TIPS

Ingin Tetap Kuat dan Sehat Selama Berpuasa? Beberapa Tips Berikut Ini Wajib Kamu Coba

Ingin tetap kuat dan sehat selama berpuasa? Ikuti beberapa tips sederhana berikut ini!

Selama bulan Ramadhan, umat Islam tentunya diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Berpuasa tentunya menahan lapar dan haus hingga waktunya berbuka tiba. Bukan hanya itu saja, berpuasa juga melatih kita untuk bisa menahan hawa nafsu dan amarah.

Untukmu yang setiap harinya selalu sibuk dengan tugas-tugas kantor, kuliah atau rumah, menjaga kesehatan tubuh sangat perlu dilakukan selama bulan Ramadhan agar kesibukanmu tetap terjaga dan tidak berhenti hanya karena masalah badan merasa tidak sehat. Berikut Wokeeh akan berikan beberapa tips sederhana agar kamu bisa tetap kuat dan sehat selama berpuasa yang harus kamu coba.

1. Jangan makan terlalu banyak saat berbuka puasa, makan sewajarnya saja

Berbuka Sewajarnya Saja - Tips Sehat Berpuasa

Jangan telalu banyak makan saat berbuka

Kok tidak boleh makan banyak? Yup, makan banyak boleh tapi yang dimaksudkan disini adalah makan banyak tapi asal makan, tidak peduli makanan itu sehat atau tidak. Makan sedikit saat berbuka puasa juga bisa membuatmu kenyang kok, dengan mengkonsumsi salad atau sup misalnya, atau makan makanan yang mengandung protein, biji-bijian, dan sayuran.

Dan agar tetap sehat selama berpuasa, sebisa mungkin kamu hindari junk food, karena itu tidak membuat tubuhmu menjadi sehat. Akan lebih baik jika kamu banyak mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, dan pastikan setiap makanan yang kita makan baik itu saat sahur ataupun berbuka harus mengandung protein serta dilengkapi dengan susu yang sehat.

2. Hindari sinar matahari di siang hari yang terkadang bisa membuatmu dehidrasi

Hindari Sinar Matahari Siang Hari - Tips Kuat Berpuasa

Hindari sinar matahari di siang hari

Selain mengkonsumsi buah dan sayuran, kita juga perlu menjaga tubuh kita dari hal-hal di lingkungan luar yang bisa berdampak pada energi kita saat berpuasa, contohnya sinar matahari di siang hari yang terkadang bisa membuatmu dehidrasi.

Memang bagi sebagian orang memiliki kesibukan yang mengharuskan mereka berlama-lama di bawah sinar matahari, tapi hal itu bisa kok diakali dengan cara berteduh ditempat dingin atau tempat yang memiliki banyak pohon disekitarnya.

Dan ketika waktu berbuka tiba, jangan melampiaskan rasa hausmu ke minuman berkafein atau minuman berasa-rasa terlalu manis. Cobalah ganti dengan meminum jus buah atau smoothie, dengan kedua menu tersebut sudah bisa membantumu untuk mengembalikan energi serta menghilangkan rasa haus bandel yang kamu rasakan dari siang tadi.

3. Pastikan menu sahurmu mengandung protein dan serat yang tinggi

Konsumsi Protein dan Serat - Tips Sehat Berpuasa

Makan makanan yang mengandung protein dan serat tinggi

Energi selama berpuasa di dapat dari makanan yang dikonsumsi saat sahur, jadi pastikan menu sahurmu banyak mengandung protein dan serat yang tinggi. Kenapa? Karena kedua kandungan tersebut bisa menjaga rasa kenyang sampai seharian.

Makanan yang mengandung protein bisa kamu dapatkan di telur, keju, kacang-kacangan atau sejenisnya. Dan makanan serat bisa kamu dapatkan dari buah, ataupun sayur-sayuran. Pastikan saja menu sahurmu mengandung protein dan serat ya, agar energimu selama berpuasa selalu ada dan bertahan lama hingga waktunya berbuka tiba.

4. Agar tidak mudah terserang penyakit, sebaiknya jangan lupa minum vitamin selama berpuasa

Konsumsi Vitami - Tips Sehat Berpuasa

Konsumsi selalu vitamin

Selama berpuasa kondisi tubuh kita sangat rawan terserang penyakit dari lingkungan luar, akan lebih baik jika kamu selalu siaga dengan rajin meminum vitamin sebelum beraktivitas, tepatnya saat setelah sahur. Menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting apalagi saat berpuasa, agar produktivitasmu tetap terjaga dan semangat untuk bekerja tetap ada.

Bayangkan jika kamu terserang penyakit saat sedang berpuasa, otomatis kegiatan harianmu akan berantakan, semangat untuk mengerjakan sesuatu pun semakin padam, pikiran jadi sulit untuk mencari ide-ide baru, bahkan mungkin untuk gerak pun terasa sulit. Itulah kenapa sudah seharusnya selama berpuasa kamu harus sering konsumsi vitamin, agar kesehatan tubuh tetap terjaga sepenuhnya selama kamu berpuasa.

Yup, itu tadi beberapa tips sederhana yang mudah sekali untuk kamu lakukan sehingga selama berpuasa energi dan kesehatan tubuhmu tetap terjaga sepenuhnya. Puasa merasa lemas? Tidak lagi dengan beberapa tips yang sudah disebutkan diatas tadi. Selamat berpuasa bagi yang menjalankannya ya!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
error: Maaf, Dilarang Salin Konten Ini