bukan main-main

Niat Untuk Belajar, Bukan Main-main - Memilih Perguruan Tinggi

Niatkan untuk belajar, bukan main-main

Ketika memilih sebuah perguruan tinggi hanya karena ada sesuatu disana, seperti contoh mahasiswa/mahasiswinya enak dipandang, tempatnya kuliah artis, sering diiklankan di televisi, itu akan membuat tujuan kuliah menjadi melenceng dari sebelumnya. Yang tadinya niat untuk belajar dan mengembangkan kemampuan, menjadi niat senang-senang dan membuang banyak waktu dan kesempatan. Dan pada akhirnya setelah lulus baru sadar kalau bertahun-tahun kuliah tidak dapat ilmu apa-apa. Rugi bukan? Hal-hal seperti inilah yang harus dihindari.

5. Jangan pesimis saat memilih perguruan tinggi, optimis dan berpikir pasti kalau kamu akan diterima disana

Jangan Pesimis, Tetap Optimis - Memilih Perguruan Tinggi

Jangan pesimis, tetap optimis

Alasan beberapa orang tidak memilih tempat kuliah pilihan terbaiknya adalah merasa pesimis atau berasumsi kalau dirinya mungkin tidak akan diterima disana. Padahal tes uji coba atau daftar saja belum dilakukan, mana bisa kamu mengatakan tidak diterima disana? Kamu hanya perlu optimis kalau kamu bisa diterima di perguruan tinggi pilihanmu. Yang kamu perlu lakukan hanya tes dan lihat hasil akhirnya. Kalau kamu diterima ya bersyukur, kalau sebaliknya ya tinggal uji coba dengan pilihan-pilihan terbaik yang lain. Mudah bukan?

6. Jangan takut keluar dari lingkungan nyamanmu, perguruan tinggi yang berlokasi jauh dari tempat tinggal juga bagus untuk perkembanganmu

Keluar dari Zona Nyaman - Memilih Perguruan Tinggi

Keluarlah dari zona nyamanmu

Kalau kamu tinggal di tempat yang mungkin ada satu atau dua perguruan tinggi disana, tapi itu semua bukan pilihanmu, dan kamu ingin pergi ke perguruan tinggi yang memang pilihanmu tapi berlokasi jauh dari tempat tinggal, ya pilihannya cuma satu, yaitu merantau. Beranikan dirimu untuk merantau jauh dari tempat tinggal untuk bisa berkuliah di perguruan tinggi pilihan terbaikmu.

Terkadang ada beberapa orang merasa nyaman tinggal di satu tempat yang sama, sampai untuk kuliah pun di lokasi yang sama, padahal perguruan tinggi pilihannya berada jauh dari tempat tinggal. Bagaimana mau berkembang kalau begitu caranya? Ingatlah kalimat ini “ pelaut yang handal, tidak diciptakan dari lautan yang tenang “, kalau kamu ingin berkembang, kamu cuma perlu keluar dari zona nyaman.

Baca Juga :  Merantau Karena Urusan Kuliah? 10 Kota Dengan Biaya Hidup Termurah Berikut Ini Boleh Jadi Pilihanmu

7. Tidak mengunjungi lokasi perguruan tinggi yang ingin dipilih, bagus kalau lokasi/tempatnya mendukung, kalau tidak bagaimana?

Cek Lokasi dan Tempat - Memilih Perguruan Tinggi

Jangan lupa cek lokasi dan tempatnya

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa sebelum memilih sebuah perguruan tinggi, kamu perlu lakukan riset terlebih dahulu. Itu juga termasuk meriset lokasi atau tempatnya. Banyak iklan di televisi ataupun koran memperlihatkan perguruan tinggi terbaik, bahkan memperlihatkan program-program studinya. Tapi lokasi dan tempatnya mendukungmu untuk berkembang atau tidak?

Seperti contohnya, ketika kamu melihat iklan di televisi tentang perguruan tinggi yang fokus di bidang komputer, tapi ternyata di kampusnya tidak ada lab komputer, bagaimana? Rugi dan pastinya kamu akan menyesal bukan saat memilihnya?

8. Jangan pilih perguruan tinggi yang tidak memiliki koneksi dengan banyak perusahaan, karena itu akan memperlambatmu mendapat pekerjaan

Pastikan Ada Koneksi Perusahaan Besar - Memilih Perguruan Tinggi

Pastikan ada koneksi dengan perusahaan besar

Bagi sebagian lulusan baru, langsung mendapatkan pekerjaan setelah wisuda adalah hal yang membahagiakan. Tapi bagaimana ketika kamu sudah lulus, justru kamu kesulitan dalam mencari pekerjaan? Bahkan tidak ada bantuan dari tempatmu berkuliah. Beda ceritanya kalau kamu berkuliah di perguruan tinggi yang memiliki koneksi dengan banyak perusahaan-perusahaan besar. Itu akan membantumu cepat untuk mendapatkan pekerjaan, bahkan akan dibantu langsung oleh pihak-pihak ditempat kuliahmu.

Nah itu tadi beberapa hal yang harus kamu lakukan sebelum memutuskan untuk memilih satu perguruan tinggi terbaik yang ingin kamu masuki. Akan lebih baik sebelum memilih, kamu juga memiliki banyak pilihan untuk selanjutnya kamu saring lagi sampai mendapatkan pilihan-pilihan yang terbaik.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini